in , , , ,

Pilihan Wisata Alam hingga Religi di Lereng Gunung Muria Kudus

Destinasi Wisata di Kudus, Jawa Tengah

Lereng Gunung Muria
Lereng Gunung Muria
img_20190420_102807_CKE.jpg
Menara Kudus salah satu ikon Kabupaten Kudus (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Kabupaten Kudus dikenal sebagi salah satu pusat perkembangan agama Islam di Jawa. Kentalnya ajaran Islam sangat kentara di daerah ini. Hal tersebut juga tak lepas dari adanya tiga makam sunan di Kudus. Maka tak heran Kudus selalu menjadi tujuan zirah umat Islam.

Baca juga : Wisata Mistis Namun Instagenic di Jogja, Kisahnya Bikin Penasaran dan Spotnya Menawan!

Namun, selain menyimpan daya tarik religi, Kudus juga memiliki objek wisata yang tak kalah menarik dari daerah-daerah lain. Di lereng Gunung Muria yang sebagian masuk wilayah Kudus ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Wisata apa saja yang bisa teman Traveler kunjungi di lereng Gunung Muria? Yuk simak penjelasannya.

Ziarah Makam Sunan Muria

dsc_0196_6HF.JPG
Anak tangga menuju Makam Sunan Muria (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Berkunjung ke Kudus memang tak jauh-jauh dari wisata religi. Selain mendekatkan diri pada wali Allah, ziarah juga salah satu menghargai dan mendalami penyebar agama Islam di masa lalu. Salah satunya adalah Sunan Muria.

Sunan Muria atau dikenal dengan nama Raden Umar Said. Beliau tak lain adalah salah satu dari Walisongo. Semasa hidupnya Sunan Muria melakukan dakwah di daerah –daerah terpencil, salah satunya di lereng Gunung Muria. Yang jaraknya sekitar 19 kilometer dari kota Kudus. Sampai akhirnya ia dimakamkan di sana.

Ada yang unik dari makam Sunan Muria. Bagi teman Traveler yang hendak berziarah harus melewati jalan yang lumayan melelahkan. Setidaknya ada sekitar 400-an anak tangga yang harus dilewati untuk mencapai makam Sunan Muria. Tapi jangan khawatir sebab sudah ada jasa ojek yang
bakal mengantar teman Traveler hingga ke area makam.

Air Terjun Montel

img_20190420_130129_YPq.jpg
Air Terjun Montel (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Air Terjun Montel bisa dikatakan sebagai tempat rehat yang nyaman. Lokasinya masih di lereng Gunung Muria. Tak jauh pula dari makam Sunan Muria. Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Ketika musim hujan air yang mengalir begitu deras dan sejuk.

Suasana yang masih asri karena berada di kaki gunung membuat Air Terjun Montel cocok untuk liburan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi teman Traveler bakal disajikan pemandangan area hutan yang hijau.

Meski berada di lereng gunung, tetapi Air Terjun Montel selalu ramai dikunjungi. Di lokasi pun sudah disediakan persewaan baju/celana bagi pengunjung yang ingin merasakan mandi di air terjun. Selain itu beberapa warung siap menyambut pengunjung yang lapar seusai bermandi air terjun.

Air Tiga Rasa

img_20190420_135538_SYz.jpg
Pengunjung meminum air tiga rasa (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Selanjutnya adalah air tiga rasa. Lokasinya di atas Air Terjun Montel. Untuk mencapai lokasi dengan berjalan kaki cukup memakan waktu. Namun sudah ada ojek bagi teman Traveler yang tak ingin capek berjalan kaki.

Air tiga rasa adalah sumber mata air yang memiliki rasa yang berbeda. Selain untuk berziarah, sesekali pengunjung yang datang berniat untuk mencoba meminum air tersebut. Menurut kepercayaan memang air tiga rasa memiliki khasiat tersendiri. Maka tak heran jika ada pengunjung yang membawa botol untuk diisi air tiga rasa dan dibawa pulang.
Penasaran ingin mencoba air tiga rasa?

Puncak Gunung Muria

10418897_568595426608517_7242259915429347343_n_fex.jpg
Salah satu rute pendakian Gunung Muria (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Gunung Muria memiliki ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Selain menjadi tempat wisata religi karena adanya makam pemuka agama di sini, Gunung Muria juga tak kalah menarik sebagai tujuan pendaki.

Ketinggian Gunung Muria memang standar untuk mendaki. Meski demikian, rute yang dihadirkan pun tak kalah menantang dengan gunung-gunung lain. Begitupun dengan pemandangan di atas puncak. Puncak tertinggi yang diberi nama puncak Songolikur tersebut menyuguhkan keindahan panorama dari ketinggian. Bahkan puncak lainnya seperti Argowiloso pun tak kalah menawan.

Berkunjung ke Kudus tak melulu soal wisata religi. Tak pula identik dengan kreteknya. Namun, teman Traveler patut mencoba berkunjung ke lereng hingga puncak Gunung Muria jika ingin menjajaki wisata religi sampai alamnya. Yuk, atur waktu liburan ke Kudus! Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Mercusuar Anyer, Bukti Sejarah Pembangunan Jalan Anyer-Panarukan

Mercusuar Anyer, Bukti Sejarah Jalan yang Memakan Ribuan Korban

4 Bakso dengan Nama Anti Mainstream, Salah Satunya Comberan