in , ,

Danau Matano, Pesona Eksotis Danau Terdalam di Indonesia

Paduan Lengkap Pesona Alam Eksotis di Danau Matano

Menikmati Pemandangan di Danau Matano
Menikmati Pemandangan di Danau Matano via Instagram.com/raynertannya

Banyak yang mengira Toba di Sumatera Utara adalah danau terdalam di Indonesia. Namun demikian gelar tersebut ternyata disandang Danau Matano di Sorowaku, Luwu Timur. Tempat ini merupakan destinasi ikonik yang wajib dikunjungi jika Teman Traveler sedang berada di Sulawesi Selatan.

Baca juga : Aktivitas Seru di Beachfront Hotel Lombok, Bisa Berayun Hingga Berkuda

Lebih Dalam dari Danau Toba

titakamila_ng3.jpg
Menikmati pemandangan sekitar via Instagram.com/titakamila

Danau Matano tercatat memiliki kedalaman hingga 1969 kaki atau 590 meter. Sementara Danau Toba memiliki kedalaman 166 kaki atau 505 meter. Organisasi non-profit dunia, WWF, menempatkan danau ini dalam daftar 10 besar terdalam di dunia.

Jernihnya air di Matano via Instagram.com/febiodewangga

Umumnya para pengunjung menghabiskan waktu di sini untuk menikmati momen matahari terbenam atau atau sekadar bermain air. Namun tentunya di wilayah yang tidak berbahaya ya.

Aktivitas Air Seru

ono_rahmat_fES.jpg
Aktivitas air via Instagram.com/ono.rahmat

Pengelola juga sediakan beberapa fasilitas menarik untuk para pengunjung Matano. Buat Teman Traveler yang hobi menikmati aktivitas air, tersedia jasa penyewaan perahu kano untuk mengitari kawasan danau dengan santai. Selain itu, pengunjung juga boleh berenang di pinggiran danau dan menikmati pemandangan bawah laut luar biasa.

Mengunjungi Gua di Bawah Air

veradewi94_gzZ.jpg
Bermain di Goa Bawah Air via Instagram.com/veradewi94

Menyisir Matano sedikit lebih jauh, Teman Traveler akan tiba di Gua Bawah Air, salah satu titik favorit di sini. Sesuai namanya, di sini kalian bisa menikmati panorama stalakmit gua sembari menyelam maupun berenang. Kalian juga bisa coba serunya loncat ke arah air dari bukit setinggi dua meter.

Kaya Biota Air Indah

raynertannya_esk.jpg
Bersantai di dekat danau via Instagram.com/raynertannya

Meski tidak berenang atau menyelam, Teman Traveler sudah bisa menikmati hamparan pemandangan bawah air Danau Matano lantaran air di sini sudah begitu jernih. Kalian bisa melihat deretan makhluk air indah mondar-mandir di permukaan. Salah satunya adalah Opudi, ikan hias yang sering diperdagangkan baik di dalam maupun luar negeri.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Teman Traveler siapkan peralatan snorkeling sederhana agar bisa merasakan keindahan bawah air Matano secara maksimal. Bisa juga membawa action cam untuk abadikan pemandangan ikan kecil meliuk-liuk di air. Namun satu yang pasti, kalian tak bakal kecewa jika berkunjung ke sini.

Itulah sekilas ulasan mengenai Danau Matano yang ternyata memegang gelar sebagai danau terdalam di Indonesia. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Sulawesi Selatan, jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan
Pendakian Gunung Leuser/Dok. Mapala Siginjai Unja

Pendakian Gunung Leuser, Menjajal Atap Belantara Tanah Rencong

Copper Club Jakarta

Copper Club Jakarta, Kafe Homey yang Ajak Pelanggan Ikut Uji Rasa