in

Coban Pelangi, Air Terjun di Malang di Antara Pegunungan

Coban Pelangi
Coban Pelangi

Mengunjungi Kabupaten Malang tentu tidak lengkap rasanya kalau kita tidak berburu air terjun, karena Malang memang banyak dikenal memiliki air terjun yang sangat indah selain pantainya. Salah satu air terjun yang sudah dikelola dengan baik adalah Coban Pelangi, air terjun ini berada di Desa Gubuklakah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Berada di sebuah dataran tinggi lereng gunung Semeru membuat pemandangan di sekitar air terjun ini pun sangat indah.

Baca juga : Piknik Sambil Ngopi di Lava Bantal Jogja

1. Jalur Tracking yang Sejuk

Keindahan pemandangan yang ada di lokasi wisata ini pun sangat luar biasa. Begitu kita memasuki area wisata kita akan disambut jalanan yang memiliki peneduh ribuan pohon hutan yang sangat hijau. Di kanan-kiri jalan menuju air terjun ada tebing batu. Tempat wisata ini memang sudah terawat dengan baik, tapi pengelola tidak membuat sisi alaminya menjadi hilang, justru dimanfaatkan dengan baik untuk menambah keindahannya.

Rute menuju lokasi air terjun yang lumayan jauh di bawah jurang pasti akan membuat kita berpikir-pikir untuk menuruni air terjun ini. Tapi jangan kuatir, jalan setapak yang disediakan di tempat ini sudah sangat lebar dan padat, jadi kita aman dari terpeleset. Di kiri-kanan jalanan ini kita akan dipayungi banyak pepohonan tinggi layaknya sebuah hutan yang membuat panas matahari pun tidak bisa membuat kita semakin kelelahan.

Pepohonan besar dan rimbun akan selalu menghiasi perjalanan kita hingga sampai di lokasi utama air terjun, selain itu kita juga akan melihat beberapa bunga-bunga berwarna cerah ada di pinggir-pinggir jurang yang siap memanjakan mata kita.

3. Rute Aman Tanpa Tersesat

Lokasi wisata air terjun Coban Pelangi ini memang sangat luas. Kita diharusnya berjalan menyusuri jalan dan juga harus naik turun untuk mencapainya. Tapi tidak perlu kuatir tersesat, selain ada peta lokasi yang terpampang di dekat gerbang masuk area wisata, jalur menuju titik air terjun pun memang sudah dibuat semudah  mungkin untuk diakses segala usia.

4. Rainbow Hill Pusat Spot Foto

Tempat wisata Coban Pelangi ini tidak hanya memanjakan mata dan batin kita dengan air terjun saja, tapi berjalan lurus ke bawah setelah pintu masuk kita akan menemukan percabangan ke sebuah pot foto hits yang disediakan. Spot foto hits ini bernama Rainbow Hill. Bernama Rainbow Hill karena spot fotonya berupa lokasi di atas bukit dengan view air terjun Coban Pelangi di bawahnya. Area berfoto ini kesemuanya dicat berwarna-warni seperti pelangi yang membuat suasana semakin ceria. Untuk masuk ke area ini kita harus membayar lagi sebesar 10 ribu rupiah per orang.

5. Bunga Terompet Penghias Jalur Tracking

Teduhnya tempat wisata ini memang sangat juara, ditambah lagi sepanjang perjalanan menuju lokasi utama air terjun kita akan mendapati banyak sekali bunga-bunga terompet bergelantungan di atas. Tentu ini semakin membuat suasana menjadi indah selain rindangnya pepohonan yang memayungi kita dengan teduhnya. Tapi ingat ya jangan memetik bunga ini sembarangan kalau masih ingin suasananya tetap indah.

6. Paduan Aliran Deras Sungai Dengan Jembatan Kayu Hits

Siapa bilang perjalanan menuruni bukit ke arah air terjun akan membosankan?, di tengah perjalanan bahkan hampir sampai ke lokasi air terjun kita akan melewati sebuah jembatan bambu yang berada di atas derasnya aliran sungai. Sungai ini berasal dari jatuhnya air di air terjun, tidak heran kalau alirannya sangat deras dan juga jernih. Jembatan bambu ini tidak hanya bisa kita lewati, tapi tentu sangat cocok untuk kita jadikan tempat berfoto.

7. Air Terjun Tinggi Menjulang Menjadi Pemeran Utama

Jika kita telah berjalan lama dan melintasi jembatan bambu, itu tandanya perjalanan kita tidak jauh lagi. Cukup naik ke atas sedikit, dan dari kejauhan kita bisa melihat air terjun Coban Pelangi menyembuh indah di antara tanaman hijau yang indah. Saking tingginya dari kejauhan pun air terjun ini sudah terlihat jelas dan memercikkan air ke tubuh kita.

Air terjun Coban Pelangi yang mempunyai tinggi 110 meter ini sangat terlihat indah kalau kita nikmati dari posisi yang pas, tentunya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu mendekat. Karena semakin mendekat artinya kita merelakan badan kita basah kuyup dan juga tidak bisa mengambil foto dengan bagus. Di hadapan air terjun sudah disediakan sebuah spot foto dengan pembatas pagar bambu agar kita tidak terpeleset. Buat yang ingin main air, di area bawah air terjun juga sudah disediakan batas aman untuk kita mendekat ke air terjun ini, jadi diharapkan kita mematuhinya.

8. Tersedia Fasilitas Camping Dan Pendukung Lainnya

Selain hanya berfungsi sebagai area wisata saja, Coban Pelangi juga menyediakan area camping yang lumayan luas. Area camping ini berlokasi di bawah jurang, diantara banyaknya pepohonan yang rindang. Lokasinya pun tidak jauh dari lokasi utama air terjun, sehingga dari sini kita bisa mendengar derasnya air terjun yang berjatuhan.

Selain area camping, tentunya di perjalanan menuju air terjun kita juga disediakan beberapa fasilitas lain, diantaranya adalah toilet, mushalla, dan juga warung yang semuanya sudah diakomodir oleh pengelola. Oleh karena itu tidak heran kalau semuanya terlihat sangat rapi dan terawat.

Jika biasanya kantin atau warung di area wisata hanya buka saat pengunjung ramai atau akhir pekan saja, beberapa warung yang ada di dalam area wisata Coban Pelangi ini selalu buka setiap hari. Jadi kita tidak perlu khawatir kehausan dan juga kelaparan akibat capek selama perjalanan pergi dan pulang dari lokasi air terjun.

Nah buat kita yang melalui jalur Desa Gubuklakah tidak ada salahnya untuk mampir ke Coban Pelangi, dijamin tidak akan menyesal melihat keindahan air terjun yang sangat tinggi menjulang ini. Kalau kita beruntung kita akan melihat siluet pelangi karena pentulan sinar matahari di air terjun ini. Menarik kan?, ditambah karcis masuk yang terjangkau hanya 15 ribu rupiah saja per orang tentu akan membuat tempat wisata ini menjadi daftar wajib kunjungan wisata kita. Next

ramadan
Puncak Sosok Bantul

Puncak Sosok Bantul, Wisata Instragramable di Yogyakarta

Gerainger Norwegia

Fjord Cruise, Destinasi Wisata Terbaik di Scandinavia