in , , ,

Mengintip Uniknya Desa Sasak Sade di Lombok

Pulau Lombok, salah satu pulau yang masuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu pulau di Indonesia yang keindahannya tidak kalah dengan Pulau Bali yang terletak disebelahnya.

Baca juga : Intip Stylishnya Fashion Liburan Valerie Thomas, Pemeran Web Series The Rebels yang Milenial Banget!

Desa Sasak Sade via Instagram @___shintaaa

Salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Lombok adalah Desa Sasak Sade.  

Desa Sasak Sade

Salah satu bangunan di Desa Sasak Sade (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Desa Sasak Sade merupakan salah satu dusun yang terletak di Rembitan, Lombok Tengah. Desa ini sudah ditetapkan menjadi sebuah desa wisata oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur sejak tahun 1989.

Padi Gogo, salah satu hasil pertanian dari Desa Sasak Sade (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Karena masih dengan baik menjaga kebudayaan dan tradisi yang dimilikinya sejak 600 tahun yang lalu. Dari adat istiadat, bentuk bangunan, hingga gaya hidup kesehariannya.  

Keunikan Desa Sasak Sade

Ada beberapa keunikan yang terlihat di Desa Sasak Sade. Salah satunya adalah masih mempertahankan bentuk bangunan rumah sesuai bentuk bangunan asli dan tradisional.

Didalam rumah Desa Sasak Sade (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Dengan atap yang terbuat dari ijuk, kuda-kuda bangunan yang terbuat dari bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan lantai yang sebagian masih beralaskan tanah dan plester semen.   

Selain itu, dalam tradisi Desa Sasak Sade juga ada kebiasaan mengepel lantai rumahnya dengan kotoran kerbau loh. Whaat???!! Mungkin sebagian dari Teman Traveler juga terkaget-kaget saat mendengar fakta tersebut.

Salah satu bangunan rumah yang dijadikan tempat menyimpan padi di Desa Sasak Sade (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Warga Desa Sasak Sade meyakini, lantai rumah yang dipel menggunakan kotoran kerbau, maka akan menghilangkan serangga, menguatkan struktur bangunan rumah, bahkan mengusir roh jahat yang mengganggu penghuni rumah. Anehnya, walaupun dipel menggunakan kotoran kerbau, rumah-rumah Desa Sasak Sade tidak ada yang bau loh Teman Traveler, ajaib kan?

Gadis Desa Sasak Sade yang sedang menenun (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain bangunan rumah dan kebiasaan unik mengepel lantai rumah dengan kotoran kerbau yang ada di Desa Sasak Sade, ada satu lagi tradisi unik. Ialah para wanita Desa Sasak Sade yang pandai menenun, karena tradisi dan ketrampilan menenun ini memang diwariskan secara turun menurun dari generasi ke generasi.

Ada sebuah aturan adat yang saat ini masih dijaga, yaitu setiap gadis yang sudah cukup umur tidak boleh menikah apabila belum bisa menenun. Wow!  

Akses untuk menuju ke Desa Sasak Sade

Desa Sasak Sade (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Akses untuk menuju ke Desa Sasak Sade sangat mudah Teman Traveler. Karena letak desanya yang berada di pinggir jalan raya utama. Hanya berjarak sekitar 8 km dari Bandar Udara Internasional Lombok Praya dan kurang lebih 30 menit perjalanan menggunakan mobil.  

Jadi jika teman traveler menjadikan Pulau Lombok sebagai destinasi wisata selanjutnya, maka jangan lupa mengunjungi Desa Sasak Sade ya. Desa yang sangat unik dan worth it untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata selanjutnya.  Next

ramadan

Mengenal Grubi, Si Kribo Manis dari Olahan Ubi

Kisah Kampung Pitu Nglanggeran, Kampung Wajib Huni 7 KK