in , , ,

Singgah ke Candi Sojiwan, Persinggahan Adem di Klaten

Nikmati Alam nan Asri saat Minggu Pagi di Candi Sojiwon Klaten

Persebaran candi-candi di timur Yogyakarta hingga memasuki wilayah Klaten memang menjadi daya tarik tersendiri. Teman Traveler mungkin hanya mengenal Candi Prambanan. Namun, di sekitar Candi Prambanan berdiri beberapa candi, baik yang masih utuh maupun masih tahap rekontruksi.

Baca juga : Menginap di Sini Membuatmu Serasa Bangun Tidur di Paris

Selain menjadi daya tarik wisatawan, keberadaan candi menjadi pengingat bahwa di daerah tersebut pernah ada peradaban. Tugas kita tentu saja merawat dan melestarikan peninggalan tersebut. Salah satunya adalah Candi Sojiwan. Meski tak sepopuler Prambanan, Candi Sojiwan memiliki daya pikat tersendiri di hati wisatawan.

Ciri khas Candi

Candi Sojiwan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Sojiwan merupakan sebuah candi berlatar belakang Budha. Jika Teman Traveler perhatikan, candi ini masih tampak kokoh berdiri di Dukuh Kalongan Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer arah selatan Candi Prambanan.

Keberadaan 20 relief yang menjadi ciri khas candi menjadi daya tarik utamanya. Pada bagian puncak relief, digambarkan adegan kisah Pancatantra atau Jataka. Candi ini memiliki luas kompleks sekitar 8.140 meter persegi. Dengan luas bangunan candi 401,3 meter persegi serta memiliki ketinggian 27 meter.

Area Hijau

Area sekitar Candi Sojiwan yang tampak asri (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Kompleks Candi Sojiwan cukup luas lengkap dengan pagar besi yang mengelilinginya. Pada bagian timur, terhampar ladang warga sekitar. Sedangkan barat candi terdapat lapangan yang cukup luas. Bisa dibilang sekeliling candi ini masih asri. Sehingga, berkunjung ke sini terasa sangat nyaman dan betah berlama-lama.

Ramah Anak

Berbagai macam permainan anak yang berada di timur kompleks Candi Sojiwan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Selaian berada di area yang cukup asri, Candi Sojiwan juga menyediakan banyak permainan untuk anak-anak. Mulai dari papan seluncur, mangkok putar, ayunan hingga jungkat-jungkit. Terdapat pula gazebo yang teduh untuk disinggahi. Semua fasilitas tersebut berada di timur area candi.

Tempat Singgah yang Nyaman

Luas dan bersih (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkunjung ke sini saat Minggu pagi, suasana area candi nan asri bisa Teman Traveler gunakan untuk melepas penat sembari menghirup udara segar. Banyak aktivitas yang bisa Teman Traveler lakukan di sini termasuk salah satunya bersantai sembari menikmati pemandangan indah.

Tidak hanya wisatawan, candi ini juga banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Sekumpulan ibu-ibu yang sedang senam, anak-anak bermain, serta rombongan pesepeda yang sekadar beristirahat di sana menjadi pemandangan biasa yang akan Teman Traveler saksikan di wisata ini.

Jika teman Traveler berencana ke Klaten, tidak ada salahnya untuk mampir ke Candi Sojiwan. Cukup merogoh kocek Rp5.000, Teman Traveler sudah bisa memasuki kompleks Candi Sojiwan dan menikmati alam lengkap dengan udara segar. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung? Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Tarik Rem Darurat, Jakarta Kembali PSBB Total Mulai Senin

Toilet Transparan di Tokyo, Buat Masyarakatnya Jadi Makin Bahagia!