in ,

Chai Masala, Tingkatkan Stamina dengan Minuman Rempah Khas India

Minuman Khas India Ini Bisa Teman Traveler Buat di Rumah, Penuh Khasiat dan Nikmat Disantap Terlebih saat Cuaca Dingin Seperti Sekarang Ini

Setiap negara pasti memiliki makanan hingga minuman dengan cita rasa khas sesuai dengan rempah yang dimiliki negara tersebut. Begitu pula dengan India, tidak hanya populer dengan film Bollywood nya namun juga berbagai kuliner khas yang kaya akan rempah. Kali ini, Travelelingyuk akan mengenalkan Teman Traveler kepada salah satu minuman khas India yang dipercaya dapat meningkatkan stamina terlebih saat-saat ini asupan makanan hingga minuman yang bermanfaat untuk tubuh sangat dibutuhkan. Simak ulasan berikut ini yuk!

Baca juga : Style Liburan Luna Maya Keliling Berbagai Negara, Si Cantik ‘Kembaran’ Suzanna

Mengenal Lebih Dekat

Teh dengan Campuran Rempah via Instagram @my_food_stori

Minuman yang diduga sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini biasanya digunakan oleh Kerajaan India Kuno untuk mengobati anggota kerajaan yang sakit ringan namun, pada masa itu, minuman ini bahkan tidak menggunakan teh dan bebas kafein. Masyarakat India mulai menambahkan teh ke dalam ramuan tersebut setelah Inggris mendirikan perkebunan teh di wilayah Assam, India pada tahun 1835.

Penyajian yang Khas

Penyajian yang Khas via Intagram @banarasichai

Chai Masala berasal dari Bahasa Hindi yang bermakna Teh Bumbu. Tingkat konsumsi teh yang tinggi di India yakni 837.000 ton per tahun membuat Chaiwala atau penjual yang menyajikan minuman khas ini hampir bisa ditemui pada seluruh plosok India. Penyajiannya sangat sederhana yakni dengan menggunakan gelas yang berbahan dasar tanah liat. Hingga kini, ada beberapa tempat yang masih menggunakan cara penyajian yang sama.

Bisa Buat di Rumah

Bubuk Chai Masala via Instagram @redcherrydelight9

Bahan membuat Chai Masala tidak hanya ada di India, tapi juga dapat Teman Traveler temukan di Tanah Air. Bahkan bahan yang dibutuhkan sangat familiar bagi Teman Traveler yang lahir dan hidup di Indonesia. Bahannya antara lain susu, lada hitam, kapulaga hijau, cengkeh, batang kayu manis, jahe, brown sugar dan teh celup. Sederhana bukan? Teh celup Indonesia dan India mungkin berbeda, namun tidak mengurangi khasiat dari Chai Masala bukan?

Manfaat Chai Masala

Warna Kecoklatan via Instagram @thechaistudio

Terlihat dari berbagai macam rempah yang digunakan, minuman khas India ini pasti sangat bermanfaat bagi tubuh. Iya benar! Terdapat berbagai macam manfaat dari Chai Masala, beberapa diantaranya ialah anti peradangan, meningkatkan imun tubuh, membantu melancarkan pencernaah, menstabilkan tekanan darah, anti radikal bebas, meringankan gejala menstruasi dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nah, itulah beberapa informasi menarik tentang Chai Masala, minuman khas Negara Anak Benua. Saat masa rentan terserang penyakit akibat virus corona maupun cuaca dingin yang tengah melanda, minuman ini bisa menjadi pilihan sempurna untuk meningkatkan stamina. Tidak lupa untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bernutrisi agar tubuh tidak mudah sakit. Stay Safe! Next

ramadan

Gado-gado Kuah Bakso, Kebayang Gak Rasanya?

Sunrise Hill Gedong Songo, Spot Instagenic Buat Kamu Sang Pemburu Foto