in , ,

Cuma Cumi Jogja, Pionir Nasi Goreng Cumi Hitam dengan Rasa Nendang

Manjakan Lidah dengan Balutan Rasa Unik Nasi Goreng Cuma Cumi

Nasi Goreng Cuma Cumi Jogja
Nasi Goreng Cuma Cumi Jogja (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Makanan terlezat di dunia yang satu ini sepertinya masih dan tetap akan menjadi kuliner favorit jutaan umat. Meski kini hadir dalam beragam varian, sajian satu ini mampu menggoyang lidah siapa pun yang menyantapnya. Mudah ditemukan di berbagai daerah, tak terkecuali Jogja. Namun nasi goreng ini hadir dengan khas warna hitamnya, sajian ala kedai Cuma Cumi Jogja dijamin bakal Teman Traveler ngiler. Seperti apa sih keunikannya?  

Baca juga : Hal-hal Unik Puthu Lanang, Kuliner Lawas yang Legendaris di Malang

Pelopor di Jogja

Cuma Cumi Cabang Seturan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sebagai pionir kedai Nasi Goreng Cumi Hitam di Jogja, Cuma Cumi bisa dibilang ahlinya mengkreasikan kreasi olahan cumi plus tinta hitam, dengan nasi putih.

Teman Traveler bisa menyambangi kedai mereka di Jalan Kaliurang Km 5, yang sekaligus merupakan cabang pertama. Lokasinya cukup mudah diingat karena berada tepat di seberang tempo Gelato. Kalian juga bisa mengunjungi cabang kedua di Jalan Seturan Raya, samping Hotel Dafam.

Kedai ini buka muali pukul 16.00 sampai persediaan bahannya habis. Nah, Teman Traveler jangan sampai datang terlalu malam jika tak ingin melewatkan lezatnya nasi goreng di sini.

Tinta Hitam Bikin Nendang

Warna hitam dari tinta cumi (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika nasi goreng umumnya berwarna cokelat karena tambahan kecap, varian di kedai justru berwarna hitam. Tidak tanggung-tanggung, warna hitamnya cukup pekat. Hal ini disebabkan tambahan tinta cumi, yang dimasak bersama bahan-bahan lainnya.

Alhasil, baik nasi maupun mie ala Cuma Cumi Jogja memiliki tampilan lebih menggoda. Rasanya pun dijamin lebih nendang. Apalagi tinta cumi dipercaya memiliki kandungan asam glutamat dan asam amino yang dapat memberikan rasa gurih dan agak asin seperti saus ikan.

Nasi Goreng Cumi Hitam Jadi Andalan

Nasi Goreng Cumi Hitam plus telur ceplok (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sejak awal berdiri, kedai ini hanya memiliki satu menu yakni Nasi Goreng Cumi Hitam. Hingga sekarang sajian tersebut masih jadi favorit para penggemarnya.

Seporsi nasi goreng cumi hitam hadir dengan nasi melimpah, berpadu dengan acar dan taburan bawang goreng. Penggemar seafood boleh berbahagia karena potongan cumi yang diberikan di sini cukup banyak, sama sekali tidak pelit.  

Cumi melimpah (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Cuminya gurih dengan tekstur kenyal. Sama sekali tidak terasa keras. Benar-benar mampu menggoyang lidah, apalagi dipadukan dengan nasi goreng yang terasa lezat bumbu yang begitu meresap.

Seporsi nasi goreng di Cuma Cumi Jogja ini dibanderol Rp16.000 saja lho. Bagi Teman Traveler yang ingin menikmati porsi jumbo, bisa menebus satu porsinya dengan bermodal Rp19.000. Kalian juga bisa meminta lauk pelengkap seperti telur dadar atau telur ceplok dengan Rp3.000 ekstra.     

Pedas Lebih Mantap

Hadir dalam berbagai level kepedasan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak afdol rasanya menyantap nasi goreng tanpa sensasi pedas. Dengan harga sama, Teman Traveler bisa request seberapa pedas nasi goreng yang diinginkan. Kalian bisa memilih sedikit pedas, sedang, atau pedas.

Jika mencari tantangan lebih, Teman Traveler bisa mencoba level pedas Jancok dengan tambahan harga Rp2.000. Dijamin keringat akan bercucuran karena pedasnya kebangetan. Meski demikian, banyak pelanggan yang tidak kapok mencoba berulang kali. Namun, bagi yang tidak suka pedas jangan sekali-kali coba ya.

Bagaimana dengan Teman Traveler, berani menjajal tantangan makan nasi goreng cumi ekstra pedas di sini?

Pendatang Baru Cuma Cumi

Menu baru Cuma Cumi (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Inovasi baru yang ditawarkan oleh Cuma Cumi adalah Mie Goreng Cumi Hitam. Menu ini baru dikenalkan pada pertengahan Maret lalu. Seperti halnya nasi goreng, tampilan sajian ini juga didominasi warna hitam yang menggoda. Disajikan dengan potongan cumi melimpah dan memanjakan lidah dengan rasa rempah yang khas.  

Mie goreng cumi hitam (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tambahan potongan sayur dan telur membuat mie goreng terasa kian nikmat. Paduan gurih dan asinnya sempurna. Bisa dipesan dengan sentuhan rasa pedas jika Teman Traveler menginginkan.

Menu satu ini wajib Teman Traveler coba karena cukup unik dan masih jarang ditemukan di Jogja. Apalagi harga yang ditawarkan sangat terjangkau, per porsinya hanya dibanderol Rp12.000 saja.

Wajib dicoba ketika di Jogja (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sudah kebayang kan bagaimana lezatnya racikan nasi goreng dan mie goreng ala Kedai Cuma Cumi? Teman Traveler wajib memasukkan tempat ini dalam list wisata kuliner kalian saat berada di Jogja. Jangan lupa ajak partner traveling-mu. Selamat mencicipi!   Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Ilustrasi Musik Ala MV Blackpink Kill This Love Buat Nyetir Malam

Rekomendasi Musik ala MV Blackpink Kill This Love, Cocok untuk Temani Nyetir Malam Saat Traveling

Memanfaatkan Pinggiran Sungai di Bantul, Setren Opak Jadi Kawasan Wisata Edukasi yang Mantap Betul