in ,

Danau Maracaibo di Venezuela Menjadi Langganan Petir

Fenomena Catatumbo Petir Abadi di Venezuela

fi danau maracaibo langganan petir

Danau Maracaibo di Venezuela, Amerika Serikat mendapat predikat Ibu Kota Petir di Dunia, lantaran sepanjang tahun selalu menjadi langganan petir. Bahkan sampai mendapat rekor dunia dan masuk Gunness World Records lho. Penasaran seperti apa? Yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga : Menara Miring Bukan Hanya Pisa di Italia Saja, di Australia Juga Ada

Fenomena Kilat Catatumbo

petir ccatatumbo
Petir Catatumbo via Instagram maracuchos.cl

Danau Maracaibo merupakan danau terbesar di Amerika Serikat, terletak di sepanjang Pegunungan Andes bagian utara, pegunungan ini membentuk penghalang alami.

Mendorong udara ke atas lalu mencampurkannya dengan udara hangat dan lembab di atas danau untuk menciptakan badai petir di malam hari. Fenomena ini disebut Kilat Catatumbo, karena petir rutin datang setiap tahunnya di daerah tersebut.

Sepanjang Tahun Tersambar Petir

danau maracaibo
Petir Abadi Catatumbo via Instagram nationaldestinations

Menurut situs Weather, wilayah Catatumbo-Maracaibo dihunjam 3600 petir dalam 1 jam, di mana petir datang setiap detiknya. Fenomena ini berlangsung hampir sepanjang tahun yaitu selama 300 malam dari 365 hari.

Petir abadi ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu, sejarah menuliskan fenomena terjadi pada tahun 1597 tahun. Tertuang dalam puisi epos La Dragontea yang ditulis oleh Lope de Vega.

Pemandu Nelayan Sekitar

pemandu nelayan
Ilustrasi Petir Menjadi Pemandu Nelayan via pexels Johannes Plenio

Meski telah menjadi langganan petir, warga sekitar sudah cukup terbiasa dengan fenomena ini. Mereka hanya menutup jendela dan tirai setiap malam untuk menjauhkan silaunya kilat.

Bahkan petir yang menyambar juga dijadikan pemandu dan navigasi alami, cahaya kilat yang muncul dapat menerangi perjalanan laut para nelayan.

Negara Lain Juga Selalu Disambar Petir

petir negara lain
Ilustrasi Petir Menyambar Salah Satu Tempat via pexels Nick Kwan

Afrika menjadi benua urutan pertama dengan titik petir paling banyak, rumah bagi 10 daerah di dunia yang sering disambar petir yang berada di sepanjang pegunungan Mitumba di Kongo Timur.

Kemudian pada urutan kedua ada Asia yang memiliki titik petir teraktif, terletak di pegunungan Himalaya di barat laut dekat dengan Daggar, Pakistan.

Urutan ketiga ada Amerika Serikat yaitu di Kota Orangetree, Florida yang juga menempati urutan ke-14 di Amerika sebagai tempat paling rawan petir dan 122 secara global. Menurut penilitian setidaknya setiap tahun kota ini didatangi 79 petir per kilometer persegi.

Demikian penjelasan Danau Maracaibo di Venezuela yang mempunyai petir abadi atau Fenomena Catatumbo, kira-kira di Indonesia ada tidak ya? Next

ramadan
tips persiapan natal

Natal Telah Tiba, Ikuti 5 Tips Persiapan Natal Ini!

Sungai mendidih Amazon

Bisa Membunuh, Sungai Mendidih di Amazon Ini Nyata