in ,

Weekuri, Danau Air Asin yang Memanggil untuk Dikunjungi

Danau Weekuri
Danau Weekuri

Wisata danau kini tengah populer di kalangan traveler. Salah satu yang banyak menarik perhatian di tahun ini adalah Labuan Cermin. Di sudut lain, ada juga telaga yang menawarkan keindahan menawan dengan air asinnya. Danau tersebut bernama Weekuri, disebut-sebut sebagai kembaran Labuan Cermin. Nah, seperti apa pesona dari objek wisata ini? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut.

Baca juga : Punthuk Setumbu Yang Penuh Sesak di Hari Libur

1. Danau Air Asin di Pulau Sumba

Danau Weekuri di Sumba
Danau Weekuri di Sumba [image source]
Nama Weekuri diambil dari bahasa Sumba yang berarti air hasil serapan karang yang menerobos ke daratan kemudian membentuk danau. Dalamnya sekitar 2,5 meter dan dikelilingi oleh karang kokoh berwarna cokelat juga banyak bebatuan eksotis dan membuat mata terpanah.

Danau Bening di Sumba
Danau Bening di Sumba [image source]

2. Destinasi Sunyi Bak Kolam Pribadi

Kolam Alami di Sumba
Kolam Alami di Sumba [image source]
Keindahan air biru yang serasi dengan langit membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Karena masih sepi pengunjung, kamu bisa puas berenang ke sana ke mari. Dengan kadar garamnya yang tinggi, kamu juga bisa mengapung di danau ini. Dijamin serasa memiliki kolam alami pribadi. Selain berenang, kamu pun juga bisa bermain pasir putih di tepiannya. Di sudut lain juga terdapat rumah kecil dari kayu yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.

OOTD di Danau Weekuri
OOTD di Danau Weekuri [image source]

3. ‘Surga’ Tersembunyi di Sumba Barat

Danau Sumba dari Atas
Danau Sumba dari Atas [image source]
Danau Weekuri sendiri terletak di Sumba Barat Daya yang terbilang jauh dari pusat kota. Dari Waikabubak sendiri, kamu harus menempuh perjalanan selama satu setengah jam. Karena itu pula, akses menuju ke sana cukup menantang. Lebih baik menyewa mobil beserta sopirnya yang mengerti betul daerah Sumba Barat Daya. Meski tersembunyi, ternyata banyak yang berminat untuk memiliki tempat ini. Bahkan seorang turis asal Amerika Serikat pernah membeli Weekuri yang akhirnya bisa ditebus lagi oleh salah satu mantan Bupati Sumba Barat Daya.

Objek Wisata Alami di Sumba Barat Daya
Objek Wisata Alami di Sumba Barat Daya [image source]

4. Objek Wisata di Sekitar Danau

Pantai Mandorak
Pantai Mandorak [image source]
Meski lokasinya jauh dan menantang, danau ini terbilang dekat dengan objek wisata lain di Sumba Barat. Salah satunya adalah Pantai Mandorak yang bersebelahan dengan Weekuri. Pantai ini terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi ini kamu bisa puas bermain pasir hingga sore hari. Jangan lupa untuk berfoto di sekitar bebatuan eksotis yang berwarna cokelat seperti ban mobil.

Rumah Adat di Sumba Barat
Rumah Adat di Sumba Barat [image source]

5. Kawasan Pedalaman yang Jauh dari Akomodasi

Newa Sumba Resort
Newa Sumba Resort [image source]
Selain jalanan terjal dan berliku, Danau Weekuri terbilang susah akan akomodasi. Karena itu pula lebih baik membawa bekal saat bermalam di sini. Adapun hotel dan penginapan banyak ditemukan di Waikabubak. Salah satu akomodasi yang dapat kamu tuju adalah Newa Sumba Resort. Nah, untuk imendapat nformasi biaya menginap bisa menghubungi nomor kontaknya yaitu 0813-3918-7077. Newa Sumba nampak unik juga dekat dengan Bandara Tambaloka.

Danau Weekuri Sumba
Danau Weekuri Sumba [image source]
Nama : Danau We’ekuri
Alamat: Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Sudah pernah ke Labuan Cermin? Nah, ini saatnya kamu berkunjung ke Danau Weekuri. Luangkan waktumu juga untuk berburu oleh-oleh kain tenun dan makanan khas Sumba di kota Waikabubak ya! Next

ramadan

Cara Menikmati Sunrise di Candi Borobudur, Belum Tahu Kan?

Tempat Menginap Murah Tapi Indah di Pangandaran