in ,

Desa Wisata di Papua, Keindahannya Bikin Takjub!

Desa Wisata di Papua yang terkenal indah, bikin pengen cepat liburan!

Desa Wisata di Papua
Desa Wisata di Papua

Berfungsi sebagai fasilitas pendukung baik untuk kegiatan pariwisata dan perekonomian untuk mensejahterakan warga, jumlah desa wisata semakin banyak berkembang. Seperti deretan desa wisata di Papua berikut. Keindahannya membuat banyak wisatawan terhipnotis, lho. Seperti apa ya? Kepoin bareng yuk!

Baca juga : Spa Unik di Negara-negara Asia, Mulai dari Dikubur Dalam Pasir sampai Ditindih Ular Piton

Arborek

Desa Wisata di Papua
Keindahan alam di Desa Wisata Arborek, via Instagram/elenwima

Menjadi pelopor di antara 18 desa di Papua Barat yang memulai untuk mengembangkan peraturan lokal mengenai konservasi laut berbasis kemasyarakatan, Desa Arborek mendapat reputasi luar biasa di antara warga lokal dan internasional. Wisatawan dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat saat memilih homestay yang tersedia.

Teman Traveler dapat menyelam dan menyusuri keindahan bawah lautnya. Selain itu, Arborek juga terkenal akan kerajinan topi dan tas string sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh.

Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek
Dermaga di Desa Sauwandarek, via Instagram/stevenarmandho

Lokasi selanjutnya yang nggak kalah menawan yaitu Desa Wisata Sauwandarek. Berada di barat Waisai, yang merupakan ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, desa masih menjadi bagian dari Mansar Meos.

Hal menarik yang dapat Teman Traveler jumpai yaitu penyu putih di Telaga Keramat, Burung Maleo, serta anyaman topi dan tas dari daun pandan laut. Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan Telaga Yenauwyau yang cantik dari dermaga.

Tablasupa

Pantai di Tablasupa
Pantai di Kampung Tablasupa, via Instagram/amazingpapua

Beberapa waktu lalu, Kampung Tablasupa turut meramaikan Festival Crossborder Skouw 2019 edisi 2 tanggal 20-22 Juni lalu di PLBN Skouw, Jayapura dengan memamerkan kuliner khasnya berupa Martabak dan Terang Bulan dari sagu.

Memiliki rasa yang gurih, hidangan tersebut sering dijadikan oleh-oleh dan biasanya disajikan di sejumlah restoran hotel Papua. Tablasupa juga menyediakan paket liburan area wisata Pantai Amai dan Garlem. Kampung ini juga memiliki kelas snorkeling bagi wisatawan dan masyarakat setempat yang ingin belajar.

Tablanusu

Tablanusu
Desa Tablanusu, via Instagram/hary_gauloises

Satu lagi desa wisata yang dapat Teman Traveler kunjungi ialah Tablanusu. Kampung tersebut siap memanjakan wisatawan dengan keindahan wisata alam berupa pantai, danau, hutan, sejarah, hingga budaya.

Letaknya berada di distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. Salah satu yang menjadi keunikan yaitu sebagian besar wilayahnya diselimuti batu koral hitam. Karena gesekan batu tersebut terdengar menyerupai isak tangis, Tablanusu memiliki julukan dengan nama Kampung Menangis.

Ternyata unik dan menarik banget kan deretan desa wisata di Papua tadi? Adakah yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi? Next

ramadan
KYND Bali

KYND Bali, Nongkrong Serba Pink dan Instagenic

4 Wisata Alam Sulawesi Utara, Ada Bukit Teletubies Dekat Pantai Lho