in ,

Memanfaatkan Pinggiran Sungai di Bantul, Setren Opak Jadi Kawasan Wisata Edukasi yang Mantap Betul

Setren Opak, Destiansi Wisata Edukasi di Bantul

Setren Opak jadi destinasi wisata baru di Bantul. Jarak Jogja ke Bantul yang hanya sekitar 24 menit, memudahkan Teman Traveler untuk mampir berkunjung ke beberapa destinasi wisata di sini saat berlibur ke Kota Gudeg.

Baca juga : Daftar Pesta Tahun Baru di Jogja dan Sekitar, Mulai dari Nge-camp Bareng sampai Pesta Kopi

Selain Puncak Becici dan Hutan Pinus Pengger, ada sebuah wisata edukasi di Jogja paling baru yang bisa juga dikunjungi. Ia adalah Setren Opak. Memanfaatkan pinggiran salah satu sungai di Bantul, liburan ke sini juga mantap betul. Nggak percaya? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Launching 16 Desember 2018

Dikelola oleh Warga Setempat via Instagram/ setren_opak

Wisata edukasi Setren Opak terhitung baru. Diresmikan pada 16 Desember 2018 lalu oleh Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, putri pertama Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Prosesi peresmian berlangsung di pinggiran Sungai Opak dengan memotong tumpeng nasi kuning sebagai simbolis.

2. Kawasan Wisata Edukasi

Wisata Edukasi di Bantul via Instagram/ setren_opak

Setren Opak merupakan destinasi wisata yang ada di Pinggiran Sungai Opak. Kawasan ini dioptimalkan langsung oleh warga setempat dan anak-anak muda. Dikonsep sebagai objek wisata edukasi, kawasan ini semula merupakan sanggar belajar anak-anak. Setiap minggu, di sini berlangsung berbagai les untuk anak-anak. Mulai dari les bahasa Inggris, tari, pantomim sampai melukis.

Menyediakan Spot Foto via Instagram/ astricans

Lahan seluas 1,3 hektar di Daerah Aliran Sungai ini, menjadi lebih cantik dan menarik dari sebelumnya. Beberapa spot foto instagenic juga disediakan. Upaya ini berhasil menjaring ratusan pengunjung dan bisa naik pada akhir minggu.

3. Tawarkan Fasilitas Susur Sungai

Tawarkan Fasilitas Susur Sungai via Instagram/ setren_opak

Keseruan lain yang ditawarkan wisata edukasi Setren Opak adalah susur sungai. Teman Traveler harus coba menyusuri rute sepanjang 700 meter secara bolak-balik. Sebuah kapal yang terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti bambu dan drum plastik dapat menampung kurang lebih 15 orang dewasa, siap membawa pengunjung berkeliling.

Dilengkapi Rompi Pelampung via Instagram/ tenry12

Meski sederhana, pembuatan kapal sudah diawasi oleh ahli. Selain itu, setiap penumpang kapal juga dilengkapi dengan rompi pelampung. Jadi, Teman Traveler nggak perlu khawatir soal keselamatannya ya.

Perahu Sederhana yang Digunakan untuk Susur Sungai di Setren Opak via Instagram/ setren_opak

Selain itu, untuk merasakan fasilitas ini, pengunjung tidak dikenakan tarif khusus. Tiket bersifat sukarela dengan memasukkan uang ke dalam kotak kayu yang sudah disediakan.

4. Lokasi dan Tiket Masuk

Ramai Dikunjungi via Instagram/ setren_opak

Lokasi Setren Opak berada di Dusun Karangploso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Berkunjung ke sini, Teman Traveler tidak dipungut biaya secara khusus. Sementara ini semua masih bersifat sukarela, termasuk biaya parkir. Tetapi ketentuan ini tentu bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu ya.

Wisata edukasi Setren Opak yang memanfaatkan Daerah Aliran Sungai di Bantul ini menyenangkan untuk liburan. Teman Traveler bisa datang bersama teman-teman dan mencoba susur sungai dengan tarif sukarela. Jadi kapan nih mencoba wisata baru ini? Next

ramadan
Nasi Goreng Cuma Cumi Jogja

Cuma Cumi Jogja, Pionir Nasi Goreng Cumi Hitam dengan Rasa Nendang

Serunya Berkebun di Urban Farming Center, Mini Eropa di Purwakarta yang Instagenic!