in , ,

Wisata Curug Barong, Yuk Ademin Pikiran di Bogor

Bertualang Demi Merasakan Segarnya Kolam Alami Curug Barong

View di sekitar Curug Barong
View di sekitar Curug Barong (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Hai Teman Traveler, kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman mengunjungi Curug Barong di Sentul, Bogor. Air terjun satu ini tengah hits di kalangan wisatawan. Airnya super jernih, cocok untuk jadi alternatif wisata sekaligus ngademin pikiran. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : 170 Penumpang Tewas, Fakta Kecelakaan Boeing 737-800 di Iran

Perjalanan Menuju Curug Barong 

screenshot_2019_08_05_09_39_17_790_com_Q9F.png
Pintu masuk tiket (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Perjalanan saya menuju Curug Barong dimulai pukul 07.00 dari Bogor. Bersama serombongan kawan, kami bermotor ria hingga akhirnya sampai di Sentul pukul 07.30. Kami sengaja berangkat pagi untuk menghindari kepadatan wisatawan di sekitar curug.

Dari Sentul, kendaraan kami arahkan ke Mall Belanova dan kemudian lurus hingga menuju gerbang The Jungleland. Berikutnya kalian bisa ambil jalur kanan menuju daerah Sukamakmur. Dari sini tinggal ikuti jalur setapak dan petunjuk arah menuju curug. 

img_20190805_093240_peW.jpg
Berfoto di jalan masuk curug (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Begitu sampai parkiran Teman Traveler harus bayar tiket masuk Rp10.000 per orang. Siapkan juga dana ekstra untuk parkir, Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Lanjut dengan Trekkking

img_20161204_175115_nhI.jpg
Perjalanan menuju Curug (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Namun demikian, perjalanan belum berakhir Teman Traveler. Sebelum benar-benar sampai di curug, kalian harus berjalan kaki kurang lebih 10-15 menit. Jalurnya lumayan curam dan terjal, jadi sebaiknya kalian kenakan alas kaki yang sesuai.

Sepanjang perjalanan kami disuguhkan view sangat indah. Ada deretan bukit hijau serta serta aliran air sungai yang tenang. Curug Barong sendiri berada di atas Curug Leuwi Hejo, jadi sebelum sampai tujuan Teman Traveler akan melewati satu air terjun dulu. 

Menikmati Kesegaran Air di Curug Barong

f6a338d0ded8602a75c2770b26014637_XFo.jpg
Berenang di kolam dekat air terjun (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Setelah kurang lebih seperempat jam berjalan kaki, kami akhirnya sampai di Curug Barong. Tanpa buang waktu, kami langsung menceburkan diri ke kolam, menikmati segarnya kolam mata air alami. Rasanya benar-benar luar bisa Teman Traveler. Semua lelah fisik dan penat pikiran seolah hilang seketika.

img_20161216_213205_cwb.jpg
Benar-benar menyegarkan (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang sedang menjelajah wisata Bogor, curug ini sangat recommended. Lingkungan sekitarnya begitu asri dan aliran airnya benar-benar jernih. Berenang di sini sensasinya bakal sangat berbeda dibanding dengan kolam renang di hotel atau pemandian buatan.

Tips Berkunjung

img_20170117_052103_144_8az.jpg
View di sekitaran curug (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Curug Barong juga cocok untuk daycation, alias liburan seharian penuh. Pas buat Teman Traveler yang tak punya waktu jalan-jalan terlalu banyak di akhir pekan. Keasrian alamnya dijamin bakal memanjakan mata dan pikiran kalian. 

Oh ya, jika ingin berkunjung ke sini Teman Traveler sebaiknya tidak mengajak bayi atau anak kecil ya. Jalan di sini masih sangat curam dan berbatu. Selain itu, sebaiknya kalian mengenakan alas kaki nyaman yang sesuai medan.

Jangan lupa membawa perbekalan makan dan minum dari rumah, karena di sekitar curug tidak ada banyak warung makanan. Selama perjalanan saya hanya menemukan satu warung sederhana yang tawarkan olahan mie instan, kopi, teh, dan masih banyak lagi. 

Hal lain yang tak kalah penting adalah membawa sampah kalian kembali. Ingatlah pentingnya menjaga kebersihan dan bersahabat dengan alam. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki dan kenangan.

Terakhir, jika ingin menikmati curug lebih leluasa, Teman Traveler sebaiknya datang saat weekday dan pagi hari. Memasuki akhir pekan, tempat ini bakal sangat ramai, apalagi menjelang siang.  

Bisa Kemah Juga Lho

Curug Barong buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, Teman Traveler bisa mendirikan tenda di sekitar air terjun. Namun untuk itu kalian harus memanfaatkan jasa agent travel. Mereka yang nanti akan menentukan kalian bisa mendirikan tenda di mana.

Berkemah di sekitar curug bakal jadi pengalaman seru untuk kalian. Begitu bangun di pagi hari, Teman Traveler bakal langsung disambut view perbukitan, gunung, gemuruh suara curug, dan merdunya kicauan burung.

Itulah sedikit ulasan mengenai indahnya Curug Barong. Buat Teman Traveler yang sedang berniat menjelajah wisata Bogor, jangan lupa luangkan waktu untuk mampir ke sini ya. Selamat berlibur! Next

ramadan
Salah satu pantai indah di Pulau Rote

Deretan Pantai Pulau Rote, Indahnya Tiada Tara!

Akomodasi Murah Indah

Akomodasi Mewah Tapi Murah, Staycation Terjangkau di Pantai Terindah