in , , , , , ,

Lembah Harau, Surganya Pulau Sumatera Bak Lukisan Alam Yang Sempurna

Lembah Harau, Salah satu lembah terindah di Pulau Sumatera. Foto via instagram @andrearrasuli

Sumatera Barat memang terkenal akan kekayaan kuliner yang memiliki cita rasa sangat lezat. Namun jangan salah sangka, daerah ini menyuguhkan keindahan alam yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain. tepatnya di Lembah Harau. Rancak Bana. Tepat berada di Kota Payakumbuh, sekitar 12 kilo meter dari Kota Padang. Sesampai disana Teman Traveler akan disambut dengan berbagai tempat wisata indah yang akan memanjakan mata. Melupakan penat sejenak dengan mengunjungi tempat-tempat rekreasi terkenal di tempat ini bisa menjadi satu pilihan yang tidak boleh kalian lewatkan.

Baca juga : Tak Perlu Pergi Jauh, Ini Aktivitas Seru Liburan di Garut Bersama Keluarga

Lembah ini memang digadang gadang menjadi lembah terindah di pulau Sumatera. Menjadi salah satu tempat yang banyak diperhitungkan, Lembah ini menyajikan pesona alam bebas. Selain itu, di sini pula terdapat berbagai gardu pandang yang mempesona. Bahkan pesona ya tidak hanya terkenal di dalam negeri namun juga luar negeri. Bagaimana tidak, panorama alam yang disuguhkan sungguh akan memikat pandangan para traveler.

Sekilas air terjun yang jatuh menuruni dinding lembah Harau yang indah. Foto via instagram @padangdestination

Lembah Hara, salah satu pesona terbaik dan terkenal hingga mancanegara. Tidak asing mendengarnya? Memang, lembah ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke Mancanegara. Tak jarang dijadikan tempat syuting video klip artis lokal, bahkan pernah menjadi tempat syuting sebuah FTV di salah satu stasiun TV cukup terkenal. Konon menurut legenda di lembah ini dulu ada sebuah kerajaan, dan lembah ini dulunya adalah lautan.Suatu ketika sang putri raja melompat ke laut karena tidak diizinkan menikah.

Spot terbaik menikmati lebah harau sumbar. Foto via instagram @kiddrock85

Disekitar lembah juga terdapat sebuah air terjun yang mengalir sepanjang tebing curam nan indah. Tidak hanya itu, hamparan sawah yang menghijau ditambah dengan tebing tinggi yang dipenuhi tumbuhan paku membuat suasana tampak begitu alami. Menjadi lokasi yang diperhitungkan oleh para backpacker, lembah ini memiliki udara yang begitu sejuk.

Hijaunya hamparan sawah diantara lembah aharu. Foto via instagram @ghaardi

Kesejukan itulah yang akan membawa pergi segala lelah dan segala bentuk beban pikiran yang ada. Keindahan dari lembah ini juga membuatnya ditetapkan sebagai cagar alam di tahun 1993. Hal ini dikarenakan lembah ini tidak hanya indah dengan kenampakan alamnya saja. Tapi juga karena berbagai hewan yang ikut menjadi penghuni lembah. Hewan-hewan seperti simpai, siamang, juga monyet ekor panjang seringkali terlihat berkeliaran di kawasan lembah. Bahkan terdapat pula berbagai tanaman tropis yang ikut menjadi bagian dari keindahan Lembah Harau Next

ramadan

Curug Sawer Sukabumi, Kesegaran Air Terjun Penghilang Penat

Batu Pandang Ratapan Angin, Spot Melihat Telaga Warna Dieng Terbaik