in , ,

Desa Wisata Lebakmuncang, Pemukiman di Bandung Berbasis Agro Ecotourism

Untuk paket wisatanya sangat murah nih

Kabupaten Bandung memang terkenal dengan alamnya yang begitu memukau. Ditambah lagi udaranya yang sejuk, membuat beberapa tanaman pertanian bisa tumbuh subur di sana. Hal ini pun ternyata mendorong sejumlah penduduk di sana membangun sebuah pemukiman berbasis pertanian. Namanya adalah Desa Wisata Lebakmuncang. Ingin tahu seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Beatus Alfresco Surabaya, Spesialis Kepiting yang Rasanya Juara

Lokasi Desa Wisata

desa wisata lebakmuncang
Pemandangan menuju desa wisata (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Desa wisata ini terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lebakmuncang ini secara mandiri mengembangkan potensi-potensi alam dan budaya masyarakatnya. Itu semua juga didukung dengan pembinaan oleh pemerintah.

Pemandangan Menakjubkan di Desa Wisata

desa wisata lebakmuncang
Lahan pertanian masyarakat desa (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di sepanjang jalan menuju Desa Lebakmuncang, Teman Traveler akan menikmati pemandangan alam menakjubkan. Adanya pengunungan, sawah dan pertanian kebun masyarakat. Hal ini menjadi relaksasi visual yang menenangkan.

Wisata Berbasis Edu Agro Ecotourism

desa wisata lebakmuncang
Hasil perkebunan warga (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Masyarakat Desa Wisata Lebakmuncang, bermata pencaharian sehari-sehari sebagai petani kebun sayuran. Komoditi sayuran yang ada seperti Kol, Seledri, Bawang, Tomat, Cabai, hingga budidaya Jamur Tiram bisa dipelajari dengan praktek langsung di desa ini. Jadi, Teman Traveler yang berkunjung ke sini, bisa belajar banyak tentang pertanian.

Ada Paket Wisata untuk Masuk Desa

Pemandangan perkebunan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Bagi para pengunjung yang datang sebanyak maksimal 50 orang akan ditawarkan paket menginap selama 2 hari 1 malam. Pengunjung hanya membayar Rp. 350.000/orang yang sudah mencakup banyak hal.

Seperti homestay, makan 3 kali, sambutan upacara adat lengser, belajar unggah-unggah tata krama sunda, edukasi pertanian kebun, membuat makanan khas, tracking ke gunung tugu, dan masih banyak lagi.

Itulah sekelumit info tentang Desa Wisata Lebakmuncang di daerah Bandung. Desa ini cukup unik, karena menawarkan fasilitas pembelajaran pertanian bagi para pengunjungnya. Jadi, apa kalian tertarik untuk mengunjunginya? Next

ramadan

6 Kota Bersejarah yang Harus Dikunjungi di Taiwan

Kawah Wurung, Wisata di Bondowoso yang Cantik dan Memesona