in ,

Desa Wisata Budaya di Jawa Tengah, Pilihan Liburan Seru di Tengah Destinasi Kekinian

Berkunjung ke Desa Wisata di Jawa Tengah, Liburan Sambil Belajar Budaya

Deretan Desa Wisata di Jawa Tengah
Deretan Desa Wisata di Jawa Tengah

Teman Traveler menyukai segala hal terkait budaya? Ingin agenda liburan yang memuaskan? Kalau begitu, beberapa desa wisata budaya di Jawa Tengah ini bisa menjadi alternatif yang menyenangkan! Mengunjunginya, Teman Traveler akan merasakan dua kesenangan sekaligus; suasana desa yang masih sangat asri dan kebudayaan atau tradisi lokal. Di Jawa Tengah, berikut ini beberapa desa wisata budaya yang bisa disambangi! Simak yuk!

Baca juga : Tidak Melulu Gurih! Warung Ini Sajikan Makanan Terpedas di Solo

1. Desa Wisata Budaya Tanon, Semarang

Desa Menari di Semarang yang Harus Dikunjungi via Instagram/ mr.nanto

Desa Wisata Budaya Tanon di Semarang melabeli dirinya dengan sebutan Desa Menari. Sebelum dikenal sebagai salah satu desa wisata budaya di Jawa Tengah, Dusun Tanon dikenal dengan masyarakatnya yang hidup miskin dan kumuh. Dengan keinginan dari seorang Trisno, desa kumuh ini berubah menjadi desa wisata yang menyenangkan.

Suguhan Tari Tradisional dari Desa Tanon via Instagram/ adi_sunandar

Sebagai desa menari, para pengunjung yang datang ke sini akan disuguhi berbagai pertunjukan tari tradisional. Seperti Tari Topeng Ayu, Kuda Debog, Kuda Kiprah dan Warok Kreasi. Teman Traveler tertarik dengan berbagai jenis tarian tradisional? Datang ke desa wisata ini adalah pilihan yang tepat.

2. Desa Wisata Kandri, Semarang

Berkunjung ke Desa Kandri Bersama Teman via Instagram/ komunitassemarangsetara

Masih di Kota Semarang, desa wisata dan budaya yang akan memberikan Teman Traveler pengalaman baru adalah Desa Wisata Kandri. Penduduk di Desa Kandri masih menjaga dengan baik alam dan budayanya. Setiap tahun, masyarakat Desa Kandri memiliki agenda khusus untuk melestarikan budaya.

Liburan Yuk ke Desa Wisata Kandri! via Instagram/ desawisatakandri

Seperti pertunjukan kesenian wayang kulit, wayang suket, jathilan, ketoprak dan kesenian lesung. Selain itu, ada juga Kirab Sesaji Rewanda yang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Tertarik? Maka agendakan!

3. Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara

Keseruan Dieng Culture Festival via Instagram/ isna_wuwlan

Desa wisata budaya di Jawa Tengah yang satu ini cukup unik secara geografis. Ia berada di pegunungan dataran tinggi Dieng. Terkenal dengan hasil taninya berupa kentang. Desa ini juga berada dekat dengan objek wisata Dieng yang sudah terkenal.

Masyarakat Dieng yang Masih Memegang Budayanya via Instagram/ desawisatadieng

Sajian utama saat berkunjung ke sini adalah kehidupan sehari-hari masyarakat Dieng yang masih kental dengan adat-istiadat. Termasuk di antaranya budaya Ruwatan Rambut Gembel. Acara tersebut menjadi agenda tahunan yang banyak bikin penasaran para wisatawan. Teman Traveler juga, kan?

4. Desa Wisata Candirejo, Magelang

Naik Delman di Desa Wisata Candirejo via Instagram/ the_adventures_of_ricardo_rory

Desa Wisata Budaya Candirejo menyuguhkan kehidupan sehari-hari masyarakat desa setempat sebagai sarana belajar budaya. Berjarak tidak jauh dari Candi Borobudur, desa ini banyak dikunjungi para wisatawan dari dalam atau luar negeri.

Mengikuti Keseharian Masyarakat Desa Candirejo via Instagram/ indoecotours

Berbagai hal, terutama kebiasaan dan adat istiadat warga setempat bisa Teman Traveler pelajari. Seperti upacara adat Nyadran yang digelar pada bulan Ruwah setiap tahunnya. Berlibur ke Desa Wisata Candirejo lalu menginap di rumah penduduknya, akan berikan pengalaman baru. Dijamin!

5. Desa Wisata Budaya Lerep, Semarang

Selamat Datang di Desa Wisata Lerep via Instagram/ dhegarief

Kembali ke Semarang, desa wisata budaya di Jawa Tengah selanjutnya yang bisa menjadi destinasi liburan adalah Desa Wisata Budaya Lerep. Desa ini berada di Ungaran. Desa Lerep memiliki beberapa adat yang menarik untuk diketahui. Masyarakatnya juga masih menjalankan beberapa tradisi yang takkalah untuk diikuti. Seperti Kadeso atau kirab budaya yang merupakan wujud syukur atas berkah dan rezeki. Atau Gejlok Lesung yang merupakan kebiasaan masyarakat setempat untuk menumbuk gabah kering.

Tersedia Juga Spot Foto Kekinian via Instagram/ andre_panigoro12

Pilihan desa wisata budaya di Jawa Tengah, secara garis besar menawarkan warisan tradisi, serta kearifan lokal. Di tengah segala hal berbau kekinian, berkunjung ke sini akan jadi pengalaman berbeda. Bagaimana, tertarik datang langsung? Next

ramadan
Telaga Sunyi Baturaden

Telaga Sunyi Baturaden, Surga di Purwakerto yang Cocok untuk Lepaskan Penat

via Instagram/lets.go.eat

Cakue dan Bapiah Osin di Bandung, Kuliner LegendarisSejak Sebelum Indonesia Merdeka