in , , ,

4 Curug Tersembunyi Ditengah Hutan Taman Nasional Gunung Salak Halimun

Medan yang Ditempuh Setara dengan Keindahan Curug yang Memesona!

Bagi Teman Traveler yang ingin menikmati weekend singkat dan hanya punya waktu sedikit, curug jadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman atau pasangan. Selain murah meriah, perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Curug atau yang bisa kita kenal dengan air terjun, banyak terdapat di daerah pegunungan. Bagi Teman Traveler yang berasal dari Jakarta, curug terdekat yang bisa dikunjungi adalah yang terletak di daerah Bogor. 

Baca juga : Serunya Kemenuh Butterfly Park, Wisata Edukasi Apik di Bali

Salah satu tempat yang banyak wisata curugnya adalah Taman Nasional Gunung Salak Halimun. Tidak hanya itu, lokasi antar curug juga berdekatan, sehingga Teman Traveler bisa mengunjungi 4 curug sekaligus dalam satu hari. Ada banyak tanah lapang yang sudah disediakan pengelola untuk membuka tenda sehingga Teman Traveler juga dapat camping di beberapa area di sini lengkap dengan fasilitas yang memadai seperti toilet dan tempat ibadah. 

1. Curug Ngumpet 2

whatsapp_image_2019_08_15_at_14_PNp.jpeg
Spanduk depan lokasi Curug Kondang / curug ngumpet 2 (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Perjalanan menuju curug sekitar 15 menit. Tidak jauh dari pintu masuk, Teman Traveler diminta membayar tiket sebesar Rp10.000 sebelum akhirnya dapat menikmati indahnya Curug Ngumpet. Jika ingin menikmati alam tanpa banyak pengunjung, berwisatalah saat pagi hari.

whatsapp_image_2019_08_15_at_16_k9b.jpeg
View Curug Kondang (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Wisata ini selalu dipelihara dengan baik oleh pengelola, seperti membersihkan sampah yang berserakan yang disebabkan oleh wisatawan yang tidak bertanggungjawab. Yuk bantu pengelola untuk membuang sampah pada tempat yang telah sediakan agar pengunjung atau wisatawan berikutnya dapat menikmati alam sama halnya dengan kita.

2. Curug Geblug   

whatsapp_image_2019_08_15_at_14_VMn.jpeg
Spanduk Lokasi Curug Geblug (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Pada saat musim kemarau, curug ini terbilang sangat sepi pengunjung. Namun, Teman Traveler tidak perlu ragu untuk masuk ke dalam curug. Keindahannya benar-benar sangat memanjakan!

whatsapp_image_2019_08_15_at_16_bD4.jpeg
View Curug Geblug (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Ikutilah rambu rambu arah jalan yang sudah ada untuk sampai di curug ini. Walaupun perjalanan yang akan ditempuh kurang lebih sekitar 1 jam, namun jalur yang akan Teman Traveler lalui terbilang cukup mudah dan landai. Ditemani dengan pohon pada kiri dan kanan jalan, perjalanan yang panjang benar-benar tidak terasa berat.

3. Curug Pangeran

whatsapp_image_2019_08_15_at_16_7zh.jpeg
View Curug Pangeran (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Curug Pangeran berada kurang lebih sekitar 2 km dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Salak Halimun. Harga masuk ke curug hanya dibanderol Rp10.000 dengan biaya parkir sebesar Rp5.000. Teman Traveler akan menempuh kurang lebih 500 m untuk sampai ke curug dengan kondisi jalan bebatuan. Jadi tetaplah berhati-hati ya.

whatsapp_image_2019_08_15_at_16_wyt.jpeg
Jernihnya Air di Curug Pangeran (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Curug ini dapat Teman Traveler gunakan untuk melompat karena memiliki ketinggian kurang lebih 6 m dan kedalaman mencapai 7 sampai 10 meter. Sehingga terbilang sangat aman jika ingin menuji adrenalin. Berani mencoba? 

4. Curug Seribu

whatsapp_image_2019_08_15_at_14_fmJ.jpeg
Pintu Masuk Curug Seribu (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Perjalanan ke curug berikutnya, Teman Traveler membutuhkan tenaga yang ekstra karena faktor jalan bebatuan dan medan yang curam. Harga tiket masuk ke Curug Seribu dibanderol Rp10.000 per orang. Perjalanan yang membuat Teman Traveler lelah, sebanding dengan keindahan alam yang tersaji.  

whatsapp_image_2019_08_15_at_17_uY3.jpeg
View Curug Seribu (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Tersedia tempat mengganti pakaian sederhana yang dibuat oleh penduduk sekitar. Teman Traveler disarankan untuk tidak mengajak orang yang sudah tua (sepuh) jika ingin berlibur ke air terjun ini karena memang medannya lumayan jauh dan akan terasa sangat berat.

Apabila Teman Traveelr berencana berlibur ke salah satu curug yang sudah disebutkan, ada beberapa tips untuk Teman Traveler agar liburan semakin maksimal. Berikut tipsnya:

  • Selalu persiapkan mental dan fisik
  • Patuhi peraturan yang ada
  • Pakailah sepatu atau sendal gunung yang aman. Agar tidak terjadi cedera karena kondisi jalan yang licin dan bebatuan. 
  • Bawalah baju ganti jika berencana untuk berenang
  • Selalu sediakan uang cash atau uang tambahan
  • Lebih baik membawa kendaraan sendiri karena lokasi curug biasanya jarang ada kendaraan umum.
  • Bawa perbekalan yang cukup, walaupun di lokasi curug biasanya sudah banyak yang berjualan.
  • Bawa kamera underwater dan pelindung waterproof untuk hasil foto yang keren di bawah air terjun
  • Jangan pulang terlalu sore

Selamat berpetualang Teman Traveler! Next

ramadan

Kampoeng Kopi Banaran, Surganya Pecinta Kopi Semarang!

Museum Negeri Banten, Teknologi Digitalnya Jadi Magnet Wisatawan