in , ,

Keliling Brunei Dalam 2 Jam, Ini Spot Yang Bisa Dikunjungi

Spot Brunei Yang Bisa Dikunjungi Dalam Waktu 2 Jam

Masjid Hassanal Bolkiah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk  

Brunei Darussalam salah satu negara kaya di Asia Tenggara yang dikenal kaya raya. Brunei juga salah satu negara di Asia Tenggara yang punya kualitas udara bagus dengan suasana yang bersih dan rapi. Ini juga yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Namun jika kamu cuma punya waktu transit yang sebentar di negeri kecil ini, jangan khawatir. Karena Taksi bandara banyak yang menawarkan jasa tur Brunei dua jam dengan tarif 70 dolar Brunei.

Baca juga : Mengunjungi Bukit Kuneer, Kagumi Indahnya Fajar di Malang

Apa saja yang bisa kamu kunjungi? Berikut pengalaman pribadi dari Prisca Lohuis:

1. Masjid Hassanal Bolkiah

Masjid Hasanil Bolkiah. koleksi pribadi
Masjid Hassanal Bolkiah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Letak masjid ini hanya sekitar 15 menit dari bandara. Masjid ini pun terbilang masjid termegah di Brunei karena memiliki lapisan emas di setiap kubahnya. Salah satu masjid nasional Brunei ini tentunya tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi, terlebih karena aksitekturnya juga menarik. Hal yang perlu diingat adalah kalian tidak bisa masuk masjid pada jam sholat kecuali jika kalian harus sholat.

Masjid Hasanil Bolkiah. koleksi pribadi
Masjid Hassanal Bolkiah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk  

2. Masjid Omar Ali Saifuddien

Masjid Omar Ali Saifuddin, koleksi pribadi
Masjid Omar Ali Saifuddin (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Masjid nasional berikutnya yang tak kalah megah adalah Masjid Omar Ali Saefuddien. Berbeda dengan masjid Hasanil Bolkiah yang cenderung berwana kuning dan emas, masjid ini lebih dominan putih dan dibangun di tepi sungai Brunei.

3. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman via instagram/saurieamp

Bangunan yang tak kalah penting berikutnya adalah Istana Brunei. Sayangnya dalam rangkaian tur, kamu tak bisa masuk ke istana. Karena istana yang menjadi tempat tinggal Sultan ini hanya dibuka sekali dalam satu tahun yaitu ketika Hari Raya Idul Fitri. Warga pun berkesempatan untuk bertemu dengan Sultan di hari tersebut.

4. Pasar Malam Gadong

Pasar Malam Gadong via Instagram/heikigram

Jika kamu ikut dalam tur di malam hari, akan kurang lengkap jika tidak mampir ke pasar malam yang ada di sana. Kuliner yang dijual secara keseluruhan rasanya mirip dengan kuliner tanah air. Kisaran harga makanan mulai 1 dolar hingga 20 dolar. Yang cukup mengejutkan, lagu dangdut populer dari Indonesia, Jaran Goyang juga diputar di pasar malam Brunei.

5. Pusat Kota Brunei

Pusat kota Brunei via bruneiborneo.com

Dalam tur amat disayangkan jika kamu tak melewati pusat kota Negara Brunei. Tetapi jangan bayangkan seberapa ramai dan besar pusat kota Brunei ini. Pusat kota ini Brunei sangat sepi dan kecil. Bahkan Jakarta tengah malam pun masih jauh lebih ramai daripada kota Brunei. Letak pusat kota ini tak jauh dari bandara. Karena memang pusat kotanya pun sangat kecil.

Meskipun Brunei bukan merupakan tujuan wisata favorit, namun Brunei tidak kalah menarik dengan negara-negara lainnya dan uniknya karena kecil, kamu tak perlu waktu lama buat ekplorasi negara kaya di Asia Tengara ini. Next

ramadan

Written by Prisca Lohuis

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Coban Jidor, Keeksotisan Air Terjun Perawan di Ujung Timur Malang

Via Instagram anakjajan

Oleh-oleh Khas Balikpapan, Berbagi Kebahagiaan Usai Liburan