in ,

Danau Sebening Kaca di Indonesia, Sulit Dipercaya Saking Jernih Airnya

Danau Sebening Kaca di Indonesia, Sulit Dipercaya Saking Jernih Airnya

Danau Sebening Kaca di Indonesia
Danau Sebening Kaca di Indonesia

Danau sebening kaca di Indonesia punya air yang jernihnya sulit dipercaya. Teman Traveler akan dibuat takjub sekaligus bersyukur, bahwa tempat seindah ini ada di Indonesia. Di lokasi ini, yang dapat dlihat hanya hamparan air laksana cermin. Kehidupan di bawah permukaannya, terlihat jelas dari atas. Benar-benar godaan besar untuk basah-basahan. Danau mana saja kira-kira dengan airnya yang begitu menggoda?

Baca juga : Cerita di Balik Gedung-Gedung Peninggalan Belanda di Indonesia, Bikin Merinding!

1. Danau Kaco, Jambi

Danau Kaco, Sebening Kaca
Danau Kaco, Sebening Kaca via Instagram/4rek.ilang

Danau Kaco, berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang masih sangat asri. Dengan berjalan kaki selama empat jam ke dalam hutan, Teman Traveler akan bertemu dengan salah satu danau sebening kaca di Indonesia ini. Airnya berwarna biru jernih. Pada waktu malam, terlebih saat keadaan bulan sedang Purnama, permukaan air di danau ini seperti cermin raksasa yang memantulkan cahayanya ke langit. Konon, meski indah, danau ini terlahir dari cerita yang kelam.

2. Danau Ubur-ubur, Lohia

Kapan ke Danau Ubur-ubur
Kapan ke Danau Ubur-ubur? via Instagram/ini_carla24

Jangan khawatir dengan ubur-ubur di danau ini, sebab mereka tidak menyengat. Jadi, di dalam kejernihan airnya, Teman Traveler bisa berenang bersama binatang ini tanpa takut. Meski begitu, guna kepentingan pelestarian, pengunjung dilarang melompat ke danau serta menyentuhnya. Danau berair jernih ini terletak di Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Suasana di danau ini masih sangat asri dan sejuk, sebab ia dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

3. Danau Framu, Papua

Danau Framu di Papua yang Jernihnya Gak Kira-kira
Danau Framu di Papua yang Jernihnya Gak Kira-kira via Instagram/monicasimanjorang

Danau sebening kaca di Indonesia selanjutnya, bisa Teman Traveler temukan di Papua Barat. Begitu sampai di lokasi, kejernihan airnya yang juara hingga menciptakan gradasi warna yang sempurna dari hijau ke biru, akan membuat siapa saja terpana. Angin bertiup sepoi-sepoi serta suasananya yang masih asri, bikin tak sabar untuk berenang, merasakan kesegaran airnya yang masih sangat alami.

4. Danau Labuan Cermin, Kaltim

Danau Labuan Cermin yang Punya Dua Rasa
Danau Labuan Cermin yang Punya Dua Rasa via Instagram/imammunandar2787

Danau sebening kaca di Indonesia, yang terletak di Kalimantan Timur ini punya dua rasa, Teman Traveler! Bagian atas air rasanya asin, sedangkan bagian di bawahnya tawar. Keunikan milik danau ini bukan hanya soal rasa. Terutama berkaitan dengan namanya yang sungguh menarik. Labuan Cermin disematkan sebab pada permukaan perairan ini terdapat lapisan yang dapat membuat cahaya matahari memantul. Unik ya.

Berada di Danau Labuan Cermin, Teman Traveler akan merasakan ketenangan dari rimbunnya pepohonan. Bagaimana dengan snorkeling? Bisa banget. Kedalamannya hanya 4 sampai 5 meter. Namun, harus tetap hati-hati ya.

5. Danau Biru Busung, Bintan Kepri

Danau Biru Busung
Danau Biru Busung, Bekas Penambangan Pasir yang Cantiknya Bikin Minder via Instagram/aprizal__ijal

Siapa sangka, jika keindahan dan kejernihan air di Danau Biru Busung berasal dari sisa penambangan pasir. Pada 1980 lalu, di lokasi ini beroperasi penambangan pasir besar. Sisa-sisa kerukan tersebut, secara alami terisi oleh air hujan yang lama-lama berkumpul dan berubah warna menjadi biru. Karena merupakan bekas penambangan, danau atau telaga ini dikelilingi oleh pasir bauksit yang sudah membatu. Tetapi justru, dari sanalah keindahannya bertambah.

Danau sebening kaca di Indonesia, pesonanya terletak pada kejernihan air yang sulit lagi dijelaskan dengan kata-kata. Teman Traveler hanya perlu mengunjunginya. Kapan nih? Next

ramadan
Bikin Jatuh Cinta Gak

Deretan Pantai di Sulawesi Utara, Cantiknya Seperti Orang Jatuh Cinta

Foto Kerusakan akibat Gempa Palu dan Donggala

Foto Kerusakan Akibat Gempa Palu dan Donggala Sebesar 7,7 SR, Mengiris Hati