in , ,

Taman Narmada, Replika Rinjani dan Danau Segara Anak di Lombok

Taman Narmada
Taman Narmada

Salah satu wisata di Lombok yang terkenal adalah Taman Narmada.  Ternyata, nama taman ini berasal dari salah satu sungai suci yang berada di India yaitu Sungai Narmanadi. Juga merupakan replika dari Gunung Rinjani dan Danau Segar Anak. Seperti namanya. Berlokasi di daerah Narmada, tepatnya di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Baca juga : The Magnificent Harau Valley, the Yosemite of Indonesia

Taman Narmada
Taman Narmada via Instagram @yung.tia

Kurang lebih 10 kilometer dari Kota Mataram jika di tempuh menggunakan sepeda motor. Secara umum tempat wisata Taman Narmada ini memiliki berbagai fasilitas yang terdiri dari kolam, taman, pura, dan beberapa mata air yang sudah terbukti asli berasal dari Gunung Rinjani. 

Di dalam taman bagian atas terdapat pura yang yang bernama Kalasa. Untuk mencapai pura tersebut para pengunjung harus melewati anak tangga yang lumayan banyak. Cukup melelahkan untuk sampai ke puncak atas Pura Kalasa. Namun rasa lelah tersebut akan terhapus dengan adanya suasana alam yang masih segar, pepohonan rindang dan kolam renang alami dengan air jernih. 

Pura Kalasa mengadakan acara pujawali setiap setahun sekali, yaitu upacara bagi umat Hindu sebagai persembahan hasil bumi wujud syukur kepada Tuhan. Di bawahnya terdapat tiga kolam, persis seperti yang ada di danau Segara Anak, mata air dari atas mengalirkan air hingga kolam yang paling akhir. Kolam ini di percaya bisa membuat seseorang menjadi awet muda. 

Bagi perempuan yang sedang datang bulan, dilarang memasuki kawasan mata air karena diyakini sebagai tempat yang suci. Selain mata airnya, keberadaan permainan flying fox di taman Narmada juga menarik perhatian. Kita akan melintasi air kolam taman narmada dan keseluruhan areal taman menjadi terlihat jelas dan indah. 

Di Taman Narmada juga terdapat tempat yang bernama Bale Agung yang berfungsi sebagai tempat Raja melakukan rapat atau bermusyawarah dengan para pimpinan kerajaan. Selain itu ada juga Bale Loji yaitu tempat untuk menyimpan segala perlengkapan persenjataan milik para prajurit kerajaan. 

Nah, selain itu para pengunjung juga dapat berbelanja oleh-oleh karena disana terdapat satu gerai atau toko suvenir khas pulau Lombok. Saat ini Taman Narmada terbuka untuk umum dan menjadi pusat rekreasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara dan selalu padat terutama pada akhir pekan. Dengan demikian, tempat rekreasi ini selain menyuguhkan keindahan taman dan kolamnya juga menyimpan banyak nilai sejarah. Next

ramadan
Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah, Wisata untuk Nikmati Kediri dari Ketinggian

Coban Kethak

Coban Kethak, Tempat Wisata di Jalur Kediri – Malang