in , , , , ,

5 Danau di Indonesia yang Cocok Buat Snorkeling

Danau-danau dengan warna air yang jernih dan segar

Danau di Indonesia
danau 2

Indonesia punya puluhan danau yang tercatat dan masih banyak lainnya yang baru saja ditemukan dan terbentuk karena aktivitas alam maupun manusia.  Namun, danau biasanya sangat luas dan tidak bisa digunakan untuk aktivitas berenang ataupun menyelam. Faktanya, 5 danau di Indonesia ini punya air yang jernih serta cocok banget dijadikan lokasi snorkeling. Apa aja ya?

Baca juga : Saingi GWK, Patung ‘Iron Man’ Ini Bakal Jadi yang Tertinggi di Dunia

1. Danau Mariona, Sulawesi Tengah

Habitat ubur-ubur di Danau Mariona via ig/@tiarfebrys

Terletak di Taman Nasional Togean, Danau Mariona merupakan habitat ubur-ubur beraneka warna yang ramah dan tak beracun. Mariona terbentuk secara alami dan berada  di sekeliling laut. Uniknya, Danau Mariona memiliki air rasa payau atau tak asin serta air yang jernih . Karena letaknya di laut lepas Sulawesi Tengah, Danau mariona harus ditempuh dengan kapal Ferry dari Gorontalo. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Danau Mariona seperti menyelam, berenang, dan bermain dengan ikan-ikan kecil di pinggri pantai.

2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Via ig/@mancha_alie

Siapa bilang Kalimantan hanya memiliki sungai-sungai panjang yang tidak bisa dinikmati keindahannya. Faktanya, Kalimantan Timur punya surga snorkeling yang bernama Danau Labuan Cermin. Danau yang berada di Desa Labuan Kelambu ini punya warna air yang super bening bak cermin. Ketika matahari siang menyinari, segala yang ada di dalam perairan terlihat jelas. Selain aktivitas renang, foto dan menyelam, teman traveler juga bisa mengelilingi danau dengan perahu kayu. Ada pula penyewaan life jacket bagi yang kurang mahir berenang, pasalnya danau ini memiliki kedalaman variatif kisaran 6 – 10 m. Nah, usahakan datang pagi banget ya karena teman traveler gak bakalan puas menikmati 1 atau 2 jam disini.

3. Danau Kaco, Jambi

Via ig/@danaukaco

Jambi memang terkenal dengan wisata alamnya yang memikat, seperti salah satu wisata air yakni Danau Kaco. Berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Desa Lembur, Kaco memiliki air jernih berwarna biru bak mutiara. Rimbunya pepohonan yang mengelilingi danau menambah suasana asri dan segar. Bukan hanya aktivitas renang dan selam saja yang dapat dilakukan, para pengunjung juga dapat berkemah pada malam hari. Selain karena perjalanan memasuki hutan memakan waktu 4 jam, panorama malam hari di danau ini makin eksotis dengan pancaran rembulan.

4. Danau Biru, Lombok Tengah

Via ig/@ardie_ardiansyah.s

Airnya berwarna hijau dan kebiruan serta dikelilingi pepohonan rindang. Danau Biru menjadi spot wisata baru yang berlokasi di Desa Karang Sedimen, tepatnya di kawasan hutan lindung Raksa. Menurut pihak pengelola, Danau Biru terbentuk karena bertemunya aliran dua sungai yang berbeda yang akhirnya membentuk sebuah danau. Danau Biru disebut bebas polusi udara dan suara karena letaknya di area perbukitan. Selain berfoto, renang, dan menyelam, jalur menuju danau dimanfaatkan sebagai aktivitas soft tracking dan sepeda gunung.

5. Danau Kakaban, Kalimantan Timur

via ig/@wisatakalimantan_hits

Hampir mirip dengan Mariona, Kakaban merupakan danau yang air lautnya terperangkap di sebuah pulau membentuk danau. Terdapat jutaan ubur-ubur jinak yang juga jadi incaran para penyelam bila berkunjung. Selain ubur-ubur, terdapat biota laut sepeti moluska, krustasea, teripang, dan ular laut yang tak berbisa. Selain ekosistem air, Danau Kakaban memiliki hutan mangrove yang hidup subur dan lebat di daratan pulau Kakaban.

Teman traveler bakalan puas banget melakukan aktivitas snorkeling di Danau Kakaban. Untuk mencapainya, teman traveler harus berjalan 500 meter dengan rute menanjak 45 derajat dengan panorama pepohonan rindang yang diberi nama Indonesia dan Latin. Ada larangan ketika berenang di danau ini seperti, dilarang menggunakan sunblock atau krim yang mengandung zat kimia, dilarang menggunakan alat bantu renang, pantangan mengangkat ubur-ubur keluar air, dan melompat ketika masuk danau.

Itulah 5 danau di Indonesia yang cocok banget buat aktivitas bermain air seperti renang, snorkeling, dan snorkeling. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area danau saat berwisata ya. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

cafe di malang

Deretan Cafe di Malang yang Usung Konsep Taman

fi j-sky ferris wheel

J-Sky Ferris Wheel Bianglala Tertinggi se-Indonesia di Jakarta, Ramah Disabilitas