in ,

7 Cokelat Asli Indonesia, Kenikmatannya Memang Pantas untuk Dicoba

Ragam Cokelat Asli Indonesia yang Bikin Bangga Nusantara

Via Instagram/pipiltincocoa
Via Instagram/pipiltincocoa

Pecinta cokelat, mana suaranya? Kakao, bahan dasar pembuatan cokelat ini memang bukan tumbuhan asli Indonesia. Namun banyak ditemui di Nusantara. Maka dari itulah, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk memproduksi cokelat yang berkualitas. Semakin ke sini, banyak cokelat buatan anak bangsa yang mulai digemari. Berikut ini ada setidaknya 7 cokelat asli Indonesia yang bisa dicoba. Apa saja, ya?

Baca juga : Resort dengan Kamar Mandi Terbuka di Lombok, Honeymoon jadi Semakin Hot

1. Chocodot – Garut

Produk Chocodot, Via Instagram/eatoutbdg
Produk Chocodot, Via Instagram/eatoutbdg

Chocodot merupakan cokelat yang dirintis di Garut dan kini sudah banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Di awal pembuatannya, Chocodot memiliki satu varian, yaitu rasa cokelat dodol. Namun sekarang ini sudah banyak varian rasa yang bisa untuk dijajal kenikmatannya. Mulai dari buah-buahan sampai dengan green tea, produk Chocodot ini begitu rekomended buat dicicipi. Tidak hanya rasanya yang unik, namun nama-namanya juga nyeleneh.

2. Pipiltin Cocoa – Bali

Pipiltin Cocoa, Via Instagram/trinytresnawulan
Pipiltin Cocoa, Via Instagram/trinytresnawulan

Selanjutnya ada Pipiltin Cocoa yang berasal dari Pulau Dewata. Cokelat ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk turis lokal ataupun mancanegara saat pulang dari Bali. Untuk pilihan cokelat yang ditawarkan, ada paraline dan chocolate bar. Rasanya beragam, ada cranberry almond, tiramisu, dan lain-lain. Selain rasanya yang beragam dan unik, Pipiltin Cocoa ini mempunyai kemasan yang sangat catchy.

3. GuSant – Blitar

GuSant, Via Instagram/za.keto.warrior
GuSant, Via Instagram/za.keto.warrior

Di Blitar ada Wisata Kampung Cokelat yang begitu populer. Tempat ini merupakan wisata edukasi tentang cokelat, dari deretan pohon kakao dan berbagai olahannya. Produk olahan cokelat dari Blitar ini adalah GuSant dengan beberapa pilihan rasa yang bisa diambil. Jangan lupa membeli cokelat asal Blitar ini jika jalan-jalan ke Kampung Cokelat, rasanya nikmat dan bikin ketagihan.

4. Pod Cokelat – Bali

Pod Cokelat, Via Instagram/metta.mirage
Pod Cokelat, Via Instagram/metta.mirage

Selain Piplitin Cocoa, Bali juga menawarkan jenis cokelat lain. Yakni Pod Cokelat yang memanfaatkan bunga lontar sebagai tambahan pemanisnya. Jadi, buat kamu yang sedang dalam program diet, Pod Cokelat bisa masuk ke dalam menu karena tidak mengandung gula. Selain bisa menikmati cokelat, kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya. Jangan lupa membeli cokelat asli Indonesia satu ini jika jalan-jalan ke Bali.

5. Soklate Jogja

Soklate Jogja, Via Instagram/soklatejogja
Soklate Jogja, Via Instagram/soklatejogja

Sesuai dengan namanya, olahan cokelat asli Indonesia ini berasal dari daerah Jogja. Soklate Jogja terkenal memiliki ragam rasa yang unik dan patut sekali untuk dicoba. Salah satu yang cukup nyeleneh adalah rasa kombinasi antara cokelat dan tempe. Selain itu, ada rasa buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan pisang. Bisa jadi salah satu oleh-oleh yang dibeli saat berada di Jogja.

6. Fondre – Jember

Fondre Cokelat, Via Instagram/fondre_cokelat
Fondre Cokelat, Via Instagram/fondre_cokelat

Dari Jember ada produk cokelat lokal yang bernama Fondre. Citarasa dari cokelat ini begitu unik dan tidak biasa, karena  ada perpaduan antara edamame dan cokelat. Buat Teman Traveler yang bosan dengan rasa cokelat yang biasa-biasa saja, brand Fronde ini bisa untuk dipilih.

7. Krakakoa – Lampung

Krakakoa, Via Instagram/krakakoa
Krakakoa, Via Instagram/krakakoa

Di Lampung ada pula brand bernama Krakakoa yang memanfaatkan biji cokelat dari petani setempat. Sepertinya memang cokelat dengan berbagai varian rasa begitu digemari. Tak salah Fondre ini juga datang dengan varian yang unik, ada rasa cabai, kayu manis, kopi dan lain sebagainya. Bisa masuk ke dalam oleh-oleh saat pulang dari Lampung.

Itulah ragam cokelat asli Indonesia yang seru untuk dijadikan oleh-oleh. Siapa bilang cokelat enak hanya dari luar negeri? Bagaimana, apakah ada salah satu dari variannya yang pernah kamu coba sebelumnya? Next

ramadan
Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho

Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho, Kopitiam Legendaris Jakarta yang Berusia 140 Tahun

Wisata Kekinian Bukit Gantole

Wisata Kekinian Bukit Gantole, Nikmati Panorama Wonogiri dari Balon Terbang