in , ,

Curug Puncak Jeruk, Wisata Eksotis Sukabumi yang Mirip Bendungan

Kenalan dengan Curug Puncak Jeruk, Wisata Tersembunyi yang Jarang Dijamah

Curug Puncak Jeruk
Curug Puncak Jeruk

Berkunjung ke destinasi tersembunyi dan jarang dijamah manusia adalah pengalaman yang tidak biasa. Terlebih jika butuh perjuangan untuk bisa menemukannya. Lokasi yang sulit diakses dan berada di tengah hutan akan menjadi kisah perjalanan tak terlupakan. Termasuk berkunjung ke Curug Puncak Jeruk di Sukabumi. Penasaran apa istimewanya curug di Sukabumi yang mirip bendungan ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Baca juga : 5 Rumah Pohon Paling Spektakuler di Dunia

Tebing Curug yang Mirip Bendungan

Saat melihat fotonya, terlihat jika tempat wisata ini mirip dengan bendungan. Padahal, aliran air yang deras ini adalah Curug Puncak Jeruk. Tak hanya satu air terjun melainkan dua aliran air yang bertingkat dengan ketinggian 15 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter. Bentuknya yang unik dan menawan, banyak yang menyebutnya mirip Air Terjun Niagara mini. Sayangnya air terjun Puncak Jeruk belum dikelola maksimal karena tidak banyak fasilitas yang tersedia.

Happy Weekeend (IG)@arieramdanii
Happy Weekeend (IG)@arieramdanii

Jatuhan air yang mengalir bukanlah satu-satunya daya tarik curug di Sukabumi ini. Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan pepohonan hijau di sekitarnya. Selain itu, di area pinggiran air terjun ini juga terdapat tempat yang biasa dijadikan area mendirikan tenda. Teman Traveler hendak kamping? Air terjun ini bisa jadi rekomendasinya.

Medan Menantang Favorit Pecinta Off-road

Teman Traveler, khususnya pencinta off-road pasti suka dengan medan menuju curug ini. Aksesnya berat berupa jalan berbatu dan menanjak. Tak direkomendasikan membawa kendaraan biasa. Diperlukan kendaraan jenis 4×4 atau kendaraan roda dua yang sudah dimodifikasi untuk jalan berbatu. Sebelum sampai di curug, Teman Traveler akan memasuki hutan atau perkebunan milik perhutani yang di kelilingi hutan pinus dan cengkeh.

Se Cerah Apa Hari Ini Ya !!! (IG)@shaziranahdaufariah
Se Cerah Apa Hari Ini Ya !!! (IG)@shaziranahdaufariah

Medan berat, minimnya fasilitas, dan lokasinya berada di tengah-tengah hutan membuat Curug Puncak Jeruk layak disebut sebagai surga tersembunyi di Sukabumi. Wisata ini masih perawan dan jarang dijamah oleh manusia. Nah, lokasinya sendiri berada di Desa Mekar Mukti, Kecamatan Waluran, Sukabumi Selatan.

Akses Menuju Curug 

Dari arah Jakarta bisa menggunakan jalur Bogor – Cibadak – Cikembang – Warungkiara – Bagbagan Jembatan Kuning Pelabuhan Ratu – Simpenan – Cigaru – Kiara Dua – Pertigaan Waluran – Cimulk. Dilanjutkan menuju Desa Mekar Mukti hingga masuk kawasan hutan dan perkebunan milik perhutani. Begitulah jalan menuju curug tersembunyi di Sukabumi ini.

Curug Puncak Jeruk Saat Musim Kemarau (Dokumen : Pribadi)
Curug Puncak Jeruk Saat Musim Kemarau (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Dari arah Bandung bisa menggunakan jalur kota Sukabumi – Pangleseran – Yonif 310 – Cibatu – Jampang Tengah – Lengkong – Kiara Dua – Pertigaan Waluran – Cimulk. Dilanjutkan menuju Desa Mekar Mukti hingga masuk kawasan hutan.  Bisa juga dari arah Geopark Ciletuh lebih tepatnya Puncak Dharma, dilanjutkan menuju arah Ciemas hingga sampai di Desa Mekar Mukti. Namun jalur tersebut tidak di rekomendasikan untuk kendaraan roda 4 karena sedang dalam proses tahap perbaikan.

Nah, musim terbaik untuk berkunjung ke Curug Puncak Jeruk adalah saat musim penghujan tiba. Pasalnya, saat musim kemarau debit air yang mengalir di sini berkurang drastis. Sebelum berkunjung ke sini, utamakan keselamatan dan kendaraan dalam keadaan prima. Karena medan yang dilalui cukup berat dan menantang. Jadi bagaimana? penasaran dengan indahnya air terjun ini kan? Next

ramadan

Written by Mohammad Guruh

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Wisata Kawah Kamojang Garut, Sauna Alami dari Swiss van Java yang Wajib Dicoba!

Wisata air Kabupaten Asahan

Yuk Basah-basahan di Wisata Air Kabupaten Asahan, Sumatera Utara! Takjub dan Bikin Segar Jadi Jaminan!