in , ,

Danau Kaolin Belitung, Sempat Dilupa Kini Jadi Idola

Menikmati Pesona Kecantikan Unik Danau Kaolin

Panorama Danau Kaolin
Panorama Danau Kaolin (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Belitung, jangan lupa mampir ke Danau Kaolin. Destinasi ini hadirkan panorama alam yang tak kalah cantik dengan Kawah Putih di Ciwidey, Bandung. Uniknya lagi, tempat ini dulunya sempat terlupakan, sebelum kemudian menjelma destinasi indah.

Baca juga : Claypot Popo, Kulineran Enak ala Hong Kong di Jakarta

Bisa Lakukan Banyak Aktivitas Menarik

Berfoto di pinggir danau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tempat ini sangat cocok buat Teman Traveler yang menyukai fotografi. Ada banyak spot keren yang bisa dijadikan latar belakang foto. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya sebagai tempat pre-wedding, lengkap dengan latar belakang keren berupa kolam air sejernih lautan.

C:\Users\User\Pictures\2017\Belitong SSR (March 2017)\20170316_142806.jpg
Berfoto di Danau Kaolin (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain berfoto, di sini Teman Traveler juga bisa nikmati panorama sunset dengan corak jingga yang mengagumkan. Kalian bisa datang sejak tengah hari, bermain-main di sekitar sini, kemudian duduk santai sambil menanti pemandangan mentari terbenam.

Tak cuma itu, mata air di sini juga sangat segar lho. Teman Traveler bisa langsung coba berendam atau berbasah-basah ria. Buat kalian yang senang menjelajah wisata bernuansa bahari, sangat direkomendasikan mampir ke sini.

Cara Menuju Danau

Latar belakang indah untuk berfoto (c) Helga Christina/Travelingyuk

Danau Kaolin bisa Teman Traveler temukan di Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung. Jaraknya sekitar 10 menit dari pusat kota Tanjungpandang, Belitung Timur. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Akses transportasi umum menuju sini memang sedikit sulit. Sebab awalnya danau ini merupakan kawasan tambang. Popularitasnya mendadak meroket usai banyak orang mengunggah foto-foto Instagenic-nya di media sosial. Nah, jika Teman Traveler berniat datang ke sini, sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau sewa ya.

Kisah Menarik

Panorama di sekitar danau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di balik keindahannya, Danau Kaolin menyimpan kisah menarik. Tempat ini bisa dibilang merupakan saksi bisu sejarah perkembangan Belitung, yang sempat dikenal sebagai salah satu penghasil timah dan kaolin terbesar Indonesia.

Penambangan kaolin di sini tercatat sudah dilakukan sejak 1815. Begitu setiap jengkal tanahnya dieksplotasi habis-habisan, kawasan ini ditinggalkan begitu saja. Tertinggal sejumlah lubang besar bekas galian yang sayangnya tidak ditutup lagi.

Salah satu sudut danau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Namun hal ini lantas menjadi awal terbentuknya Danau Kaolin. Curah hujan sedikit demi sedikit mengisi cekungan tersebut, hingga akhirnya tercipta mata air dengan panorama luar biasa indah. Hmm, menarik bukan Teman Traveler?

Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh

Berpose di pinggir danau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sebelum pulang dari Belitung, Teman Traveler jangan lupa memborong sejumlah oleh-oleh khasnya. Beberapa yang cukup direkomendasikan adalah krupuk kemplang, getas, serta aneka olahan seafood. Bisa banget jadi pilihan buah tangan untuk sanak keluarga di rumah.

Itulah sedikit ulasan mengenai Danau Kaolin yang pancarkan panorama keindahan unik. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Belitung, jangan lupa masukkan tempat keren ini dalam daftar destinasi kalian ya. Selamat liburan! Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Sumber Pitu Tumpang, Oase di Malang Yang Masih Terjaga Kesegarannya

Warung Mbah Geger, Kuliner Legendaris Pacitan yang Tetap Eksis