in , ,

Candi Sewu, Kompleks Kuil Buddha Terbesar Kedua yang Terlupakan

Menjelajah Keindahan di Sudut Kompleks Candi Sewu

Candi Sewu Jogjakarta
Candi Sewu Jogjakarta (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Teman Traveler tentu sudah tak asing dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Borobudur di Kabupaten Magelang merupakan candi Budha, sedang Prambanan adalah bangunan Hindhu. Keduanya sama-sama berstatus terbesar di Indonesia. Ada lagi yang tak kalah menarik. Tak jauh dari Prambanan, terdapat Candi Sewu yang sering dilupakan.

Baca juga : Candi Kidal, Jejak Kerajaan Singasari di Malang

Candi Sewu, Kompleks Candi Buddha di Prambanan (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Sejarah dan Penamaan Candi Sewu

Salah satu candi utama (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Menurut perkiraan para ahli, Candi Sewu dibangun pada Abad ke-8 masehi. Jika umumnya candi diberi nama berdasarkan lokasi, lain halnya dengan Candi Sewu. Dalam bahasa Jawa, Sewu berarti seribu. Hal tersebut menggambarkan betapa banyaknya candi di tempat ini.

Meski demikian, nyatanya candi di kawasan ini tidak sampai berjumlah seribu. Total ada sekitar 249 candi, terdiri dari satu candi utama, delapan candi apit, dan dua ratus empat puluh candi perwara.

Candi yang Terlupakan

Candi yang sepi dan terlupakan (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Berada satu kompleks dengan Candi Prambanan, tak lantas membuat Sewu sama populernya dan ramai dikunjungi wisatawan. Suasana di sekitar sini justru terasa sangat sepi. Jika Teman Traveler berkunjung, mungkin hanya akan terlihat satu atau dua orang yang berkunjung. Itupun hampir bisa dipastikan bukan turis lokal.

Menuju Candi Sewu

Kompleks candi yang berdiri sejak Abad ke-8 masehi (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Usai puas berkeliling Prambanan, Teman Traveler tinggal berjalan kaki atau menyewa sepeda dan berkendara ke arah utara. Tinggal ikuti rambu petunjuk arah yang tersedia.

Perjalanan akan memakan waktu antara sepuluh hingga lima belas menit dengan berjalan kaki. Tenang saja, sepanjang jalan ada banyak pohon tinggi teduh. Terasa cukup rindang, tidak perlu takut kepanasan.

Kompleks percandian Sewu pasca gempa (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Kompleks ini memang masih sedikit berantakan akibat gempa bumi beberapa waktu silam. Namun pengelola sudah berusaha merapikan dan menata kembali sebagian besar candi di sini. Aman untuk
dikunjungi maupun berfoto-foto.

Area terbaik untuk berfoto adalah sisi timur candi, dengan dua
arca penjaga gagah. Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Jangan lupa sempatkan ke Candi Sewu jika sedang berkunjung ke Prambanan.
Next

ramadan

Having Fun at Trans Studio Bandung, the Biggest Indoor Theme Park in Indonesia

Bianglala Sky Dream Jadi yang Terbesar di Taiwan, Intip Fakta Seru Lainnya Yuk!