in ,

Coban Jidor, Keeksotisan Air Terjun Perawan di Ujung Timur Malang

Pesona yang Disuguhkan Coban Jidor di Malang

Via Instagram ranirano__

Kota Malang, Jawa Timur selalu berhasil menyihir para traveler yang berkunjung. Selain memiliki iklim dan suhu yang nyaman, Malang juga menawarkan beragam tempat wisata alam yang begitu istimewa. Terutama wisata alam seperti halnya air terjun, atau yang biasa dipanggil dengan coban. Ada air terjun baru di Malang yang memiliki panorama begitu eksotis yakni Coban Jidor. Bagaimana pesona Coban Jidor di Malang? Ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Baca juga : Taman Brantas, Tempat Sejuk di Tengah Teriknya Kota Kediri

Lokasi dan Akses Menuju ke Coban Jidor

Coban Jidor yang masih sangat alami, Via Instagram irv_dinata
Coban Jidor yang masih sangat alami, Via Instagram irv_dinata

Coban Jidor berada di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini bisa ditempuh sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Malang, jika melewati Jl Raya Benjor. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 48 menit, perkiraan waktu jika tidak ada kendala di jalan.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu perlu untuk berjalan kurang lebih 1 kilometer. Di sepanjang perjalanan ke lokasi, kamu akan meihat tebing dan juga aliran sungai. Tentu saja hal tersebut akan membuat pengalamanmu makin seru dan menantang.

Asal Usul Penamaan Coban Jidor

Keasrian Coban Jidor yang bikin jatuh hati, Via Instagram thiozard
Keasrian Coban Jidor yang bikin jatuh hati, Via Instagram thiozard

Nama tempat wisata satu ini terdengar cukup unik, Coban Jidor. Ternyata ada asal usul penamaan Coban Jidor ini. Dalam bahasa Jawa Timuran, Jidor adalah Bedug Masjid. Lantaran memiliki ketinggian 10 meter, aliran air terjun ini mengalir cukup deras. Suara aliran yang terdengar begitu keras dan jelas layaknya jidor yang sedang ditabuh. Nah, dari situlah muncul penamaan Coban Jidor ini.

Menyuguhkan Panorama Menawan

Coban Jidor yang istimewa, Via Instagram bahrul_clevo
Coban Jidor yang istimewa, Via Instagram bahrul_clevo

Coban Jidor memiliki panorama yang masih sangat asri. Perpaduan antara hijaunya pepohonan dan air terjun yang menawan. Riuhnya suara air terjun, suara-suara binatang di sekitar lokasi membuat kamu merasakan sensasi yang berbeda. Buat kamu yang suka tantangan dan juga alam, Coban Jidor ini cocok untuk dijelajahi.

Tips Traveling ke Coban Jidor

Keindahan yang sulit ditampik, Via Instagram amazingmalang
Keindahan yang sulit ditampik, Via Instagram amazingmalang

Supaya mempermudah perjalananmu ke Coban Jidor ada beberapa tips yang bisa untuk dilakukan. Apa saja? Mari kita simak seperti berikut ini.

  • Jika kamu adalah traveler dari luar Malang, ajaklah teman asli orang Malang supaya tidak tersesat nantinya.
  • Karena tidak ada petunjuk jalan ke lokasi, aktiflah bertanya ke warga setempat.
  • Gunakan alas kaki untuk kegiatan outdoor.
  • Persiapkan stamina supaya kuat untuk berjalan.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, mari kita jaga alam bersama.

Tambah satu lagi destinasi wisata Air Terjun di Malang yang memesona, bisa dijelajahi ya. Traveling memang sangat menyenangkan, tapi perlu untuk diingatkan berkali-kali, mari jadi traveler yang cerdas dengan tidak membuang sampah sembarangan. Next

ramadan
Via Instagram bakingfoodie

Kedai Bakso Agung Hercules, Mulai Bakso Sampai Perabotan Semuanya Serba Barbel

Keliling Brunei Dalam 2 Jam, Ini Spot Yang Bisa Dikunjungi