in , ,

Coban Kethak, Tempat Wisata di Jalur Kediri – Malang

Coban Kethak
Coban Kethak

Siapa sangka kalau kita melakukan perjalanan antara Malang – Kediri akan menemukan sebuah destinasi wisata di tengah perjalanan. Tepatnya berada di Desa Pait, Kecamatan Kasembon – Kabupaten Malang, kita bisa menemukan Coban Kethak. Buat yang penasaran, tentu disarankan untuk mampir menikmati keindahan alamnya.

Baca juga : Tempat Makan Tteokbokki di Bandung Ini, Berasa Liburan di Korea

Masuk ke pintu gerbang wisata alam Coban Kethak, kita langsung alan disambut sebuah bangunan loket yang sangat unik. Untuk bisa menikmati keindahan alam Coban Kethak, kita cukup membayar 10 ribu rupiah per orang, sedangkan tarif parkir kendaraannya hanya 3 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Merupakan harga standar yang harus kita bayar untuk masuk ke sebuah destinasi wisata alam.

Coban Kethak (c) Welly/Travelingyuk

Dari loket pembayaran tiket selanjutnya kita meluncur menuju area parkir. Tanpa diduga ternyata area wisata yang terlihat kecil dari tepian jalan, ternyata mempunyai area parkir yang sagat luas untuk menampung puluhan motor dan juga mobil. Selain itu area parkirnya pun sudah tertata rapi dan juga bersih.

Baru saja memasuki area wisata Coban Kethak, tidak menunggu waktu lama cukup dengan berjalan menuruni anak tangga sebentar kita akan menemukan spot foto di tengah pepohonan yang sangat rindang. Spot foto ini berada di atas papan kayu dengan hiasan ornamen sayap kupu-kupu yang indah. Spot foto seperti ini memang menjadi hits di tempat wisata alam.

Coban Kethak (c) Welly/Travelingyuk

Berjalan semakin masuk mengarah ke lokasi air terjun yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari area parkir, kita juga akan langsung menemukan sebuah spot foto lagi. Spot foto ini berada di atas sisi kanan air terjun berupa jalan setapak yang dipaving dengan tanaman bunga di kanan-kirinya. Selain itu berfoto di sini semakin keren dan lucu dengan hiasan besi yang dibentuk menyerupai hati dengan tumbuhan hijau yang merambat di sekujur sisinya. Spot foto ini sangat menarik karena di belakangnya langsung berlatarkan air terjun Coban Kethak.

Masih kurang spot fotonya?, tenang karena di hadapan langsung air terjun Coban Kethak ada sebuah bangunan panggung yang luas dengan pagar kayu. Selain itu di atas panggung ini terdapat beberapa tempat duduk yang bisa kita gunakan untuk sekedar bersantai menikmati keindahan air terjun.

Tentu datang ke Coban Kethak ini spot utama untuk berfoto adalah air terjunnya sendiri, alami dan tidak dibuat-buat. Walaupun air terjunnya pendek, tapi aliran airnya lumayan deras yang membuat air terjun Coban Kethak ini cukup menarik untuk dinikmato keindahannya dari berbagai sisi. Salah satu sisi untuk menikmati pamandagan air terjun ini ada di sebelah samping kanan air terjun. Di area jalan setapak dengan pagar kayu ini kita bisa melihat lebih dekat ke arah air terjun.

Coban Kethak (c) Welly/Travelingyuk

Selain itu ada satu titik lagi untuk menikmati keondahan air terjun Coban Kethak. Kita cukup turun sedikit ke bebatuan di tengah aliran sungai, dan kita bisa memandang ke arah air terjun. Jika dilihat dari tempat ini air terjun lebih terlihat agak gagah dan tidak sekecil yang dibayangkan. Tentunya perpaduan bebatuan di sungai membuat suasananya semakin indah dan menarik.

Buat kita yang mampir ke destinasi wisata alam Coban Kethak bersama kekuarga dan anak-anak, tentu akan sangat tepat sekali. Karena di taman air terjun ini menyediakan sebuah play ground atau area bermain. Area bermain yang berada di bawah pepohonan rindang ini menyediakan segala jenis permainan anak, seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan beberapa permainan gym untuk berolahraga ringan.

Selain area permainan anak di taman, tepat setelah area parkir kendaraan kita akan menemukan sebuah bangunan panggung yang sangat megah. Panggung ini biasanya digunakan untuk pertunjukan musik atau kesenian lain saat akhir pekan atau musim liburan, karena di saat-saat itu pengunjung banyak berdatangan ke objek wisata Coban Kethak ini. Selain panggung, tepat berada di hadapannya juga tersedia tribun penonton yang sangat besar untuk pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukan di tempat ini.

Berada di jalur penghubung antara Malang dengan Kediri, selain cocok untuk menjadi tempat wisata alam Coban Kethak juga cocok untuk dijadikan rest area. Karena di dalam area wisata kita juga akan menemukan beberapa warung makan yang bisa kita kunjungi untuk beristirahat. Selain warung makan, beberapa gazebo di taman Coban Kethak juga bisa kita manfaatkan untuk beristirahat sambil membuka bekal makanan bersama keluarga.

Sebagai sebuah destinasi wisata alam air terjun, tentunya sebagai pengunjung kita tidak boleh sembarangan di area ini. Hal ini karena air terjun yang mengalir merupakan aliran air sungai yang lumayan deras dan sewaktu-waktu bisa membahayakan pengunjung. Untuk itu kita diharapkan untuk mematuhi larangan mandi di bawah air terjun, seperti yang sudah tertempel jelas di sebuah papan peringatan di tepi air terjun.

Baca Juga : Kasir Pintar – Catat Penjualan Bisnis Secara Lebih Mudah Next

ramadan
Taman Narmada

Taman Narmada, Replika Rinjani dan Danau Segara Anak di Lombok

fi inshokuiki resto

Inshokuiki Resto di Tawangmangu, Ada Spot Hits Balkon Kaca