in ,

10 Destinasi Wisata Kabupaten Indramayu, Kota Mangga Sejuta Pesona

Taman Kali Cimanuk, via instagram

Ayo ikut Travelingyuk jelajahi potensi wisata di Kabupaten Indramayu. Belum tahu dimana Indramayu? Kabupaten ini berada di provinsi Jawa Barat yang wilayahnya dibatasi oleh 4 kabupaten, dari barat ke timur ada kabupaten Subang, Sumedang, Majalengka dan Cirebon serta Laut Jawa di bagian utara.

Baca juga : Nikmatnya Gule Pikul, Rasa Unik dengan Perpaduan Sambal Kacang

Kabupaten Indramayu punya julukan Kota Mangga lantaran di wilayahnya banyak sekali buah mangga dan menjadi salah satu daerah penghasil mangga terbesar di Indonesia. Selain dikenal sebagai daerah penghasil buah mangga, Indramayu juga punya potensi wisata yang besar. Pantai-pantai di bagian utara bisa menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Yuk kita kupas satu persatu destinasi wisata di Indramayu.

1. Mengunjungi Pantai Karangsong dan Nikmati Berkeliling Hutan Bakau

Bagian utara Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa yang membuatnya punya banyak potensi berupa pantai yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. Salah satu pantai yang cukup terkenal sebagai tempat wisata adalah Pantai Karangsong di desa Karangsong, kecamatan Indramayu, kabupaten Indramayu.

Hutan Mangrove Pantai Karangsong, via instagram
Hutan Mangrove Pantai Karangsong, via instagram

Menilik sejarah, pantai ini sebelumnya hanyalah pantai biasa hingga pada suatu ketika pantai Karangsong tercemar tumpahan minyak mentah. Dari sana kemudian dilakukan pembersihan dan reboisasi hutan bakau di kawasan pantai. Kini wajah pantai Karangsong nampak jauh lebih segar. Wisatawan diberi pilihan berkeliling hutan bakau dengan menyewa perahu.

2. Waduk Cipancuh, Destinasi Alternatif Untuk Rekreasi dan Fotografi

Waduk Cipancuh adalah alternatif pilihan rekreasi di tempat berair selain pantai di Indramayu. Letak waduk ini ada di desa Cipancuh, kecamatan Haurgeulis. Waduk ini memang belum setenar Situ Bolang yang memang telah menjadi jujugan wisatawan untuk rekreasi. Namun waduk ini mulai naik daun karena foto-foto view yang diambil dari waduk ini lumayan bagus.

Waduk Cipancuh, via instagram
Waduk Cipancuh, via instagram

Memang paling tepat berkunjung ke Waduk Cipancuh pada musim hujan saat air waduk mulai terisi. Pasalnya saat kemarau debit air waduk yang dibangun pada pemerintahan Hindia-Belanda ini akan menyusut drastis hingga kering dan mengurangi nilai estetika jika di foto. Waduk seluas 700 hektar ini kesehariannya digunakan sebagai penampungan air hujan dan irigasi.

3. Pantai Tirtamaya, Destinasi Melihat Sunrise dan Sunset yang Keren

Kembali lagi kita jelajahi wilayah utara dari Indramayu, kali ini sambangi kawasan kecamatan Juntinyuat. Di kecamatan tersebut ada sebuah pantai yang katanya menjadi tempat untuk berburu sunrise dan sunset. Adalah Pantai Tirtamaya, lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuatnya banyak dikunjungi kawula muda.

Pantai Tirtamaya, via instagram
Pantai Tirtamaya, via instagram

Pantai Tirtamaya hanya berjarak 20 kilometer dari pusat kota Indramayu yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama kurang dari satu jam. Seperti pantai utara lainnya, ombak Pantai Tirtamaya tidak terlalu besar sehingga banyak wisatawan yang dengan nyaman berenang di pesisirnya. Pantai ini memang menjadi salah satu yang paling populer di Indramayu, pemerintah kabupaten telah turun tangan sendiri untuk mengelolanya.

4. Pulau Biawak, Pulau Eksotis di Utara Indramayu

Jika wisatawan mau obyek wisata yang lebih keren lagi bisa menyeberang sejauh 40 kilometer di seberang Laut Jawa di utara Indramayu. Di lepas pantai terdapat pulau kecil yang menjadi rumah dari hewan Biawak sehingga dinamakan dengan Pulau Biawak. Ukuran pulau ini hanya sekitar 120 hektar tapi pulau ini memiliki bangunan peninggalan Belanda yang cukup bersejarah.

Pulau Biawak, via instagram
Pulau Biawak, via instagram

Di dalam Pulau Biawak ini terdapat mercusuar yang dibangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Wisatawan bisa naik ke puncak mercusuar dan melihat pemandangan sekeliling pulau yang keren. Selain menikmati pemandangan di darat, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving. Alam bawah laut Pulau Biawak cukup keren lho.

5. Menikmati Senja di Pantai Balongan Indah

Masih di deretan pantai-pantai utara kabupaten Indramayu. Kali ini ada pantai Balongan Indah yang letaknya di kecamatan Balongan. Pantai Balongan Indah punya garis pantai yang cukup luas, berpasir cokelat dan ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai Balongan Indah, via instagram
Pantai Balongan Indah, via instagram

Umumnya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Balongan Indah menyempatkan diri untuk bersenang-senang di laut sambil berenang. Pantai ini telah terkelola dengan cukup baik. Tersedia banyak tempat pemandian untuk wisatawan yang mau berbilas setelah bermain-main di air asin. Pemandangan pantai Balongan Indah paling keren saat pagi dan sore menjelang matahari terbenam.

6. Mencicipi Kuliner Seafood di Pantai Glayem

Kurang lengkap rasanya jika berkeliling pantai di Indramayu tanpa mencicipi olahan ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Untuk menyalurkan nafsu makan, paling tepat dengan berkunjung ke Pantai Glayem. Mengapa demikian? Ada mitos yang berkembang di masyarakat Indramayu bahwa setiap nelayan yang singgah di pantai ini maka jika berangkat menangkap ikan akan dapat banyak jika pulang ikannya akan laris manis terjual dengan rasa yang lebih enak.

Pantai Glayem, via instagram
Pantai Glayem, via instagram

Pantai Glayem terletak di kecamatan Juntinyuat dan berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat ibukota Indramayu. Wisatawan yang berkunjung juga bisa foto-foto dengan latar belakang pantai yang dipenuhi beton pemecah ombak yang keren.

7. Taman Kali Cimanuk, Tempat rekreasi Baru di Indramayu

Belum lama ini warga Indramayu punya satu tambahan tempat rekreasi yang letaknya berada di pusat kota dan mudah sekali dijangkau. Tempat wisata itu bernama Taman kali Cimanuk yang letaknya tepat berada di belakang Masjid Agung Indramayu.

Taman Kali Cimanuk, via instagram
Taman Kali Cimanuk, via instagram

Selain dekat dengan kawasan masjid agung, taman ini juga berada dekat dengan Pendopo Kabupaten Indramayu. Taman kali Cimanuk dibangun di bawah jembatan di pinggir sungai sehingga tempat ini menjadi ruang terbuka hijau di tengah kota yang pas untuk ngadem. Tempat ini menjadi jujugan rekreasi baru anak-anak muda di Indramayu.

8. Pantai Dadap, Masih Sepi dan Alami

Jika mau suasana pantai yang alami dan masih sepi kunjungi saja Pantai Dadap yang terletak di desa Dadap, kecamatan Juntinyuat, kabupaten Indramayu. Pantai ini belum banyak dijamah wisatawan, yang ada hanya para nelayan yang melabuhkan perahunya di sepanjang pesisir pantai.

Pantai Dadap, via instagram
Pantai Dadap, via instagram

Pantai Dadap masih relatif sepi, belum ada penjual makanan di sekitar lokasi. Jadi jika berkunjung ke pantai ini sebaiknya bawa bekal sendiri dari rumah. Suasana yang sepi inilah yang menjadi kelebihan Pantai Dadap yang artinya kamu bisa lebih santai menikmati keindahan alam.

9. Pantai Eretan, Saksi Bisu Pendaratan Pasukan Jepang di Bumi Pertiwi

Pantai Eretan adalah pantai yang terletak di Jalur Lintas Utara Jawa alias Jalur Pantura. Oleh karena itu akses menuju ke pantai ini pun dalam kondisi yang sangat baik. Kemudahan akses tentu saja membuat minat wisatawan untuk berkunjung cukup besar apalagi pantai ini memang telah dikelola dengan baik oleh pemkab setempat.

Pantai Eretan, via instagram
Pantai Eretan, via instagram

Pantai Eretan wajib kamu masukkan dalam daftar kunjungan selama berada di Indramayu. Selain punya pemandangan pantai yang indah, pantai ini juga mempunyai sejarah panjang dimana menjadi tempat pertama pendaratan pasukan Jepang di negeri ini. Di sinilah pasukan Jepang pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia dan memulai perlawanan terhadap Belanda yang telah menguasai negeri ini selama beratus-ratus tahun.

10. Pantang Pulang Tanpa Bawa Mangga

Setelah puas menjelajahi obyek wisata di kabupaten Indramayu saatnya berburu buah tangan sebelum pulang. Banyak oleh-oleh khas yang bisa ditemukan di kota ini tapi hanya satu yang mungkin paling mewakili kekhasan Indramayu yakni buah mangga.

Mangga Indramayu, via instagram
Mangga Indramayu, via instagram

Cukup jelas mengapa wisatawan yang berkunjung ke Indramayu wajib pulang dengan membawa oleh-oleh buah mangga. Daerah ini dijuluki sebagai Kota Mangga jadi rasanya aneh jika pulang tanpa membawa buah mangga yang dipetik langsung di kota penghasilnya. Ada dua desa yang bisa wisatawan kunjungi untuk mendapatkan buah mangga yakni desa Krasak, kecamatan Jatibarang dan desa Jambak di kecamatan Cukedung. Jangan lupa datangnya pada musim panen sekitar bulan Agustus hingga Desember.

Masih ada yang terlewatkan? Silahkan dilengkapi tempat-tempat mana saja yang paling direkomendasi untuk dikunjungi namun belum Travelingyuk sebutkan. Yang pasti secara keseluruhan destinasi wisata di Indramayu memang tidak akan mengecewakanmu. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Uniknya Nordlingen, Kota di Dalam Kawah Meteor

Danau Labuan Cermin dan 7 Destinasi Seperti Kaca di Dunia