in

Danau Labuan Cermin dan 7 Destinasi Seperti Kaca di Dunia

Cave of the Crystals, via instagram

Penampakan alam yang dapat memantulkan refleksi benda di sekitarnya memberikan efek yang luar biasa sedap untuk dipandang. Di sisi lain tempat seperti ini membuat traveler merasa berada di planet lain karena kemilaunya terkadang memantulkan cahaya berwarna-warni bak kristal. Tempat-tempat seperti itu memang nyata dan bisa traveler temui di dunia ini salah satunya ada di Indonesia.

Baca juga : Setiya Aji Flower Farm, Wisata Semarang yang Segar

Tempat-tempat seperti kaca tidak melulu berbentuk kristal es. Lautan dan danau yang mempunyai air sangat jernih bisa memberikan efek seperti kaca. Tengok saja Mirror Lake dan juga Danau Labuan Cermin yang bisa menghipnosis traveler dengan keindahannya. Berikut Travelingyuk kumpulkan, destinasi seperti kaca dari seluruh dunia.

1. Danau Labuan Cermin, Danau Sebening Kaca di Indonesia

Mau lihat penampakan alam yang seperti kaca? Travaler Indonesia tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri, di negeri sendiri pun ada destinasi yang seperti tadi. Segera packing perlengkapanmu dan terbang ke kecamatan Biduk-Biduk, kabupaten Berau, Kalimantan Timur untuk menyaksikan keajaiban sebuah danau yang sebening kaca.

Danau Labuan Cermin, via instagram
Danau Labuan Cermin, via instagram

Pemberian nama Danau Labuan Cermin ini bukan asal-asalan. Kamu musti buktikan sendiri kejernihan air danau ini. Seperti terlihat pada foto traveler di atas, jelas terlihat bahwa perahu yang dinaikinya nampak seperti melayang di udara bukannya mengambang di air. Itulah kenapa danau ini diberi nama Labuan Cermin, selain punya air yang jernih, traveler yang melongok ke dalam danau akan mendapati refleksi dirinya dengan jelas layaknya sedang bercermin.

2. Mirror Lake, Danau-Danau Cermin di Berbagai Negara

Ada alasan mengapa sebuah danau dinamakan Mirror Lake atau Danau Cermin. Danau seperti ini umumnya mempunyai air yang bersih dan jernih sehingga sanggup memantulkan bayangan dari bukit-bukit di sekitarnya juga pepohonan, burung, awan di langit dengan sangat mendekati sempurna. Traveler tahu dimana letak Mirror Lake?

Mirror Lake di Selandia Baru, via instagram
Mirror Lake di Selandia Baru, via instagram

Indonesia punya satu yang kemudian diberi nama Danau Labuan Cermin. Tapi ada banyak danau yang tersebar di penjuru dunia yang juga mengambil nama Mirror Lake lantaran memiliki segala kelebihan yang telah disebutkan diatas. Danau-danau tersebut bisa ditemukan di California, Tuftonboro di New Hampshire, New York, Ohio, Wallowa dan Clackamas County di Oregon, Utah, Wisconsin dan Winter Haven di Florida. Jika danau dalam foto di atas adalah Mirror Lake yang berada di Selandia Baru.

3. Five Flower Lake, Danau Kebanggaan Rakyat China

Five Flower Lake adalah sebuah danau yang menjadi kebanggaan rakyat China. Bagaimana tidak bangga, daerah perkotaan China selama ini dikenal sebagai salah satu daerah paling berpolusi di dunia. Namun jauh di sudut negaranya masih terdapat penampakan alam yang luar biasa indah seperti danau ini.

Five Flower Lake, via instagram
Five Flower Lake, via instagram

Tidak seperti kebanyakan danau-danau lain di dunia yang dasarnya tidak terlihat atau kalaupun terlihat yang ada isinya lumpur atau pun sampah. Dasar Five Flower Lake isinya adalah potongan kayu dan ranting pohon. Jika dilihat dari atas, kayu-kayu yang ada di dalam danau ini nampak dibatasi oleh kaca atau kristal bening di atasnya yang tidak lain adalah permukaan air danau. Efek seperti kaca bisa traveler temukan saat mengunjungi danau di Taman Nasional Jiuzhaigon, China ini.

4. Salar de Uyuni, Padang Garam Seperti Cermin Raksasa

Sudah tahu Salar de Uyuni? Tempat ini adalah padang garam terbesar di dunia yang menempati danau prasejarah bernama Danau Michin yang mengering. Luas Salar de Uyuni mencapai lebih dari 10.582 kilometer persegi dan terletak di barat daya dari negara Bolivia. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di danau ini hingga berhasil membuat banyak traveler datang ke lokasi.

Salar de Uyuni, via instagram
Salar de Uyuni, via instagram

Salar de Uyuni pada musim hujan akan digenangi air. Air yang menggenang tidak terlalu dalam hanya sekitar 15-50 cm saja. Pada waktu itu akan banyak traveler dunia yang datang ke padang garam ini. Apa yang mereka cari? Tentu saja para traveler mau menyaksikan keajaiban dari danau yang sanggup memantulkan bayangan benda dengan sempurna layaknya sebuah cermin raksasa. Bukan hanya itu di sekitar padang garam ini juga sering terlihat kawanan spesies langka dari flamingo pink dan tumbuhan kaktus.

5. Glass Beach, Pantai Panuh Pecahan Beling

Kalian pasti akan keheranan melihat pantai berikut ini. Foto tersebut bukan diambil di dalam studio foto tidak pula editan multimedia tapi benar-benar di ambil di sebuah pantai nyata yang ada di dunia. Yap pantai ini tidak punya pasir putih, hitam, pink atau warna lainnya tapi pasir pantainya berupa pecahan beling berwarna-warni. Kog bisa?

Glass Beach, via instagram
Glass Beach, via instagram

Berada di dalam Taman Nasional MacKerricher, dekat Kota Fort Bragg, California, pantai dengan tumpukan beling ini bernama Glass Beach atau pantai kaca. Awalnya pada tahun 60-an pantai ini dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga Kota Fort Bragg. Sampah yang dibuang tidak tanggung-tanggung, yaitu semisal kaca, peralatan dapur hingga mobil bekas. Selam puluhan tahun ombak pantai membuat pecahan kaca menjadi bebatuan bak kristal seperti sekarang. Ajaibnya batuan beling tersebut tidak lagi tajam melainkan pipih dan tumpul serta lembut. Keren!

6. Ice Caves, Seperti di Planet Lain

Tempat yang paling berkilau di dunia mungkin ada di Islandia. Negara dengan segudang pesona alam yang indah dan menjadi buruan traveler dunia. Islandia dikenal mempunyai banyak sekali gua es terutama pada musim dingin. Saat itu akan ada tur berkeliling gua es yang menakjubkan seperti terlihat di dalam foto di bawah ini.

Ice Caves, via instagram
Ice Caves, via instagram

Banyak sekali traveler yang antusias mengikuti tur ke dalam gua es di Islandia. Sebab tur jenis ini memberikan pengalaman eksklusif bagi setiap traveler yang datang. Alasannya simpel, setiap musim dingin gua es yang terbentuk mempunyai karakteristik dan pola yang berbeda. Bahkan di gua yang sama dari satu hari ke hari berikutnya akan didapatkan pemandangan yang berbeda. Hal ini disebabkan karena lapisan es di dalam gua bersifat dinamis menyesuaikan cuaca, kadang menjadi tebal kadang menipis itulah yang menyebabkan dinding gua es selalu menghadirkan warna yang berbeda.

7. Cave of the Crystals, Penampakannya Bak di Planet Kripton

Mau lihat penampakan Planet Kripton, planet asal Superman? Mungkin kamu perlu mempertimbangkan berkunjung ke Cave of the Crystals. Gua ini terletak di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko. Ratusan kristal raksasa berukuran tinggi 12 meter menggantikan struktur stalaktit dan stalakmit yang selama ini menjadi ciri khas suatu gua.

Cave of the Crystals, via instagram
Cave of the Crystals, via instagram

Cave of Crystal ditemukan pada tahun 2010 di kedalaman 304,8 meter. Penemuan gua tersebut dianggap sebagai penemuan geologi dan mineralogi paling spektakuler. Di dalam gua ditemukan 170 kristal setinggi 12 meter dengan diameter sekitar 2 meter. Hanya saja traveler tidak bisa berlama-lama menikmati keindahan gua tersebut lantaran suhu di dalam gua bisa mencapai 60 derajat celcius.

8. Lake Huron, Bisa Melihat Bangkai Kapal Dari Permukaan

Sudah menjadi rahasia umum jika Danau Huron adalah satu dari lima danau air tawar terbesar yang ada di benua Amerika. danau ini dimiliki bersama antara Amerika Serikat dan Kanada. Luas permukaan Danau Huron mencapai 59.596 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal sekitar 229 meter.

Lake Huron, via instagram
Lake Huron, via instagram

Danau Huron bersama danau-danau lain seperti Danau Superior, Michigan, Erie dan Danau Ontario membentuk satu kesatuan yang kemudian disebut dengan “The Great Lakes.” Faktanya danau ini telah digunakan untuk pelayaran sejak abad ke-17. Dengan begitu dilaporkan pula bahwa banyak kapal yang tenggelam di danau ini. Beberapa bangkai kapal besar bisa traveler lihat di perairan dangkal danau. Bersampan di atas bangkai kapal tenggelam di Danau Huron memberi sensasi seperti mengarungi daerah berkaca.

Itulah destinasi wisata di dunia dengan pemandangan alam seperti kaca. Mungkin di luar sana masih banyak tempat serupa yang membuat kita takjub. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

10 Destinasi Wisata Kabupaten Indramayu, Kota Mangga Sejuta Pesona

4 Jajanan Super Unik yang Hanya Ada di Solo