in ,

6 Destinasi Wisata di Sumba, Favorit Wisatawan

Teman Traveler pasti sudah tidak sabar untuk berwisata lagi setelah PPKM Darurat selesai, berikut rekomendasi destinasi wisata di Sumba yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Potret Gaya Keren Gista Putri, Istri Wishnutama Saat Traveling

1. Ratenggaro Village

Ilustrasi via Instagram eryradixa

Pertama ada Ratenggaro Village, desa adat yang dibalut keindahan alam. Teman Traveler akan merasa kembali ke zaman megalitikum, karena di sekitarnya ada sejumlah kuburan batu tua peninggalan zaman megalitikum. Di sana kalian bisa melihat pembuatan kain sumba, adat istiadat penduduk setempat dan keindahan Pantai Ratenggaro. Objek wisata ini berada di Desa Ratenggaro, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

2. Tanjung Mareha

Ilustrasi via Instagram icandalo

Kedua ada Tanjung Mareha, tebing besar yang mempunyai keindahan dan pemandangan yang luar biasa. Tempat ini adalah spot untuk menikmati sunrise dan sunset yang instagramable banget, kalian juga bisa melihat Pantai Maladong dan Pantai Bwanna dari sini. Objek wisata ini berada di Panenggo Ede, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

3. Pantai Mandorak

Ilustrasi via Instagram explore.sumba

Ketiga ada Pantai Mandorak, surga tersembunyi Sumba. Pantai pasir putih yang bersih, dengan air laut yang berwarna toska. Pantai ini terdapat tebing – tebing yang berbentuk seperti sebuah gerbang ke laut, bisa dijadikan latar belakang foto yang instagramable. Di sini juga terdapat water blow. Objek wisata ini berada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT.

4. Danau Weekuri

Ilustrasi via Instagram filippo_cesarini

Keempat ada Danau Weekuri, danau air asin yang luar biasa. Danau ini sebenarnya sebuah laguna yang terbentuk dari air laut lepas yang berada di sekitar danau. Air tersebut masuk dari celah – celah bebatuan karang sekitaran danau. Air danau ini ada yang hangat dan dingin, warna air danau juga berbeda dengan air laut karena danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat warna air di danau ini bervariatif. Danau ini berada di dekat Mandorak, di Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

5. Air Terjun Lapopu

Ilustrasi via Instagram novian_altelucav

Kelima ada Air Terjun Lapopu, surga tersembunyi di Sumba. Air terjun ini bertingkat ketinggian sekitar 90 meter, dengan airnya yang jernih dan berwarna biru toska. Air terjun ini memiliki suasana yang asri dengan dikelilingi pepohonan, membuat betah untuk berendam. Objek wisata ini berada di Manurara, Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, NTT.

6. Bukit Wairinding

Ilustrasi via Instagram jonyrahardja

Keenam ada Bukit Wairinding, tempat yang wajib didatangi kalau ke Sumba. Bukit yang menakjubkan dengan hamparan padang rumputnya yang luas, membuat mata wisatawan seperti tak ingin berkedip. Hamparan padang rumput itu akan berwarna kuning saat musim kemarau dan berwarna hijau saat musim penghujan. Waktu yang pas menikmati bukit ini saat sunrise dan sunset. Teman Traveler juga bisa foto bersama kuda, karena disana ada yang menyediakan foto bersama kuda dan kalau mau lebih keren lagi gunakan kain sumba. Objek wisata ini berada di Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Demikian ulasan tentang destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara di Sumba, yang bisa dijadikan daftar destinasi wisata Teman Traveler setelah PPKM Darurat selesai. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Air Terjun Kedung Malang, Wisata Eksotis yang Penuh Keseruan

3 Rekomendasi Cafe Hits di Mojokerto dengan View Pegunungan