in , ,

Cara Cerdas Belanja Oleh-oleh, Simak Sebelum Menyesal

Deretan Tips Penting Saat Belanja Oleh-oleh di Tempat Wisata

Ilustrasi belanja oleh-oleh
Ilustrasi belanja oleh-oleh via Unsplash

Belanja buah tangan saat liburan biasanya jadi agenda wajib hampir semua wisatawan. Namun tak jarang aktivitas ini justru berujung pada penyesalan, entah karena belanjaan yang terlalu banyak atau hal lainnya. Nah, untuk menghindari hal semacam ini, yuk simak beberapa cara cerdas belanja oleh-oleh berikut ini.

Baca juga : Pulau Tomia Wakatobi, Surganya Pecinta Diving di Indonesia!

Tentukan Bujet

sharon_mccutcheon__8a5ej1_mmq_unsplash_mfF.jpg
Ilustrasi uang via Unsplash

Hal pertama yang harus Teman Traveler lakukan sebelum belanja adalah menentukan bujet. Tentukan berapa dana maksimal yang akan kalian habiskan di pusat oleh-oleh. Jangan sampai pos pengeluaran ini melebih kebutuhan utama saat liburan. Sesuaikan dengan jumlah orang yang hendak kalian bawakan buah tangan.

Berikutnya Teman Traveler bisa mencari informasi kisaran harga oleh-oleh melalui internet. Meski tidak selalu tepat, setidaknya sudah ada sedikit gambaran dalam menentukan bujet. Hal ini akan meminimalisir terjadinya pemborosan yang bisa berujung pada penyesalan.

Cari Referensi Pusat Oleh-oleh

markus_winkler_pxlikth8ffy_unsplash_8CN.jpg
Ilustrasi pusat oleh-oleh via Unsplash

Setelah menentukan bujet maksimal, Teman Traveler bisa mulai mencari referensi pusat oleh-oleh di Internet. Carilah informasi tentang sentra buah tangan murah di kawasan yang hendak dikunjungi. Jika perlu, tanyakan pada kawan atau kerabat yang pernah mampir ke sana.

List Barang

cathryn_lavery_fmd_cru6otk_unsplash_BdR.jpg
Ilustrasi list barang yang akan dibeli via Unsplash

Selanjutnya Teman Traveler wajib membuat daftar barang apa saja yang hendak dibeli. Sesuaikan dengan jumlah kerabat maupun sahabat di rumah. Hal ini penting untuk menjaga kalian agar tak kalap membeli barang terlalu banyak. Tentukan prioritas supaya tak bingung ketika menghadapi beberapa pilihan barang.

Membuat daftar belanjaan akan meminimalisir risiko lupa membelikan oleh-oleh untuk orang tertentu atau belanja berlebihan. Selain itu, hindari membeli barang yang mudah didapat di tempat asal Teman Traveler. Beberapa pilihan ‘aman’ yang bisa kalian coba antara lain makanan khas atau gantungan kunci.

Waktu Bisa Tentukan Harga

amanda_jones_cciiao__eow_unsplash_uWO.jpg
Ilustrasi waktu via Unsplash

Waktu juga bisa menentukan biaya belanja oleh-oleh lho. Jika Teman Traveler datang pagi saat toko baru dibuka, kalian bakal bisa belanja dengan nyaman dan efektif. Selain itu, pengelola toko biasanya juga akan memberikan harga murah pada pelanggan. Hal serupa juga terjadi saat toko hampir tutup. Bukan tak mungkin kalian bakal mendapat diskon khusus.

Jangan Asal Pilih

freestocks_org_vfrcrteqkl8_unsplash_P9Y.jpg
Ilustrasi belanja berlebihan via Unsplash

Hindari membeli oleh-oleh secara sembarangan, daripada barang yang Teman Traveler ambil malah tak berguna. Jangan salah lho, buah tangan berharga mahal tak selamanya bakal bikin keluarga atau teman senang. Belilah barang yang bermanfaat atau bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Itulah sekilas ulasan mengenai cara cerdas belanja oleh-oleh yang bisa Teman Traveler praktekkan saat menjelajah wisata Bali atau tempat lainnya. Tunggu apa lagi, segera wujudkan rencana jalan-jalan kalian dan jangan lupa bawakan buah tangan terbaik untuk sanak keluarga di rumah. Next

ramadan

Saingi Maldives, Ini Pesona Kepulauan Widi

Baratimur Coffee

Baratimur Coffee Malang, Kafe Rumah Kolonial Serba Kayu