in ,

Wah Ini Loh Bunga yang Hanya Ada di Danau Dendam Tak Sudah. Apa ya?

Anggrek Pensil, Endemik Bengkulu yang Banyak Tumbuh di Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah

Indonesia terkenal akan kekayaan flora dan fauna, mengingat luasnya wilayah hutan di nusantara. Ada jutaan jenis tanaman yang bisa ditemukan di Indonesia. Dari rerumputan, hingga bunga yang terancam punah, termasuk Anggrek. Meski paling tidak ada 5000-6000 jenis anggrek di tanah air, namun nyatanya ada yang dilindungi negara, salah satunya Anggrek Pensil yang banyak ditemukan di Danau Dendam Tak Sudah. Nah ulasan lengkapnya bisa dibaca pada ulasan berikut ya.

Baca juga : Arjasari Rock Hill, Perpaduan Alam Pegunungan dan Wisata Kekinian di Bandung

Membudidayakan Anggrek Pensil, Endemik Bengkulu yang Hampir Punah

Anggrek Pensil via Instagram @victoria_inge
Anggrek Pensil via Instagram @victoria_inge

Beberapa waktu lalu, sejumlah peneliti dari salah satu universitas di Provinsi Bengkulu telah menemukan setidaknya 160 spesies anggrek baru di Bengkulu. Tentu saja hal tersebut semakin menambah daftar flora di provinsi ini. Salah satunya adalah Anggrek Pensil,  merupakan endemik Bengkulu yang terancam punah. Oleh karena itu, peneliti sedang membudidayakan jenis anggrek ini dengan teknik kultur jaringan untuk meningkatkan populasi Anggrek Pensil.

Banyak ditemukan di Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah via Instagram @irahlalbengkulu
Danau Dendam Tak Sudah via Instagram @irahlalbengkulu

Anggrek pensil banyak ditemukan di kawasan Danau Dendam Tak Sudah, tepatnya di dalam Cagar Alam Dusun Besar. Dari pusat kota Bengkulu, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 15 menit. Bunga Anggrek Pensil ini memiliki warna ungu muda berpadu dengan warna putih. Selain merupakan habitat bunga endemik ini, Danau Dendam Tak Sudah juga merupakan rumah bagi beberapa hewan diantaranya kera ekor panjang, lutung, dan burung kutilang.

Danau dengan Asal-Usul Menyedihkan

Danau yang Menyimpan Legenda Menyedihkan via Instagram @mytrip_magazine
Danau yang Menyimpan Legenda Menyedihkan via Instagram @mytrip_magazine

Satu lagi keistimewaan Danau Dendam Tak Sudah, cerita legenda tentang asal-usul terbentuknya wisata air ini. Konon, di daerah ini hidup seorang perempuan cantik jelita dengan kekasih dicintainya. Namun cinta mereka tidak direstui oleh keluarga sang pria yang mengakibatkan hubungan mereka berakhir. Sang pria pun menikah dengan perempuan pilihan keluarganya.

Perempuan cantik jelita itu pun menangis saat hari pernikahan mantan kekasih, linangan air matanya begitu deras sampai menenggelamkan kampung beserta arak-arakan pengantin. Sang mantan dengan istrinya kabarnya menjelma menjadi ular yang terkadang muncul di danau ini, sedangkan si perempuan jelita terlihat menginjak ular jelmaan tersebut.

Destinasi Wisata Keluarga

 

 

Destinasi Wisata Keluarga via Instagram @isriyati
Destinasi Wisata Keluarga via Instagram @isriyati

Dengan kekayaan satwa, panorama indah, dan akses yang mudah menjadikan area ini sebagai destinasi wisata tersohor terutama bagi keluarga. Tidak sedikit orang tua yang membawa anak-anaknya menikmati kesejukan udara Danau Dendam Tak Sudah. Apalagi disediakan tempat duduk nyaman menghadap bentangan air danau. Memang tepat dijadikan referensi liburan famili.

Semoga saja proses budidaya Anggrek Pensil tetap terjaga sehingga kita juga bisa menikmati indahnya flora endemik Bengkulu ini. Adakah Teman Traveler yang sudah pernah singgah di Danau Dendam Tak Sudah dan menyaksikan sendiri keelokan Anggrek Pensil? Next

ramadan
Pesta Rakyat Banda 2018 di Maluku

Pesta Rakyat Banda 2018, Menilik Sejarah Indonesia di Kepulauan Banda Maluku

Foodcourt hits di Jakarta

Rekomendasi Foodcourt Hits di Jakarta, Tempat Nongkrong Favorit Anak Muda Hingga Keluarga