in ,

Danau Asmara dengan Kisah Romeo Juliet Penuh Nestapa ala Flores

Wisata NTT, Danau Asmara

Selalu ada kisah romantis ataupun cinta yang tragis di balik nama ‘asmara’. Begitu pun dengan Danau Asmara yang berada di Tanjung Bunga, Flores Timur. Siapa sangka bahwa keindahannya ternyata diselimuti cerita yang berakhir miris. Berikut ulasannya

Baca juga : Warung Lama Haji Ridwan, Kuliner Legendaris di Balik Padatnya Pasar Besar Malang

Kisah Romeo Juliet di Danau Asmara

Danau Weibelen atau Danau Asmara
Danau Weibelen atau Danau Asmara [image source]
Namanya Weibelen yang berarti ‘Air yang Banyak’ dalam bahasa Flores. Namun tempat ini lebih dikenal dengan nama Danau Asmara. Ada tragedi cinta yang terjadi di tahun 1972, yaitu pasangan sejoli Lio dan Nela nekat bunuh diri bersama dengan terjun karena tak kunjung mengantongi restu. Jenazah keduanya ditemukan 3 hari kemudian dalam keadaan utuh meski danau tersebut banyak dihuni buaya.

Danau Asmara
Danau Asmara [image source]

Ritual Khusus untuk Wisatawan yang Datang

Dek untuk menikmati Danau Asmara
Dek untuk menikmati Danau Asmara [image source]
Danau Weibalen dipercaya masih dihuni nenek moyang buaya. Karenanya setiap pengunjung yang datang harus lebih dulu menjalani ritual. Mereka wajib dibasuh dengan air danau oleh juru kunci setempat. Tujuannya, agar tak diganggu oleh buaya-buaya itu. Penting untuk mengikuti aturan setempat agar terhindar dari bahaya yang tak diinginkan, ya.

Berperahu di Danau Asmara
Berperahu di Danau Asmara [image source]

Jangan Lakukan Ini Saat Berada di Danau

Rumah Kayu Danau Asmara
Rumah Kayu Danau Asmara [image source]
Selain ritual khusus, ada beberapa larangan yang sebaiknya tidak dilanggar. Di antaranya tidak menyebut kata ‘buaya’. Warga setempat menyebut predator ini dengan sebutan ‘nenek’. Wisatawan yang datang juga tidak diperkenankan mengucap kata-kata kotor atau saling bersumpah serapah.

Rumah kayu di Danau Asmara
Rumah kayu di Danau Asmara [image source]

Danau Berjarak 45 Km dari Larantuka

Danau Asmara, Larantuka, NTT
Danau Asmara, Larantuka, NTT [image source]
Untuk bisa sampai di salah satu permata Flores ini dibutuhkan perjuangan terlebih dulu. Terletak sekitar 45 km dari Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan unik yang tak ada di kota, yaitu kebun kacang mete, juga rumah-rumah tradisional warga Flores. Siapkan tenaga untuk jalan kaki di jalanan berbatu dan curam agar bisa sampai di bibir danau.

Jalan menuju Danau Asmara
Jalan menuju Danau Asmara [image source]
Selalu ada kisah menarik yang ada di balik sebuah keindahan alam. Yang wajib diingat, jadilah wisatawan keren dengan tidak melanggar aturan apapun. Setuju, kan? Next

ramadan

Tempat Mistis di Kaliurang Ini Jadi Spot Instagenic, Seram tapi Asyik

Koko Bogana Jakarta

Nasi Bogana, Kuliner Tegal yang Makin Fenomenal di Jakarta