in ,

6 Danau di Sulawesi Selatan, Taman ‘Surga’ di Pedalaman

Deretan Danau di Sulawesi Selatan

Danau di Sulawesi Selatan
Danau di Sulawesi Selatan

Mengambil cuti panjang dan liburan ke Sulawesi Selatan adalah impian yang diidam-idamkan banyak orang. Mulai dari menjelajahi tanah Sulawesi Selatan dan bertandang ke danau-danau indahnya. Padang rumput dan pepohan membuat wisata itu jadi seindah taman ‘surga’. Berikut Danau di Sulawesi Selatan yang indah menggoda.

Baca juga : Let’s Go Gelato Surabaya, Kombinasi Manis Cantik yang Jadi Idola

1. Danau Sidenreng

Danau Sidenreng
Danau Sidenreng via Instagram/@kaka_pawe

Letak danau ini berada di Kabupaten Sudenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Kamu bisa datang ke sini untuk santai menikmati udara sejuk sambil mencoba wahana air yang ada. Di waktu tertentu kamu akan melihat burung-burung air tawar terbang dengan indahnya tepat di atas permukaan danau.

2. Danau Matano

Danau Matano
Danau Matano via Instagram/@andifolleng

Danau Matano berada di ujung timur Sulawesi Selatan dengan kedalaman mencapai 590 meter. Permukaannya sendiri berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dan terdalam kedelapan di dunia. Ada beberapa spot di danau Matano yang dijadikan lokasi wisata yaitu Pantai Ide, Pantai Kupu-kupu dan Pantai Salonsa.

3. Danau Mahalona

Danau Mahalona
Danau Mahalona via aqidaswamurti 

Lokasinya berada di Desa Mahalona, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur. Sebenarnya air yang berada di danau ini juga berasal dari Danau Matano dan mengalir melalui Sungai Petea. Pemandangan alam di sini juga indah dengan beragam fauna seperti kerang, kepiting. udang hingga ikan. Jika ingin ke sini kamu bisa menyewa mobil di pusat kota karena memang belum ada transportasi umum. Mengingat letaknya berada di pedalaman.

4. Danau Towuti

Danau Towuti
Danau Towuti via Instagram/@celebesbackpacker

Sama seperti Danau Mahalona, air yang ada di wisata ini juga berasal dari Danau Matani. Bersama dengan dua tempat sebelumnya, Danau Towuti membentuk tiga destinasi serangkai yang memanjakan mata. Uniknya kamu juga bisa melihat beberapa pulau di sini. Yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar. Aktivitas wisata yang bisa dapat kamu lakukan di sini adalah keliling dengan speedboat dan menikmati bunga-bunga yang bergelantungan di tepian danau.

5. Danau Tanralili

Danau Tanralili
Danau Tanralili via Instagram/@askarandery

Danau Tanralili berada di lereng Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tempat ini sering dianggap sebagai kembaran Ranu Kumbolo di Semeru. Di sekelilingnya memang ada perbukitan hijau dengan pohon-pohon rindang. Untuk ke sini, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu dari Desa Lengkese selama 3 jam. Lebih seru lagi jika kamu berkemah dan menikmati malam di Gunung Bawakaraeng.

6. Danau Tempe

Danau Tempe
Danau Tempe via Instagram/@surya_sadikin

Julukannya seperti nama makanan, unik dan bikin penasaran. Danau Tempe berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Setiap tanggal 23 Agustus ada tradisi rutin yang digelar yaitu Festival Laut. Para nelayan akan melakukan Maccera Tappareng yaitu upacara untuk menyucikan danau. Kemudian juga ada berbagai macam lomba meriah yang diikuti oleh warga. Seperti lomba menabung lesung dan pertunjukan musik tradisional.

7. Danau Mawang

Danau Mawang
Danau Mawang via Instagram/@nyuull

Danau Mawang adalah objek wisata alam di Sulawesi Selatan. Letaknya ada di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Goawa. Namanya berarti danau terapung yang mulanya berasal dari kisah perkelahian kerbau Tambak Laulung milik Tuan Panre Tanrara dengan kerbau lain. Setelah tambak Laulung tewas, air danau yang semula jernih jadi berubah dan ditumbuhi bunga teratai. Pengunjung yang datang ke sini bisa memancing ikan dan berburu kuliner ikan air tawar.

Itulah beberapa danau di Sulawesi Selatan yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata. Kamu bisa santai sambil menyantap makanan di pinggir danau. Next

ramadan

Saking Putihnya, 4 Destinasi Ini punya Pemandangan Mirip Salju

Pesona Kepulauan Kei Kecil punya Empat Daya Tarik Kuat