in ,

Danau Seran, Danau Bening Bekas Tambang di Kalimantan Selatan

Danau Seran [image source]

Kalimantan Selatan ternyata cukup berpotensi menjadi daerah wisata. Banyak sudut-sudutnya yang dikembangkan sebagai daya tarik bagi para turis baik lokal maupun mancanegara. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Banjarbaru. Kota yang dimakarkan dari Kabupaten Banjar itu semakin cantik dengan adanya wisata Danau Seran.

Baca juga : Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Tambora yang Menarik untuk Dijelajahi

Sebuah perairan yang  jernih dengan warna kehijauan menampilkan gradasi yang serasi dengan alam di sekitarnya.  Warga Banjar baru jadi semakin senang karena punya tempat berlibur saat akhir pekam. Apalagi dari pinggir danau ini mereka bisa menyaksikan sunset yang sangat indah. Namun siapa sangka jika danau itu adalah sisa-sisa dari lubang hasil eksplorasi tambang yang terbengkalai.

Danau Seran [image source]
Warga kelurahan Gantung Manggis, kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan bisa menikmati destinasi jalan-jalan baru yang tengah ngehits tersebut. Tempat itu berupa danau yang notabene bekas area tambang. Jejak-jejak pertambangan sudah tidak nampak, sebagai gantinya adalah genangan air yang jernih serta kepungan pepohonan hijau yang segar.

Danau Seran [image source]
Bagi traveler yang datang dari jauh kemungkinan tidak akan sadar jika danau ini terbentuk dari sisa penambangan yang ditinggalkan begitu saja tanpa dilakukan proses reklamasi. Berdasarkan beberapa sumber yang ditelusuri Travelingyuk, Danau Seran adalah bekas tambang pendulangan intan yang dilakukan oleh warga sekitar dan PT. Galuh Cempaka. Sedangkan beberapa sumber lainnya menyebutkan jika ini adalah bekas tambang pasir.

 

 

 

Danau Seran memiliki air berwarna kehijauan yang sangat jernih, via instagram
Danau Seran memiliki air berwarna kehijauan yang sangat jernih, via insta

Yang berubah menjadi tempat yang sangat cantik. Apalagi jika traveler berkunjung di sore hari. Langit jingga dan matahari yang mulai tenggelam dengan sinarnya yang mulai memerah membuat lukisan alam yang begitu indah. Dari sana kemudian banyak anak muda yang tertarik untuk berkunjung ke danau ini.

Danau Seran [image source]
Jernihnya air danau membuat traveler tidak kuasa untuk menahan hasrat berenang. Pun demikian bagi kalian yang mau berenang di danau ini harap untuk berhati-hati dan jangan terlalu ke tengah. Sebab danau ini adalah bekas area galian yang artinya permukaan dasar danau tidak rata sehingga beresiko masuk ke dalam lubang yang dalam layaknya sumur.

Danau Seran [image source]
Kalau mau aman tapi tetap bisa menikmati keindahan danau ini, bermain saja di tepinya. Atau bersantai di bawah pepohonan yang tumbuh di pinggir danau. Dengan pengambilan posisi gambar yang tepat, kamu akan mendapatkan hasil foto yang sangat indah, tak kan ada yang menyangka jika danau itu adalah bekas area tambang.

Danau Seran [image source]
Bukan hanya itu saja, area di tepi Danau Seran yang sejuk dengan pepohonan rindang telah dipasang hammock untuk para pengunjung yang ingin bersantai. Seharian di sana, pasti akan jadi lebih seru bukan? Jadi tunggu apa lagi, ayok segera berkunjung ke Kota Banjarbaru untuk menikmati keindahan Danau Seran. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Sulit Dipercaya Jika Kebumen Ternyata Punya 9 Air Terjun Secantik Ini

Pantai Menganti Kebumen

11 Tempat Keren di Kebumen yang Bikin Fotomu Makin Ngetren dan Beken