in ,

Semarakkan Natal Bersama Keluarga, Kunjungi 5 Destinasi Religi Populer di Indonesia

Menimba inspirasi batin di kawasan religi

Perayaan Natal dan Tahun Baru akan segera tiba. Sudahkah Teman Traveler merencanakan mau berlibur ke mana nantinya? Nah, biasanya di momen ini, destinasi religi menjadi tujuan populer wisatawan, baik sendiri maupun bersama keluarga. Berikut beberapa di antaranya!

Baca juga : Singgahi Wisata Religi di Banyumas, Menilik Sisi Lain di Kota Dawet Ini

1. Bukit Salib Kasih, Tapanuli Utara

Bukit Salib Kasih di Tapanuli Utara via Shutterstock

Destinasi religi yang satu ini berlokasi di Bukit Dolok, Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Berjarak sekitar 2 kilometer dari Kota Tarutung, tempat ini dibangun untuk mengenang jasa misionaris Kristiani yang berasal dari Jerman, DR. Ingwer Ludwig Nommensen.

Di sini, Teman Traveler akan melihat Salib raksasa yang ditopang 3 tiang di bawahnya. Di bawahnya terdapat sebuah ruang doa yang biasa dipakai jemaat Kristiani lintas denominasi untuk beribadah. Destinasi religi ini juga jadi spot foto instagramable mengingat pemandangannya yang indah dan estetik.

2. Graha Maria Annai Velangkanni, Medan

Tempat ziarah Maria Annai Velangkanni via Shutterstock

Destinasi religi populer selanjutnya adalah Graha Maria Annai Velangkanni. Berlokasi di Kota Medan, tempat ziarah ini diresmikan pada tahun 2005 untuk menghormati Santa Maria, Sang Bunda Penyembuh.

Desain bangunannya yang bergaya India-Mogul semakin menegaskan bukti sejarah yang menunjukkan sebagian umat Katolik yang ada di Medan beretnis Tamil. Banyak umat dari berbagai penjuru Indonesia datang ke sini untuk beribadah dan mencari inspirasi batin.

3. Gereja Katedral Jakarta

Interior Katedral Jakarta via Shutterstock

Siapa yang tidak kenal dengan destinasi religi populer yang satu ini? Gereja Katedral Jakarta merupakan tempat ibadah umat Katolik yang dikunjungi banyak kalangan. Hal ini juga mengingat letaknya yang berada di ibukota dan merupakan pusat administrasi Keuskupan Agung Jakarta.

Selain itu, gereja yang dibangun pada akhir abad 19 ini menjadi simbol kerukunan umat beragama, mengingat bangunannya berada tepat di seberang Masjid Istiqlal. Beraneka kegiatan lintas iman juga diadakan guna menyambung tali silaturahmi.

4. Gua Maria Sendangsono, Jawa Tengah

Image may contain: one or more people and outdoor
Gua Maria Sendangsono via Instagram/lilieshawati

Destinasi religi ini memang sudah sangat terkenal bagi umat Katolik yang tinggal di Jawa. Meskipun jarang dibahas media nasional, namun lokasi yang dipercaya sebagai salah satu tonggak penyebaran agama Katolik di Indonesia ini selalu ramai dikunjungi para peziarah. Mata air sucinya konon mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, desain Gua Maria Sendangsono sangat estetik dan instagramable. Semua ini berkat tangan dingin seorang imam Katolik sekaligus arsitek legendaris, Rm. Y.B. Mangunwijaya, S.J. yang berhasil memoles tempat ziarah ini dengan apik. Berkatnya, Gua Maria ini berhasil memenangkan penghargaan dari Ikatan Arsitek Nasional (IAI).

5. Patung Yesus Memberkati, Toraja

Patung Tuhan Yesus Memberkati di Tana Toraja via Shutterstock

Destinasi religi ini berada di atas puncak bukit Buntu Burake dengan ketinggian 1.700 mdpl. Tinggi badannya sendiri mencapai 45 meter, mengalahkan Patung Yesus Penebus di Rio de Jeneiro, Brasil yang hanya setinggi 38 meter. Dibangun pada tahun 2015, destinasi ini bertujuan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja.

Selain itu, posisi patung yang merentangkan tangan ke arah pusat kota seolah-olah menunjukkan Yesus yang sedang memberkati Tana Toraja beserta seluruh penduduknya. Hal inilah yang makin membuat daya tariknya makin populer.

Itulah tadi deretan destinasi religi populer yang harus Teman Traveler kunjungi dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. Sudah siap berlibur dan mencari inspirasi batin? Next

ramadan
Bangunan Unik Biji World

Biji World Ubud, Surga Tersembunyi di Belakang Showroom Mobil

D’riam Riverside, Serunya Berfoto Ria Sampai River Tubing