in

Menjelajahi Destinasi Wisata Kota Juang, Bireuen yang Belum Banyak Dikenal Orang

Air Terjun Cicareu [image source]

Kota Bireun mungkin masih kalah pamor dengan objek wisata Aceh lainnya seperti Lhokseumawe. Namun kawasan yang mendapatkan julukan sebagai Kota Juang ini memiliki banyak potensi wisata yang memukau. Di kota yang berbatasan dengan Laut Andaman ini, kamu bisa menemukan sederet destinasi cantik mulai dari pantai, air terjun, hingga wisata kuliner yang nikmat.

Baca juga : Ini Pantai di Lombok yang Punya Karang Unik Berbentuk Payung

Di Kota Juang, kamu bisa menikmati sejarah-sejarah masa lalu mulai dari tempat perlawanan terhadap Belanda hingga lokasi yang pernah menjadi markas dari GAM. Yuk, langsung saja, inilah destinasi wisata di Bireuen, Nangroe Aceh Darussalam.

1. Pantai Peunelet Baroh

Ilustrasi pantai Peunelet Baroh [image source]
Ilustrasi pantai Peunelet Baroh [image source]
Pantai Peunelet Baroh adalah salah satu pantai terindah yang terletak di Biereun. Kota ini bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi dengan waktu tempuh 15 menit saja. Di pantai yang berbatasan langsung dengan Laut Andaman ini, kamu bisa menemukan hamparan pasir putih yang indah. Selain itu, air laut yang biru kadang berombak cukup tinggi sehingga cukup menantang untuk olahraga air.

Ilustrasi pantai [image source]

2. Batee Iliek

Batee Iliek [image source]
Batee Iliek [image source]
Batee Ilinek adalah destinasi wisata yang mulai banyak dikunjungi di Bireuen. Terletak di kecamatan Samalanga, kamu bisa menikmati pemandian yang segar karena airnya berasal dari gunung. Hal seru lain yang bisa didapatkan di Betee Iliek adalah adanya olahraga air berupa arung jeram atau sekadar tubing dengan ban kecil. Aliran air sungainya yang cukup deras dan berbatu bisa memacu adrenalin hingga ke puncak.

Bate Ilinek [image source]

3. Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun Cicareu [image source]
Air terjun Ceuraceua adalah rangakian air terjun yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Sebelum sampai menuju sana, kamu harus menembus perkebunan pala milik penduduk dan juga hutan yang cukup lebat. Akses menuju kawasan itu cukup menantang namun sensasi yang akan kamu dapatkan tidak akan bisa di lupakan. Ternyata di kawasan Taman nasional Gunung Leuser ada surga tersembunyi yang indah seperti ini.

Air Terjun Cicareu [image source]

4. Pantai Calok Samalanga

ilustrasi Pantai Calok Simalanga [image source]
ilustrasi Pantai Calok Simalanga [image source]
Pantai Calok Samalaga terletak di kawasan Desa Calok, Bireun atau 36 kilometer dari pusat kota. Di sini kamu bisa melakukan kegiatan menyenangkan seperti bermain pasir, snorkeling, hingga berenang karena ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi. Oh ya, kawasan ini belum banyak dikenal oleh orang luar sehingga kamu disarankan membawa makanan dan minuman dari luar agar tidak kelaparan.

Pantai Calok [image source]

5. Krueng Simpo

Krueng Simpo [image source]
Krueng Simpo [image source]
Nyaris sama dengan Betee Iliek, tempat ini dikenal karena memiliki sungai yang sangat bersih dan juga indah. Di tempat ini, kamu bisa mandi di sungai sampai puas, atau melakukan arungĀ  jeram di aliran yang deras dan berbatu. Tempat wisata ini belum terlalu dikenal oleh banyak orang, fasilitasnya juga belum lengkap sehingga disarankan untuk membawa makanan dam minuman sendiri. Untuk ganti pakaian disarankan untuk menumpang di warga sekitar.

Krueng Simpo [image source]

6. Kulier Sate Matang

Sate Matang [image source]
Sate Matang [image source]
Mungkin kamu sudah pernah memakan sate dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, sate Matang yang ada di Biereun ini wajib dicoba karena memiliki cita rasa yang khas. Sate yang dijual memiliki bumbu kacang yang unik lengkap dengan seporsi kuah mirip gule yang sangat gurih dan siap membuatmu ketagihan.

Sate Matang [image source]

7. Nguliner Mie Pangsit Cek Bireuen

Pangsit cek Bireuen [image source]
Pangsit cek Bireuen [image source]
Bireuen juga memiliki hidangan mi pangsit yang menggoyang lidah. Mi pangsit yang kerap dinamai Pangsit Cek Bireuen ini memiliki cita rasa yang cukup khas. Mi akan diolah dengan bumbu yang khas lengkap dengan toping ayam, irisan daun bawang, sawi, dan tauge yang terlebih dahulu dimasak. Untuk rasa jangan ditanya, kamu bakalan nambah satu kali hingga puas.

Pansgit Mie [image source]
Inilah destinasi wisata di Kota Juang , Bireuen yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Kalau kamu punya cuti panjang, yuk menjelajahi daerah-daerah aceh yang memukau. Next

ramadan

Tempat Menginap di Bandung yang Kekinian dan Dijamin Kamu Bakal Balik Lagi dan Lagi

Hal-Hal Menarik di Jakarta yang Kerap Dilewatkan Padahal Tiada Duanya