in ,

Deretan Kegiatan Seru di Monas, Tak Sekedar Foto-foto

Sejumlah Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Sekitar Monas

Monas
Monas via Instagram

Monumen Nasional atau dikenal dengan akronim Monas sudah lama jadi salah satu landmark kebanggaan warga Indonesia. Berdiri megah di Ibukota Jakarta, banyak wisatawan daerah kerap menyempatkan diri datang ke sini untuk sekedar berfoto-foto. Namun tahukah sobat traveler, sebenarnya ada deretan kegiatan seru di Monas yang bisa kalian coba.

Baca juga : Indahnya Wisata Alam Kalimantan Tengah, Mulai Gunung Hingga Pantai

Mulai dari menumpang kereta wisata, menikmati air terjun, hingga berolahraga, beragam keseruan sudah siap menanti di Monas. Jadi jangan sampai waktu kalian di sana dihabiskan hanya dengan berfoto-foto saja. Berikut Travelingyuk sajikan daftar sejumlah kegiatan seru di Monas.

1. Melihat Air Mancur Menari

Air terjun menari
Air terjun menari via Instagram hdyuda

Mungkin banyak yang belum tahu, namun Monas sebenarnya punya pertunjukan air mancur menari. Pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmatinya alias gratis. Cukup luangkan waktu, karena air mancur menari di Monas hanya dipertontonkan pukul 19.00 dan 20.30 di akhir pekan.

Memang tidak secanggih pertunjukan air di kompleks Garden by The Bay Singapura, namun tak kalah menghibur, lho. Saksikan gemulainya gerakan air diiringi cahaya lampu warna-warni dan alunan musik khas Indonesia. Menjelang musim liburan, pengelola biasanya pertunjukan ini setiap hari, bukan hanya di akhir pekan.

2. Keliling Naik Kereta

Pengunjung cilik di dalam kereta monas
Pengunjung cilik di dalam kereta monas via Instagram gantaridanica

Diresmikan pada 1961, Monas berdiri di atas lahan seluas 80 hektar. Tentunya butuh stamina cukup prima jika ingin mengelilingi seluruh areal di sekitarnya. Untungnya, pihak pengelola kini sudah menyediakan fasilitas kereta wisata. Ini merupakan kegiatan seru di Monas yang bisa dilakukan selain foto-foto.

Dengan menumpang kereta wisata, pelancong bisa menikmati pemandangan di sekitar Monas sembari duduk nyaman di atas kursi. Tertarik? Sobat traveler cukup berjalan ke halte terdekat dan mengantre di sana. Hanya dalam beberapa menit, kereta akan datang menjemput dan menyemarakkan liburan kalian di Monas.

3. Bermain Bersama Rusa

Rusa di sekitar monas
Rusa di sekitar monas via Instagram quartetsyaf

Bagaimana rasanya bermain bersama rusa di tengah kawasan perkotaan? Meski terdengar ajaib, hal tersebut bisa sobat traveler rasakan di sekitaran Monas. Monumen setinggi 132 meter tersebut berdiri tak jauh dari kawasan Taman Merdeka.

Di sana, pengunjung bisa melihat kawanan rusa totol bercengkrama di hamparan rumput hijau. Tingkah mereka sungguh menggemaskan. Sekedar mengamati rusa-rusa itu saja sudah bisa menjadi hiburan tersendiri di tengah penatnya suasana ibu kota.

4. Museum Monas

Museum di Monas
Museum di Monas via Instagram taufiq_anabaya

Bagian bawah Monas terdiri dari sebuah ruangan besar yang biasa disebut cawan. Di dalamnya terdapat Museum Nasional Indonesia, rumah dari 48 diorama sejarah Tanah Air dari masa ke masa. Sangat layak dikunjungi, terutama jika sobat traveler menggemari wisata bernuansa sejarah.

Di bagian yang sama juga terdapat Ruang Kemerdekaan, tempat berdiamnya bendera merah putih yang dulu digunakan kala Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Selain itu ada wahana khusus di mana pengunjung bisa mendengarkan suara Bung Karno membacakan teks proklamasi.

5. Nikmati Karya Seni Artistik

Patung di sekitar monas
Patung di sekitar monas via Instagram ifadaifa

Kegiatan seru di Monas lainnya adalah menikmat karya seni yang ada. Kompleks Monas memang unik dan menarik disimak. Setiap sudutnya selalu menyimpan kejutan indah. Salah satunya adalah keberadaan sejumlah patung artistik sarat nilai sejarah.

Patung-patung tersebut dibentuk sesuai rupa para pahlawan nasional, seperti Pangeran Diponegoro, M.H Thamrin, Chairil Anwar, dan R.A Kartini. Tak hanya untuk dikagumi, patung-patung tersebut biasanya juga mencantumkan penjelasan lengkap soal tokoh terkait.

Itulah tadi sejumlah kegiatan seru di Monas yang bisa dicoba. Jika sobat traveler kebetulan sedang berada di Jakarta dan berniat mengunjungi Monumen Nasional, catat baik-baik dan jangan sampai melewatkan waktu hanya dengan sekedar berfoto-foto. Next

ramadan

5 Kuliner Nendang di Kalimantan Selatan, Rasanya Bakal tak Terlupakan

5 Jejeran Hotel Termewah di Dunia Tahun 2018 Versi TripAdvisor