in , , ,

Mengenal Grubi, Si Kribo Manis dari Olahan Ubi

Kuliner yang terbuat dari ubi, tentu banyak sekali macam-macam jajanan sampai makanan berat yang berbahan dasar ubi. Dengan berbagai macam ubi, bisa tercipta beragam makanan yang sangat lezat. Seperti ubi ungu yang sangat banyak varian makanan yang terbuat darinya, ubi kuning, ubi
madu, ubi putih, dan berbagai macam ubi lainnya.

Baca juga : HIK Perahu ISI, Kuliner Malam Solo yang Menggiurkan

Ibu-ibu rumah tangga biasa menyajikan ubi ini hanya dengan di kukus saja dan rasanya sudah sangat enak, apalagi dioleh dengan menggunakan lebih banyak bumbu.

Grubi camilan manis (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Salah satu olahan ubi yang terkenal adalah grubi. Si ubi kribo dengan rasa yang manis ini biasa dibuat dari ubi putih biasa maupun ubi ungu. Dengan rasa manis dari gula jawa cair yang menempul sempurna. Berbentuk bulat kibo dengan tekstur renyah, grubi sangat diminati berbagai kalangan masyrakat.

Si kribo dari olahan ubi (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Parutan panjang ubi yang di bentuk bulat hingga membentuk seperti rambut kribo ini, sangat di gemari banyak orang dan biasa digunakan di berbagai acara sebagai camilan. Grubi bisa ditemui di pasar- pasar tradisional di beberapa daerah di Indonesia. Renyahnya grubi manis sangat cocok untuk menemani saat-saat santai sebagai pendamping kopi.

Timus (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Satu lagi mananan tradisional yang terbuat dari ubi, yaitu timus. Timus banyak ditemukan di daerah Jogja dan Jawa Tengah. Kuliner satu ini terbuat dari ubi yang dikukus dan dihaluskan, kemudian di campur
sedikit tepung lalu digoreng serta diberi tambahan gula. Rasanya cenderung manis dan sangat mengenyangkan, karena kandungan karbohidrat yang ada dalam ubi itu sendiri.

Timus juga dari olahan ubi (c) Rachma Muslikha/Travelingyuk

Timus berbentuk panjang lonjong dengan tekstur yang lembut di dalam. Makanan ini juga cocok disantap sebagai camilan sore maupun suguhan untuk sarapan pagi. Timus juga cocok untuk camilan jika Teman Traveler sedang bekerja dan tidak sempat makan nasi, sehingga bisa mengganjal perut dengan menyantap timus.

Harga dari jajanan ubi ini cenderung sangat murah. Grubi biasanya dibanderol dengan harga Rp500 per biji. Sedangkan timus biasanya dihargai Rp1000 rupiah. Kedua makanan dari olahan ubi ini sangat
disarankan untuk para penyuka makanan manis. Next

ramadan

Mudik Lebaran 2022 Diperbolehkan, Simak Tips Mudik Pakai Motor

Mengintip Uniknya Desa Sasak Sade di Lombok