in , , , , ,

Curug Sawer Sukabumi, Kesegaran Air Terjun Penghilang Penat

Kota Sukabumi, memang terkenal dengan pesona alam pegunungan yang indah. Bahkan tidak luput dari Wisata Situ Gunung nya yang terkenal hingga mancanegara. Tak jauh dari situ, tepatnya sebelum jembatan sepanjang 240 meter itu naik daun, ada destinasi lain bernuansa alam yang sudah lebih dulu eksis di kawasan sekitar. Destinasi yang dimaksud adalah Curug Sawer.

Baca juga : Bakso Mumet Sidoarjo, Cara Baru Makan Bakso Dalam Wajan

Curug Sawer Sukabumi yang eksotis. Foto via kwikku.com

Air terjun ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kerap dianggap sebagai tempat eksotis, Curug Sawer menyuguhkan gemericik air yang bikin tenang dan damai. Cocok untuk kamu yang sudah jenuh dengan hiruk piruk perkotaan.

Ada dua pilihan jalan menuju lokasi curug Sawer. Keberadaan Situ Gunung Suspension Bridge membuat Curug Sawer semakin mudah dijangkau. Begitu keluar dari ujung jembatan di sisi timur, Teman Traveler cukup berjalan kaki selama 10-15 menit untuk tiba di lokasi wisata.

Namun bagi teman Traveler ingin mencoba rute yang lebih menantang bisa melalui jalur lama. Kalian akan membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga dua jam perjalanan. Menyusuri jalur dari gerbang masuk kawasan wisata Situ Gunung, dengan trek sepanjang 1,7 kilometer. Meski lebih jauh, sensasi yang kamu dapatkan sungguh tak terlupakan. Teman Traveler akan melewati berbagai tanjakan, turunan, dan pastinya melewati hutan basah yang sangat lebat. Jika beruntung, kalian bisa berjumpa beberapa penghuni hutan seperti burung dan monyet. Jalur lama ini cocok untuk pemanasan sebelum mendaki gunung.

Curug Sawer Sukabumi tepat disebelah jembatan gantung situ Gunung. Foto via instagram @
andrearrasuli

Begitu sampai dilokasi, pengunjung bakal disambut dengan aliran deras air dari ketinggian 35 meter. Di sekitarnya terdapat sebuah jembatan yang belum lama dibangun. Bisa kalian naiki untuk berswafoto maupun mengagumi keindahan air terjun dari dekat. Namun cukup berhati hati saat melangkahkan kaki dijembatan. Cipratan air terjun yang membasahi jembatan membuat permukaannya licin dan rentan membuat kalian terpeleset.

Aliran air terjun Sawer dengan bebatuan menghiasi aliran air sungai. Foto via instagram @didikasim

Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp15.000 untuk tiket masuk saat weekday dan Rp18.500 saat weekend serta Hari Libur Nasional. Jangan khawatir akan harga tiket yang terkesan mahal. Tiket yang sudah terbayar sudah termasuk akses ke seluruh kawasan. Artinya, selain Curug Sawer, kalian juga bebas menjelajah hingga ke Danau Situ Gunung dan sekitarnya. Namun perlu kalian ingat, bahwa tarif tersebut belum termasuk akses menuju Suspension Bridge Situ Gunung.

Next

ramadan

Lereng Asri Cafe, Pilihan Tempat Makan di Trawas Dengan Pemandangan Lereng Gunung

Lembah Harau, Surganya Pulau Sumatera Bak Lukisan Alam Yang Sempurna