in ,

4 Daerah untuk Detox dari Polusi Jakarta, Ingin Berkunjung ke Mana?

Ingin hirup udara segar? Bisa singgah ke kota-kota ini

daerah detox polusi jakarta

Akhir-akhir ini, kondisi udara di Jakarta sedang tidak sehat. Polusi udara kian meningkat, sehingga warga Jakarta disarankan untuk pakai masker ketika bepergian. Oleh karenanya, TravelingYuk akan memberikan rekomendasi daerah yang bisa digunakan untuk detox dari Polusi Jakarta. Mana saja ya kira-kira? Simak ulasan berikut ini. 

Baca juga : Eksplorasi Destinasi Wisata di NTT Pilihan Chicco Jeriko, Mulai dari Air Terjun sampai Desa Adat

Gili Iyang, Madura 

daerah detox polusi jakarta
Gili Iyang via instagram/gigih1986

Daerah pertama yang paling bisa disinggahi adalah Gili Iyang di Sumenep, Madura. Pulau satu ini menjadi rekomendasi lantaran disebut-sebut sebagai destinasi dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia. Destinasi berjuluk Pulau Oksigen ini tercatat memiliki kandungan oksigen cukup tinggi yakni 21,5 persen, membuntuti Jordan yang berada di urutan teratas daerah dengan kandungan oksigen terbaik di muka bumi.

Tingginya kandungan oksigen di wisata Madura ini disebabkan kondisi alamnya yang masih perawan, berselimutkan aneka pohon subur nan rindang. Kemudian minimnya jumlah kendaraan juga menjadikan destinasi cantik ini jauh dari polusi nan mencekik.

Bogor, Jawa Barat 

daerah detox polusi jakarta
Bogor via instagram/anggipandanwangi

Siapa sangka, Bogor ternyata juga memiliki udara sangat bersih dibandingkan kota lainnya. Ini dibuktikan dengan kualitas udara di Bogor menunjukan angka 85,3 ketika diukur menggunakan Air Quality Index (AQI). Hal ini menjadikan Bogor berada di peringkat 6 sebagai kota dengan udara bersih di dunia. 

Meski kondisi udara Kota Bogor saat ini masih bersih, upaya untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan kualitas udara bersih Kota Bogor di masa depan masih harus dilakukan. Mengingat, Kota Bogor merupakan kota penyangga ibukota yang jumlah pendatang atau wisatawan cukup banyak.

Banyuwangi, Jawa Timur 

Banyuwangi via instagram/semi.nomaden

Daerah di Jawa Timur yang bisa dijadikan pelarian adalah Banyuwangi. Ya, kawasan satu ini memiliki kualitas udara yang baik yaitu 46 menurut Air Quality Index. Ini dikarenakan Banyuwangi memiliki beberapa wisata alam yang dapat memberikan udara dengan kualitas baik kepada penghuninya. Contohnya Taman Nasional Baluran, Gunung Ijen dan juga Pantai Green Bay. Karenanya, kini Banyuwangi resmi menjadi kawasan geopark nasional. 

Malang, Jawa Timur 

Malang via instagram/malangchannel

Terakhir, Malang juga bisa menjadi tujuan untuk bepergian sementara dari Jakarta. Ini dibuktikan dengan Malang yang telah menyabet penghargaan udara bersih (clear air Asia) tingkat Asia dari lembaga luar negeri bernama i Clear Air Asia di Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.

Ketika pihak lembaga disinggung bagaimana tingkat polusi di Malang, ternyata masih di ambang aman dan tidak membahayakan. Nah, dari situ juga Kota Malang ditunjuk menjadi area pilot (the pilot areas) sekaligus mendapatkan sertifikasi udara bersih. Bisa ngadem sambil keliling wisata Malang, nih.

Itulah deretan daerah yang bisa digunakan untuk detox dari polusi Jakarta. Dijamin, ketika Teman Traveler berkunjung ke kota-kota di atas, kalian akan lebih banyak menghirup udara segar, sehingga menyehatkan pernafasan. Jadi, kalian ingin berkunjung ke daerah yang mana?  Next

ramadan
Suasana di Arthur Coffee

Arthur Coffee, Nongkrong Nyaman nan Murah di Makassar

Mitos Tentang Hantu Kuyang, ada Penangkalnya Lho