in , , ,

Wana Wisata Kakek Bodo, Bukan Sekedar Air Terjun

Kecamatan Prigen di Kabupaten Pasuruan yang berada di ketinggian lebih dari 800 mdpl, membuat kawasan ini memiliki hawa sejuk dan juga keadaam geografis yang berbukit, karena terletak di lereng Gunung Arjuno. Di kawasan ini, ada sebuah destinasi wisata yang bernama Air Terjun Kakek Bodo.

Baca juga : 8 Bakso Beranak Paling Enak, Santapan Raksasa yang Nikmat

Air Terjun Kakek Bodo terletak kurang lebih 60 km dari pusat kota Surabaya. Akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan apabila berangkat dari Bandara Juanda. Namun kalau berangkat dari pusat kota Pasuruan, tentu perjalanan yang ditempuh akan lebih dekat. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Kakek Bodo ini berada di Jl. Taman Wisata No. 541 Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

1. Loket Masuk yang Unik

Sampai di lokasi Wana Wisata Kakek Bodo, kita akan disambut sebuah bangunan loket dan juga pintu masuk yang sangat unik. Bangunan ini terbuat dari bambu dan beratapkan jerami. Begitu terlihat menyatu dengan alam sekitar objek wisata yang merupakan kawasan hutan lebat.

Pintu masuk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di loket ini, kita diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu untuk hari biasa dan Rp25 ribu untuk akhir pekan. Tapi untuk anak-anak di bawah 10 tahun, tiket digratiskan. Sebelum masuk, kita juga bisa membaca tentang apa saja yang ada di dalam lokasi wisata.

2. Pemandian Moderen di Tengah Alam

Kolam renang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Begitu memasuki loket masuk, kita akan disambut sebuah kolam pemandian yang lumayan luas dan bersih. Kita dibolehkan mandi di pemandian ini tanpa harus membayar lagi, karena tiket yang kita bayarkan sudah termasuk untuk menikmati semua fasilitas yang ada di dalam objek wisata Kakek Bodo ini. Kolam renang di area ini terbagi menjadi 2 bagian, untuk dewasa dan juga anak-anak berada di bagian pinggir kolam.

3. Ada Panggung Pertunjukan Outdoor

Panggung kayu outdoor (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan lagi ke area dalam objek wisata Kakek Bodo, kita akan menemukan sebuah panggung pertunjukan yang sangat unik. Tempat ini semua dibangun menggunakan kayu, mulai dari tempat duduk penonton, sampai panggung yang ada di bagian paling depan semuanya terbuat dari kayu lengkap dengan hiasan panggungnya. Yang paling membuat tempat ini unik dan instagramable adalah payung-payung yang menghiasi bagian atas tempat pertunjukan ini, kita pasti senang berfoto di sini.

4. Taman Bunga Indah di Tengah Hutan Pinus

Taman bunga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasinya yang sejuk di antara hutan pinus sudah sangat menyenangkan, ditambah lagi ada sebuah taman bunga yang diberi nama Kebon Lelono. Taman bunga ini sudah sangat menarik, mulai dari gerbang masuknya yang merupakan gapura dari kayu, tentunya menggoda pengunjung untuk masuk ke dalamnya.

Bunga warna warni (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke dalan Kebon Lelono, kita akan disuguhi hamparan tanaman bunga berwarna-warni yang sangat elok. Jalan setapak dan juga beberapa tempat duduk yang tersebar di area hamparan taman bunga, juga bisa kita temukan tertata sangat rapi. Di beberapa sudut taman, kita juga bisa menemukan ayunan yang bisa kita gunakan untuk tempat bersantai dan menikmati suasana taman bunga.

5. Air Terjun Indah yang Sangat Tinggi

Mengunjungi Wana Wisata Kakek Bodo sudah pasti tujuan utama kita adalah ke air terjun. Walaupun di sepanjang jalan mulai dari pintu masuk kita disuguhi banyak pemandangan menarik tapi tujuan utama adalah air terjun. Air terjun ini bisa kita temukan setelah kita berjalan sekitar 3-4 km, dan lokasinya berada di ujung area wisata ini. Air terjun yang tingginya sekitar 80 meter ini punya kolam penampungan air di bawahnya dengan kedalaman bisa lebih dari 3 meter. Makanya kita dihimbau agar hanya bermain air di tepian area air terjun saja.

6. Spot Foto yang Menarik

Berwisata tanpa foto-foto tentu tidak lengkap, berikut beberapa spot foto menarik di Kakek Bodo.

  • Gladak kayu

Gladak/jembatan kayu adalah spot pertama yang bisa kita temukan untuk berfoto. Lokasinya berada di area kolam renang di bagian depan area wisata air terjun ini. Gladak ini terbuat dari papan kayu, tapi kita perlu hati-hati karena beberapa papan kayu di atas gladak ini sudah lapuk.

  • Jembatan Warna-Warni

Sepertinya sekarang apapun yang berbau warna-warni ceria pasti menarik, sama halnya dengan satu jembatan di atas aliran sungai Kakek Bodo ini. Pengelola mengecatnya dengan warna-warna menarik sehingga menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Jembatan ini terbuat dari beton sehingga sangat aman.

  • Jembatan Oval

Masih sebuah spot berupa jembatan, kali ini bernama Jembatan Oval. Lokasinya tepat di hadapan Air Terjun Kakek Bodo. Bentuk jembatan yang sangat menarik menyerupai oval dan terbuat dari bambu berwarna keemasan membuat pengunjung ingin menaiki jembatan ini. Selain untuk berfoto, naik ke jembatan ini kita bisa mencapai ke spot foto terdekat dengan air terjun tanpa melewati jalur bebatuan di bawahnya. 

  • Terowongan Ranting

Jarak kita berjalan kaki yang lumayan jauh mulai dari pintu masuk menuju air terjun membuat pengelola memberikan sentuhan-sentuhan unik untuk membuat wisatawan tidak bosan, salah satunya adalah terowongan yang dibuat dari ranting pohon ini. Melewati dan berfoto di terowongan ini sangat menarik, apa lagi dengan sinar matahari yang masuk melaluo celah-celah ranting membuat suasana semakin enak dilihat.

  • Dinding Caping

Jika kita melewati terowongan ranting, di ujung terowongan kita akan disambut dengan caping-caping yang banyak di gantung di sisi sisi terowongan. Tentu ini menjadi spot foto menarik lainnya yang disukai pengunjung.

7.  Fasilitas Lengkap

Keindahan yang ditawarkan Wana Wisata Kakek Bodo ini memang tak ada habisnya mulai dari pintu masuk sampai area air terjun, selain itu fasilitasnya ternyata juga lengkap. Di dalam area wisata kita bisa menemukan toilet yang bersih, mushalla yang adem, dan juga beberapa warung makan yang sangat bersih dan indah di bawah pepohonan yang rindang. Tentunya itu membuat pengunjung menjadi lebih nyaman mengunjungi objek wisata ini.

8. Suasana Teduh yang Romantis

Selain keindahan air terjun dan juga spot foto yang menarik, ternyata pengunjung juga sangat menyukai suasana rindang yang ada di objek wisata ini. Suasana berjalan kaki mulai dari ujung ke ujung di bawah pepohonan tinggi dan juga bunga-bunga indah di kakan kiri jalan menjadikan siapapun betah berlama-lama di sini. Terlebih lagi seluruh bagian tempat wisata yang sangat bersih.

9. Makam Kakek Bodo

Di dalam area wisata ini juga ada sebuah bangunan yang di dalamnya adalah makan Kakek Bodo, yang merupakan seorang pertapa yang pernah bertapa di tempat ini. Makam ini boleh dimasuki orang-orang tertentu saja. Sedangkan untuk pengunjung biasa hanya boleh ke area depan bangunan makam saja, tanpa masuk ke dalam.  Next

ramadan

Gelato Unik di Alas Gelato Trawas, dari Rasa Rujak sampai Terang Bulan

Bekunya Danau Baikal, Pesonanya Bikin Takjub Wisatawan