in , ,

Danau Kakaban, Liburan ke Kerajaan Ubur-Ubur Tanpa Sengat

Menyapa Jutaan Ubur-ubur Jinak di Danau Kakaban Kaltim

Ubur-ubur jinak di Danau Kakaban
Ubur-ubur jinak di Danau Kakaban (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler pernah mendengar soal Danau Kakaban? Memiliki kedalaman sekitar 11 meter, danau ini berada di bagian tengah Pulau Kakaban, bagian dari Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Uniknya, di sini ada jutaan ubur-ubur jinak yang tidak menyengat. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Yakin Hotel Pilihanmu Bersih? Ketahui Dulu Faktor Kebersihan Ini

Menuju Danau Kakaban

img_4664_ieq.JPG
Speedboat di Dermaga Kakaban (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berada di kawasan Kepulauan Derawan, Danau Kakaban biasanya dimasukkan dalam paket penjelajahan island hopping bersama pulau-pulau lain seperti Derawan, Maratua, dan Sangalaki. Dari Maratua, perjalanan ke danau hanya akan memakan waktu sekitar 10 menit dengan menumpang speed boat.

Begitu tiba di dermaga pulau, Teman Traveler masih harus berjalan kaki membelah hutan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, kalian bakal sampai di dermaga Danau Kakaban.

Empat Jenis Ubur-ubur

imgp0366_s54.JPG
Ubur-ubur Bulan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setibanya di danau, Teman Traveler bisa langsung bersiap snorkeling dan berjumpa jutaan ubur-ubur tanpa sengat. Perlu kalian tahu, ada empat spesies yang mendiami kawasan ini, Mereka adalah ubur-ubur bulan, kotak, totol, dan terbalik.

Semuanya tidak menyengat lantaran mereka sudah terlalu lama ‘terperangkap’ di dalam danau. Akibatnya, kemampuan sengat mereka lama kelamaan pudar lantaran tidak ada ancaman predator sama sekali. Cukup unik ya.

imgp0362_nyV.JPG
Ubur-ubur totol (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Penghuni terbanyak Danau Kakaban adalah ubur-ubur totol, dengan perpaduan warna bening dan kuning kecokelatan. Mereka bisa kalian temui dengan mudah begitu menyelam di bawah permukaan danau.

Tips Snorkeling di Kakaban

imgp0424_cfZ.JPG
Snorkeling di Kakaban (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selama menjelajah dunia bawah laut Kakaban, Teman Traveler wajib ikut menjaga keberlangsungan hidup ubur-ubur dan invertebrata lain di dalamnya. Jelang snorkeling, kalian dilarang menggunakan tabir surya untuk mencegah tercemarnya air danau.

Agar ubur-ubur tidak terluka, Teman Traveler juga pantang melompat langsung ke danau. Kalian juga tidak boleh mengenakan kaki katak. Begitu berada di bawah permukaan air, pengunjung juga dihimbau untuk tidak mengangkat ubur-ubur ke atas permukaan air. Tindakan ini dikhawatirkan bisa membunuh hewan tanpa tulang belakang tersebut.

Snorkeling di Laut Lepas

imgp0462_bSE.JPG
Terumbu karang di laut lepas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah puas snorkeling di kerajaan ubur-ubur tanpa sengat, Teman Traveler bisa melanjutkan penjelajahan ke laut lepas di sekitar Kakaban. Kalian bakal menemukan biota laut lain seperti terumbu karang, anemon laut, berbagai jenis ikan, sotong, dan masih banyak lagi.

Itu tadi ulasan singkat tentang Danau Kakaban, wisata di Kalimantan Timur yang setidaknya wajib Teman Traveler sambangi sekali seumur hidup. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mampir ke sini? Next

ramadan
Pemandangan di Alas Burno

Alas Burno, Hutan Instagenic di Kaki Semeru

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Mataram, Pelopor Sejak 1988