in , , ,

Daerah yang Membuka Wisata di Jawa dan Bali, Saat Libur Lebaran 2021

Objek wisata yang bisa dikunjungi saat libur lebaran

fi daerah yang membuka objek wisata

Secara resmi larangan mudik lebaran 2021 telah diberlakukan, sebagai gantinya masyarakat Indonesia bisa mengunjungi objek wisata pada domisili masing-masing. Berikut daftar daerah yang membuka wisata saat libur lebaran 2021 di Jawa dan Bali. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga : Kisah Pelukis Tusuk Gigi dari Trenggalek yang Mendunia

1. DKI Jakarta

ancol jakarta
Ilustrasi via instagram ancoltamanimpian

Pertama ada Pemprov DKI Jakarta yang memutuskan akan tetap membuka tempat wisata di masa libur Hari Raya Idul Fitri 2021 mendatang. Objek pariwisata tetap dibuka dengan kapasitas 50 persen selama periode larangan mudik 2021.

Tentunya harus mematuhi standard operating procedure (SOP) serta protokol kesehatan dengan ketat, para pengunjung juga harus melakukan pemesanan tiket secara online.

2. Banten

banten
Ilustrasi via instagram ervinerwin

Kemudian Banten juga membuka pariwisatanya, namun Polda Banten melarang masyarakat dari luar wilayah Banten berkunjung pada sejumlah objek wisata. Hanya masyarakat lokal yang diizinkan mendatangi tempat wisata daerah di ujung barat Jawa ini.

3. Jawa Tengah

jawa tengah
Ilustrasi via instagram sulistiyoraden14

Selanjutnya beralih ke Jawa Tengah yang membuka pariwisatanya, kecuali pada daerah yang berstatus zona oranye dan merah Covid-19. Namun dengan skala terbatas hanya 30 persen, kemudian durasi waktu sampai pukul 15.00 WIB. Diantaranya ada Surakarta, Karanganyar, dan Gunungkidul masih bisa dikunjungi saat libur lebaran.

4. Jogja

jogja
Ilustrasi via instagram alivikry

Berikutnya Jogja akan membuka semua pariwisata kecuali pada daerah berstatus zona oranye dan merah Covid-19. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung harus menyertakan hasil tes Genose atau antigen dengan keterangan negatif serta mematuhi peraturan protokol kesehatan.

Para pengelola wisata akan membatasi pengunjung hingga 50 persen saja, para wisatawan juga disarankan memesan tiket melalui aplikasi online.

5. Jawa Timur

jawa timur
Ilustrasi via instagram davide.anzimanni 

Kemudian Pemprov Jawa Timur juga akan tetap membuka destinasi wisata, setidaknya ada 841 objek wisata yang tetap buka pada libur lebaran 2021. Tentunya dengan peraturan protokol kesehatan ketat, dengan pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 50 persen serta jam operasional mulai 09.00-15.00 WIB saja. Disarankan bagi para pengunjung memesan tiket secara online.

6. Bali

bali
Ilustrasi via instagram costinfetic

Terakhir ada Pulau Dewata yang tetap membuka pariwisatanya saat libur Hari Raya Idul Fitri 2021 mendatang. Meskipun arus mudik tidak seramai di Jawa namun objek wisata tetap memperketat peraturan protokol kesehatan dan membatasi pintu masuk kedatangan wisatawan.

Demikian penjelasan daftar daerah yang membuka wisata di Jawa dan Bali saat libur lebaran 2021 mendatang. Next

ramadan

Lebaran 2021, Wisata Religi ke Masjid Agung Demak

fi wisata di jakarta libur lebaran

Wisata di Jakarta Untuk Libur Lebaran Seru-seruan Bersama Keluarga