in , ,

Sumber Pitu Tumpang, Oase di Malang Yang Masih Terjaga Kesegarannya

Mengunjungi salah satu objek wisata favorit di Malang Raya

Kawasan Malang Raya terkenal karena tempat wisatanya yang beragam. Salah satunya yang mungkin belum banyak disorot adalah Sumber Pitu Tumpang. Wisata air tawar yang terletak di desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang ini perlu masuk ke itinerari kalian saat berkunjung ke Malang. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak liputannya!

Baca juga : Blanco Coffee & Books, Tempat Nongkrong di Jogja Favorit Pecinta Buku

Jalur yang asri menuju sumber

pintu masuk dari kampung menuju ke sumber pitu tumpang (arifharianto)
Pintu masuk menuju Sumber Pitu (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Untuk sampai ke Sumber Air Pitu, kalian harus berjalan kaki sejauh 1-2 kilometer. Jangan khawatir, Teman Traveler akan disuguhkan oleh pemandangan tanaman hijau yang tersebar di kiri dan kanan jalan. Suasana akan menjadi rindang dan sejuk.

Terpikat pesona Coban Ringin Gantung

air terjun ringin gantung (arifharianto)
Air Terjun Ringin Gantung (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Daya tarik lain yang tak kalah menarik adalah keberadaan Coban Ringin Gantung. Air terjun ini terletak di sebelah Sumber Pitu. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, objek wisata ini sering dijadikan tempat untuk berfoto. Meskipun begitu, aliran airnya yang deras dengan bebatuan kasar di sekitarnya membuat kalian harus berhati-hati jika singgah ke sini.

Airnya dingin dan segar

Underwater sumber pitu tumpang (arifharianto)
Pemandangan bawah sumber (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Air di Sumber Pitu sangat bening. Saking jernihnya, kalian bisa melihat dasar air dari atas permukaan. Kondisi air yang baik sangat didukung dengan keasrian alam di sekitarnya. Maka tak heran, ketika kalian mencoba berenang di sini, airnya akan terasa dingin dan segar.

Sumber Air untuk Warga Desa

pemandangan indah sumber pitu tumpang (arifharianto)
Pemandangan di atas (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Keunikan objek wisata adalah sumber mata airnya yang berlimpah. Tidak tanggung-tanggung, ada 7 mata air yang keluar di sini. Tentu saja hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar. Buktinya, di sekitar sumber dibangun tandon-tandon besar yang dimanfaatkan sebagai penyimpanan air bersih. Tidak hanya warga sekitar, PDAM dan petanipun juga menggunakannya.

Jangan buang sampah sembarangan!

sampah menumpuk di sumber pitu tumpang (arifharianto)
Sampah yang menumpuk (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Sayangnya, saya masih menemukan sampah plastik di sekitar sumber. Apakah mereka tidak menyadari bahwa keberadaan sampah dapat mengancam kualitas air? Ayo, deh, kita harus mulai menjaga kebersihan alam supaya keberadaannya tetap lestari.

Demikian ulasan tentang Sumber Pitu Tumpang. Yuk kita kunjungi destinasi wisata di Malang Raya! Next

ramadan

Museum Musik Dunia, Surganya Para Pecinta Musik

Panorama Danau Kaolin

Danau Kaolin Belitung, Sempat Dilupa Kini Jadi Idola