in ,

5 Destinasi Wisata di Penajam Paser Kaltim, Mutiara Tersembunyi di Calon Ibukota

Menelusuri deretan tempat berlibur di ujung Kalimantan

Sejak terpilih sebagai lokasi Ibukota Republik Indonesia tahun 2024 mendatang, Kabupaten Penajam Paser mendapat banyak sorotan dari media. Tahukah kalian kalau ternyata daerah yang berlokasi di Kalimantan Timur ini menyimpan pesona wisata yang tak kalah dengan tempat lain? Daripada penasaran, yuk simak 5 destinasi wisata di Penajam Paser!

Baca juga : Eksotisnya Kampung Lolai, Negeri di Atas Awan-nya Toraja

1. Pantai Nipah Nipah

Image may contain: ocean, sky, cloud, beach, outdoor, nature and water
Pantai Nipah Nipah via Instagram/ghzlmhn._

Terletak sekitar 6-7 kilometer dari pusat Kelurahan Nipah Nipah, Kecamatan Penajam, pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat cantik, tak kalah dari wisata bahari hits lainnya di Kalimantan. Kebetulan lokasinya tak jauh dari Ekowisata Mangrove Penajam, jadi habis bermain air di pantai, kalian bisa mampir dan mengagumi keindahan hutan mangrove.

2. Ekowisata Mangrove Penajam

Image may contain: 1 person
Ekowisata Mangrove Penajam via Instagram/immaahh_02

Berlokasi di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kebupaten Penajam Paser Utara (PPU), Ekowisata Mangrove Penajam ini menyajikan deretan hutan mangrove yang cantik dan memesona. Kalian bisa memasuki kawasan dengan gratis sambil berfoto sepuasnya di aneka spot hits yang sudah disediakan, contohnya di jembatan. Tak hanya itu, kalian juga bisa melihat aneka satwa yang hidup di sini seperti ikan dan tupai.

3. Air Terjun Tembinus

Image may contain: outdoor, nature and water, Destinasi Wisata di Penajam Paser
Air Terjun Tembinus via Instagram/dhany_vanrifky

Terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), air terjun ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota. Sayangnya, destinasi wisata ini hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu. Itupun di bawah pukul 16.00. Hal ini mengingat lokasinya yang masih berada di kawasan industri.

Di sini, kalian bisa menyaksikan pemandangan air terjun yang deras dan cantik. Sangat cocok buat berfoto instagramable, loh! Namun hati-hati, batuannya sangat licin dan curam. Buat Teman Traveler yang tidak berpengalaman, jangan sekali-kali menaiki batuan di sekitar air terjun.

4. Taman Bunga Roseline

Photo shared by Pix Art on May 22, 2017 tagging @penajampeduli_., Destinasi Wisata di Penajam Paser
Taman Bunga Rozeline via Instagram/pixart_bpp

Taman bunga ini dibangun di dekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Letaknya di pusat kota membuat destinasi wisata ini strategis dan jadi favorit warga lokal, apalagi saat weekend. Jangan khawatir, untuk masuk tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Kalian bisa berfoto sepuasnya di spot instagramable taman ini, contohnya jembatan.

5. Penangkaran Rusa Penajam

Photo by Nur Nissa N on July 07, 2018, Destinasi Wisata di Penajam Paser
Penangkaran Rusa Penajam via Instagram/nissnissa17

Penangkaran rusa seluas 50 hektar ini berada di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Terdapat sekitar 200 ekor yang dirawat di sini, di mana spesiesnya kebanyakan merupakan jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis).

Untuk masuk ke sini, Teman Traveler cukup membayar tiket Rp5.000, sementara untuk anak-anak Rp2.000. Tidak hanya melihat, kalian juga bisa memberi makan rusa-rusa tersebut, loh! Tentu saja makanannya sudah disediakan pihak pengelola.

Itulah tadi sederet destinasi wisata di Penajam Paser yang bisa Teman Traveler singgahi saat menyambangi calon Ibukota ini. Tunggu apalagi, yuk temukan ‘mutiara tersembunyi’ lainnya yang tersimpan di sini! Next

ramadan

Candi Pari, Jejak Majapahit di Porong Sidoarjo

COMO Park, Temani Anjing Peliharaan Bermain Sambil Nongki