in , , ,

Mercusuar Anyer, Bukti Sejarah Jalan yang Memakan Ribuan Korban

Wisata sejarah, Mercusuar Anyer menjadi Bukti Pembangunan Jalan Anyer-Panarukan

Mercusuar Anyer, Bukti Sejarah Pembangunan Jalan Anyer-Panarukan
Mercusuar Anyer, Bukti Sejarah Pembangunan Jalan Anyer-Panarukan
20190808_133441_iEA.jpg
Mercusuar Anyer via Sri Yana Sari

Mercusuar Anyer

Mercusuar anyer ini merupakan titik nol kilometer atau titik awal dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Daendles. Pada pintu masuk mercusuar ini Teman Traveler dapat melihat bahwa mercusuar ini dibangun pada tahun 1885. Mercusuar Anyer pada saat itu di bangun untuk sarana bantu navigasi kapal di laut.

Baca juga : Aneka Kue Khas Lebaran dari Nusantara, Hidangan Hari Raya Makin Kaya

20190808_133622_pnp.jpg
Monumen Titik Nol Kilometer via Sri Yana Sari

Lokasi Mercusuar Anyer

Mercusuar Anyer ini berada di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Anyer, Banten. Mercusuar Anyer ini biasa disebut sebagai “Menara Bojong” atau juga “Mercusuar Cikoneng” oleh sebagian orang daerah anyer. Jika kalian pendatang dan belum tau jalan. Bisa juga mengikuti arahan dari google map atau naik kendaraan umum dan mengatakan kepada supirnya bahwa anda ingin ke Menara Bojong maka kalian akan di turunkan didekat mercusuar.

20190808_134357_EJZ.jpg
Mercusuar Anyer via Sri Yana Sari

Tiket Masuk Ke Mercusuar Anyer

Untuk tiket masuknya pun sangat terjangkau kawan Teman Traveler hanya perlu membayar Rp 10.000/motor dan sudah bisa masuk dan berkeliling di sekitar Mercusuar Anyer. Kalian juga bisa naik sampai lantai 2 mercusuar ini dan jika ingin sampai puncak mercusuar hanya di buka pada hari-hari tertentu. Untuk jam bukanya mercusuar ini mulai buka pukul 07.00-00.00 WIB. Teman Traveler bisa puas jalan-jalan sampe malam disini apalagi jika pergi saat sore sambil liat sunset.

20190808_134623_iBc.jpg
Pintu Masuk Mercusuar via Sri Yana Sari
20190808_133640_iGK.jpg
Pantai Anyer via Sri Yana Sari

Detail Mercusuar

Mercusuar Anyer ini memiliki tinggi mencapai 75,5 meter dan terdiri dari 18 tingkat yang di hubungkan oleh 286 anak tangga. Mercusuar ini memiliki desain yang jika semakin ke atas maka akan semakin sempit. Pada bagian puncak mercusuar kalian akan dapat melihat lampu yang berfungsi untuk petunjuk kapal-kapal yang melintas di perairan laut Banten bagian utara.

20190808_134526_d3d.jpg
Bangunannya Yang Menjulang Tinggi via Sri Yana Sari
20190808_134434_2rm.jpg
Monumen Mengenang Letusan Gunung Krakatau via Sri Yana Sari

Tersedia Juga Penginapan

Bagi kalian yang datang dari luar kota dan ingin merasakan lebih lama lagi berada di Mercusuar Anyer yang bersejarah atau berada di titik nol kilometer Anyer kalian dapat menyewa penginapan untuk beristirahat sambil menikmati suasana di sekitar pantai kawasan Anyer.

20190808_134100_9Ce.jpg
Terdapat Beberapa Penginapan via Sri Yana Sari

Fasilitas di Mercusuar Anyer

Untuk fasilitas di dalam penginapan cukup lengkap, mulai dari mushola, tempat parkir yang sangat luas dan toilet. Terdapat juga beberapa penjual makanan dan minuman, penjual cemilan atau es jadi Teman Traveler dapat membeli cemilan sembari bersantai sore di sini.

20190808_134341_UGl.jpg
Terdapat Beberapa Penginapan via Sri Yana Sari

Sport Foto Yang Instagramable

Yang menarik dari Mercusuar Anyer ini bukan hanya bangunannya yang menjulang tinggi. Tapi juga pemandangan ketika sorenya yang bagus. Menjelang sore, merupakan saat yang pas untuk berkunjung ke Mercusuar Anyer. Dari titik nol kilometer Anyer ini kita dapat melihat matahari perlahan-lahan tenggelam di sebelah timur dengan dihiasi warna jingga yang indah. Berfoto dengan background sunset akan sangat bagus. Next

ramadan
Pesona Gigi Hiu yang Instagramable dan Menguji Adrenalin

Pesona Gigi Hiu yang Instagramable dan Menguji Adrenalin

Lereng Gunung Muria

Pilihan Wisata Alam hingga Religi di Lereng Gunung Muria Kudus