in , , ,

Bekunya Danau Baikal, Pesonanya Bikin Takjub Wisatawan

Selain sebagai negara dengan julukan Tirai Besi, negara Rusia dikenal sebagai negara terluas di dunia. Bentangan alam dari ujung Barat hingga Timur menyuguhkan keindahan alam yang begitu menawan. Salah satunya adalah danau Baikal, salah satu danau luas dan terdalam di dunia sekaligus sebagai danau paling jernih di dunia. Saking luasnya, tidak jauh beda dengan luas salah satu negara di Eropa. Keindahan alamnya pun tidak terelakkan, tak heran danau ini menajdi salah satu warisan Dunia UNESCO.

Baca juga : Dingin, Basah, dan Berangin Pantang Olahraga, Berikut Tips Aman Olahraga Saat Musim Hujan

Bekunya Danau Baikal menjadi daya tarik paling utama di danau ini. Foto via liputan6.com

Danau Baikal terletak diwilayah Siberia berada di antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara Rusia. Nama Baikal lahir dari sebuah kapal ferry dengan nama Baikal yang sanggup memecah es pertamanya. Kejadian ini oleh beberapa penduduk setempat dinamakan Danau Baikal. Secara fisik, danau ini memiliki panjang 636 kilometer dengan lebar 79 kilometer. Sehingga Luas permukaan air danau ini mencapai 31,494 km2.

Danau ini menyimpan 20% dari total air diseluruh dunia, atau 90% total air yang ada di negara Rusia. Perairan danau yang begitu dalam antara 758 meter, sedangkan bagian danau yang terdalam mencapai 1,637 meter membuat danau ini sanggup menyimpan air tawar yang begitu banyak. Air yang tersimpan di danau ini sangatlah jernih. Tak heran dinobatkan sebagai air tawar paling jernih di dunia. Saking jernihnya, membuat takut banyak kapal penumpang yang melintas.

Ketebalan es yang membeku menutupi permukaan danau Baikal ini hingga 1,4 meter. Foto via brilio.net

Para wisatawan ataupun penumpang kapal bisa melihat kedalaman danau hingga 50 meter. Bagi yang takut ketinggian, mungkin ini akan menjadi pengalaman yang mendebarkan. Adapun salah satu alasan yang membuat danau ini begitu jernih adalah karena adanya Epsichura baikalensis. Sejenis binatang yang mampu memfilter lumut dan bakteri secara baik.

Hal paling ditunggu di Danau Baikal adalah permukaan danau yang membeku dikala musim dingin. Bekunya permukaan danau ini berlangsung selama 5 bulan mulai dari bulan Januari hingga Mei. Ketika musim dingin, cuaca ekstrim menerjang permukaan danau hingga suhu mencapai -21 derajat selsius. Uniknya meskipun permukaan membeku, tetap terlihat bening. Ketebalan es yang membeku hingga 1,4 meter ini dapat kamu lintasi bersama kendaraan juga.

Bersepeda diatas danau Baikal yang membeku adalah aktivitas rutin penduduk setempat dan wisatawan. Foto via tibuntravel.com

Aktivitas yang biasa wisatawan lakukan ketika membeku adalah bermain ski, kereta luncur dan bersepeda diatas permukaan danau Baikal. Ada juga yang menjelajah danau hingga mereka mendirikan tenda untuk mengeksplore lebih banyak di permukaan Danau ini. Keindahan danau ini menjadi warisan dunia yang perlu dilestarikan. Keberadaan danau ini juga menjadikan Rusia sebagai salah satu negara dengan ketersediaan air tawar melimpah.

Jernihnya danau Baikal karena adanya Epsichura baikalensis. Foto via gaungplus.com

Danau ini juga terdapat hewan serta tumbuhan endemik yang bisa kamu lihat. Keberadaan hewan anjing laut air tawar ini populasinya sangat langka. Namanya Nerpa, salah satu spesiesnya yang bisa ditemui hanya di Danau Baikal. Juga ikan Omul, sekilas ikan ini memiliki bentuk dan warna yang tidak jauh berbeda dengan ikan bandeng. Ikan omul menjadi salah satu jenis ikan yang paling dicari nelayan setempat. Hal ini karena cita rasanya yang lezat sehingga disukai orang sekitar. Next

ramadan

Wana Wisata Kakek Bodo, Bukan Sekedar Air Terjun

Saatnya Jelajah Pulau Mohinggito, Gugusan Pulau Cantik di Utara Gorontalo