in , , , ,

Kampoeng Kopi Banaran, Surganya Pecinta Kopi Semarang!

Seruput Secangkir Kopi Sembari Jelajahi Kebun Kopinya Langsung di Kampoeng Banaran Semarang

20191006_172225_48v.jpg
Peta Kampoeng Kopi Banaran (c) EstiTraveler/Travelingyuk

Jalan-jalan ke Semarang jangan hanya mengunjungi wisata sejarahnya saja. Banyak tempat wisata lain yang bisa dijelajahi, salah satunya mampir ke Kampoeng Kopi Banaran. Buat Teman Traveler yang doyan banget ngopi, destinasi ini wajib untuk dikunjungi. Kampoeng Kopi Banaran menjadi salah satu tempat ngopi terkenal di Semarang karena memang bisa mencoba langsung kopi dari kebun.

Baca juga : Wisata ‘Indie’ di Jakarta Selatan, Panduan Jalan-Jalan Akhir Pekan ala Hipster Ibukota

Konsep tempatnya suasana alam, cocok banget yang pengen ngopi santai sembari menikmati suasana tenang di tengah kebun kopi. Lokasi ini Banaran berada di Jl. Raya Semarang-Solo KM 35 Bawen, Semarang. Wistaa ini juga dekat dengan Jalan Tol Solo-Semarang, Teman Traveler cukup keluar melalui pintu Tol Bawen dan berjalan sekitar 1 Km. Kampoeng Kopi Banaran ini mulai buka pukul 07:00 hingga 21:00 WIB.

Sejarah Kopi Banaran

20191006_172154_Hei.jpg
Kampoeng Kopi Banaran (c) EstiTraaveler/Travelingyuk

Salah satu tempat ngopi keluarga dengan suasana alam ini merupakan wahana wisata milik BUMN PT. Perkebunan Nusantara IX. Kebun ini dahulunya teletak di sebuah dusun bernama Banaran. Inilah asal mula nama Kopi Banaran tercetus. 

Kini, Kampoeng Kopi Banaran tidak hanya berupa kebun kopi tetapi telah dikembangkan menjadi agrowisata lengkap dengan berbagai fasilitas seperti restoran, kafe, ruang pertemuan, taman bermain dan fasilitas lain yang juga tidak kalah memanjakan.

Jelajah Kebun Kopi Banaran

20191006_171929_XHy.jpg
Kebun Kopi Banaran (c) EstiTraveler/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mengelilingi Kebun Kopi Banaran dengan menggunakan Kereta Wisata atau Golf Car. Rute yang dilalui yaitu kebun kopi, kebun karet, kebun kakao, kebun buah dan kebun pala. Biji-biji Kopi dari kebun ini dipilih berdasarkan kualitas lalu dibawa ke Pabrik Kopi Banaran yang berada di Desa Gemawang, Jambu, Kabupaten Semarang.

Pada Pabrik Kopi Banaran, biji kopi dari pekebunan diolah dan dikemas lalu diekspor ke mancanegara. Teman Traveler juga bisa membawa pulang biji atau bubuk kopi yang sudah diolah dengan harga mulai dari Rp25.000 per 100 gram. Jika beruntung, Teman Traveler bahkan bisa melihat aktivitas pengepul buah kopi yang nantinya buah tersebut akan dipilih kembali berdasarkan tingkat kematangan buah.

Meyeruput Kopi Khas Banaran

23132_wsata_kopi_di_banaran_UJ4.jpg
Kopi Khas Kampung Banaran (c) EstiTraveler/Travelingyuk

Selain ragam makanan khas, Semarang juga menghasilkan kopi bercita rasa unik yang terkenal dengan nama kopi Banaran. Kualitas dan kenikmatannya membuat kopi ini hampir semuanya diekspor ke Italia, Amerika Serikat, Jepang dan China. Aneka jenis kopi tersedia mulai dari Kopi Robusta, Kopi Arabika hingga Kopi Luwak. Selain kopi, di sini juga disediakan minuman coklat. Terdapat pula beragam menu makanan speerti Nasi Goreng, Tempe Mendoan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Griya Robusta

20191006_172942_2eH.jpg
Rumah Griya Robusta (c), EstiTraveler/Travelingyuk

Kopi Banaran merupakan kopi berjenis robusta yang dihasilkan dari perkebunan kopi yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero). Kopi Robusta Banaran ini terkenal karena rasa asam dan pahit yang khas beraroma moka sehingga tidak heran juka minuman ini mendapat julukan Java Mocha.                                 

Kegiatan Seru Di Kampoeng Kopi Banaran

20191006_172215_qiB.jpg
Taman Outbond Kampoeng Kopi Banaran (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Wisata ini tidak hanya sebagai tempat untuk mencicipi kopi saja, Teman Traveler bahkan dapat menaikin berbagai macam wahana permainan seru seperti flying fox, panjat pinang, mandi bola, menaiki ATV, hingga BMX Track. Ditambah lagi kegiatan lain yang tidak kalah asik seperti bermain tenis, berkuda, berenang, camping ground, outbond kids, panahan shooting target dan paint ball.

Itulah beberapa hal yang bisa Teman Traveler lakukan jika berkunjung ke Kopi Banaran surganya pecinta kopi di Semarang. Selain mencicipi kelezatan kopinya, Teman Traveler bahkan dapat mencoba banyak wahana yang tidak kalah seru terlebih jika berkunjung dengan keluarga.         Next

ramadan

Keindahan Candi Brahu Mojokerto, Surganya Pemburu Foto

4 Curug Tersembunyi Ditengah Hutan Taman Nasional Gunung Salak Halimun