in ,

5 Kuliner Nendang di Kalimantan Selatan, Rasanya Bakal tak Terlupakan

Kuliner Kalimantan Selatan yang Rasanya Istimewa

Kuliner Kalimantan Selatan

Apa yang pertama kali kamu bayangkan tentang Kalimantan Selatan? Keindahan pantai atau pasar terapungnya? Tak sekedar itu saja, provinsi cantik di bagian selatan Pulau Kalimantan ini juga memiliki makanan khas yang enak banget. Sekali coba, rasanya tidak akan pernah terlupakan. Lalu apa saja sih kuliner Kalimantan Selatan yang enaknya nendang di lidah ini?

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik, Penting Untuk Disimak!

1. Pakasam

Pakasam Kalimantan Selatan
Pakasam Kalimantan Selatan via instagram/@visitkalsel

Kuliner pertama yang khas dari Kalimantan Selatan adalah Pakasam. Menu ini berupa ikan tawar yang difermentasi sehingga rasanya asam. Biasanya, menu ini ditambah dengan cabai dan gula sebelum disajikan sebagai lauk. Seperti rendang, pakasam juga biasa dijadikan menu oleh-oleh. Nah, kamu yang penasaran dengan rasanya, mampirlah ke Mahang Sungai Hanyar, Barabai Hulu Sungai Tengah,Kalimantan Selatan. Banyak ibu-ibu yang terampil yang masih mempertahankan cita rasa aslinya.

Pakasam
Pakasam via instagram/@hairiyanti

2. Manday

Manday Kalimantan Selatan
Manday Kalimantan Selatan via instagram/@nikmah_husna

Pulau Kalimantan tidak hanya terkenal cempedaknya. Ada menu spesial yang menggunakan bahan buah satu ini. Namanya Manday yang juga dikenal dengan Mandai. Menu tersebut terbuat dari kulit cempedak. Nah, bahan ini direndam dengan air garam. Baru, bisa dimasak oseng-oseng dan siap jadi lauk pendamping nasi. Rasanya gurih, sementara teksturnya lembut banget.

Manday
Manday via instagram/@jual_uyah_wadi_banjarmasin

3. Mie Bancir

Mie Bancir Kalimantan Selatan
Mie Bancir Kalimantan Selatan via instagram/@makananbanjar

Kalimantan Selatan juga memiliki mie yang khas banget. Hidangan tersebut bernama Mie Bancir, mie goreng dengan kuah sedikit. Kuahnya sendiri sedikit kental dengan warna kemerahan. Kuah dari mie ini sebenarnya tak beda jauh dengan soto banjar. Seporsinya tidak hanya berisi mie, tapi juga suwiran daging ayam serta taburan seledri dan bawang goreng. Biasanya juga ditambah dengan telur debus yang telah dipotong-potong.

Mie Bancir
Mie Bancir via instagram/@pinklovefood

4. Katupat Kandangan

Katupat Kandangan Kalimantan Selatan
Katupat Kandangan Kalimantan Selatan via instagram/@dewi07112564

Nama Katupat atau Ketupat Kandangan ternyata berasal dari daerah asalnya, yaitu Kandangan. Seporsi kuliner Kalimantan Selatan satu ini berupa ketupat yang dipadukan dengan ikan gabus atau haruan. Sebelum disajikan di atas piring, lauk ikan gabus dipanggang terlebih dahulu. Setelah matang, baru dimasak menggunakan santan dengan bumbu kuning. Baru kemudian lauk serta kuahnya disiramkan di atas ketupat. Beberapa tempat makan juga menaburkan bawang goreng di atasnya agar semakin gurih. 

Katupat Kandangan
Katupat Kandangan via instagram/@sallysetia

5. Soto Banjar

Soto Banjar di Kalimantan Selatan
Soto Banjar di Kalimantan Selatan via instagram/@doyancooking

Pecinta kuliner pasti tak asing lagi dengan soto banjar. Sajian istimewa berupa suwiran ayam, perkedel, rebusan telur, ketupat dan kuah rempah ini sangat mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Namun, terasa kurang jika mencoba di tempat aslinya. Yap, cita rasanya lebih nendang dengan paduan rempah yang lengkap. Ada kayu manis, biji pala, hingga cengkeh yang menjadi tambahan bumbu kuahnya. 

Soto Banjar
Soto Banjar via instagram/@sasmitaedo

Sudah tahukan kuliner Kalimantan Selatan yang memanjakan lidah ini. Rasanya tak perlu diragukan lagi. Jadi, kapan nih liburan ke sini? Next

ramadan
Keseruan di Emmerick Adventure Park

D’Emmerick Adventure Park, Bermain di Alam Bebas Salatiga

Monas

Deretan Kegiatan Seru di Monas, Tak Sekedar Foto-foto