in , , ,

Toilet Transparan di Tokyo, Buat Masyarakatnya Jadi Makin Bahagia!

Inovasi Baru Toilet Umum dengan Dinding Transparan di Jepang, Banyak Fungsinya Buat Masyarakat Bahagia!

Mengusung konsep yang berbeda, toilet umum di Tokyo benar-benar mencuri perhatian banyak orang. Jauh dari kesan negatif, toilet ini hadir dengan dinding transparan. Lalu, apakah semua kegiatan Teman Traveler di dalam toilet dapat dilihat oleh semua orang yang lewat? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga : Siap Keluarkan Album Persona Tracklist, Kenali Member BTS yang Asyik Jadi Teman Liburanmu Yuk!

Lokasinya Toilet Transparan

Philip Fong/AFP, Carl Court via Getty Images

Proyek Toilet Transparan tersebut kini telah memasuki distrik Shibuya. Seperti judulnya, toilet berdinding transparan ini bisa Teman Traveler temukan di Tokyo. Tepatnya di Yoyogi Fukamachi Mini Park Tokyo. Keberadaan toilet ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Toilet umum identik dengan tempat yang kotor dan bau bukan? Namun toilet tranparan ini membantah hal tersebut. Bahkan Teman Traveler dapat meilihat langsung kebersihan toilet dari luar.

Daya Tarik

Philip Fong/AFP, Carl Court via Getty Images

Jika di Indonesia, toilet umum memiliki desain yang monoton, Jepang justru punya desain yang sangat menarik. Shigeru Ban selaku Arsitek Jepang ini membuat toilet umum menjadi tempat yang sangat menarik. Tidak hanya berfungsi sebagai mana mestinya, toilet umum ini juga memiliki fungsi lain yakni menerangi jalan setapak di taman pada malam hari dengan berbagai macam warna yang dimilikinya. Sehingga bukan lagi takut, datang ke taman saat malam justru menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Jauh dari Penyalahgunaan

Philip Fong/AFP, Carl Court via Getty Images

Walaupun transparan, jika Teman Traveler masuk ke dalam toilet dan mengunci pintu, maka pencahayaan pada dinding toilet akan buram sehingga tetap menjamin privasi untuk Teman Traveler yang akan menggunakan toilet tersebut. Selain itu, toilet ini jauh dari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Perlu digarisbawahi bahwa Jepang memiliki kasus penjambretan dengan modus pelaku bersembunyi di balik toilet umum.

Membuat Masyarakatnya Senang

Philip Fong/AFP, Carl Court via Getty Images

Mengurangi tingkat kriminalitas dengan memanfaatkan toilet umum berkurang tentu saja membuat masyarakat Jepang senang akan keberadaan toilet transparan ini. Hadirnya toilet transparan ini memecahkan dua masalah yakni pengguna dapat melihat kondisi kebersihan toilet sebelum masuk dan memeriksa langsung apakah toilet dalam keadaan penuh atau tidak.

Nah, itulah beberapa informasi terkait Toilet Transparan yang ada di Tokyo, Jepang. Inovasi ini tentu diterima dengan sangat baik oleh masyrakat terlebih dengan berbagai macam fungsi yang dimilikinya. Kira-kira, kalau Indonesia punya Toilet Transparan seperti ini lokasinya dimana dan berfungsi dengan baik nggak ya? Next

ramadan

Singgah ke Candi Sojiwan, Persinggahan Adem di Klaten

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung dengan Budget Minim